7 Manfaat Minyak Kemiri bagi Kesehatan dan Kecantikan, Mampu Cegah Kanker Payudara

Oleh Novie Rachmayanti pada 06 Nov 2019, 11:30 WIB
Minyak Kemiri Bikin Kumis dan Jambang Tumbuh Lebat?

Bola.com, Jakarta - Minyak kemiri banyak dikenal sebagai bahan yang mampu menjaga kesehatan rambut. Namun sebenarnya, minyak kemiri juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya.

Minyak ini berasal dari tumbuhan kemiri yang bijinya biasa dijadikan sebagai bumbu masak. Tumbuhan kemiri ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. 

Kemiri memiliki nama Aleurites moluccanus yang hanya bisa tumbuh di negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. 

Namun perlu diperhatikan bahwa kemiri tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah karena mengandung zat beracun. Anda harus mengolahnya terlebih dahulu seperti dimasak atau dijadikan minyak.

Kemiri banyak dipakai sebagai bahan dasar dalam produk kecantikan, terutama rambut. Tetapi tumbuhan yang satu ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, seperti untuk meredakan asma, hingga penyakit pencernaan.

Minyak kemiri juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri sendi, menyembuhkan luka bakar, luka sayatan, hingga menaikkan sistem imun tubuh.

Berikut adalah sederet manfaat minyak kemiri bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (6/11/2019).

 

2 of 3

Manfaat Minyak Kemiri bagi Kesehatan

1. Mengatasi Masalah pada Kulit

Masalah kulit bisa dialami siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Masalah pada kulit cukup beragam, mulai dari luka bakar, ruam atau kemerahan, gatal-gatal, dan sebagainya.

Bahkan pada bayi terkadang akan muncul sebentuk ruam pada bayi akibat memakai popok. Anda tak perlu khawatir, karena minyak kemiri adalah salah satu bahan alami yang efektif dalam meredakan ruam atau masalah kulit lainnya.

Minyak kemiri juga memiliki kandungan yang terkenal ampuh untuk mengobati penyakit kulit ringan lainnya, seperti kulit kering, eksim, jerawat, mengurangi peradangan pada kulit, dan mencegah terjadinya infeksi.

2. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke

Minyak kemiri dapat membantu Anda menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kok bisa? Alasannya, minyak kemiri kaya vitamin E yang berperan penting dalam menurunkan risiko terjadinya stroke, dengan cara menangkal radikal bebas dan mencegah perkembangan kolesterol jahat (LDL), khususnya pada perempuan menopause.

Jadi, jika Anda mengonsumsi vitamin E secara teratur, tubuh akan lebih kebal terhadap stroke. Kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) juga menjadikan minyak kemiri sebagai penjaga kesehatan jantung secara alami.

3. Mencegah Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara bisa menyerang siapa pun  baik wanita ataupun pria. Namun, Anda bisa mencegah penyakit ini dengan menggunakan minyak kemiri.

Seperti minyak zaitun, minyak kemiri juga mengandung 25 persen senyawa asam oleik yang berkontribusi untuk mematikan sel-sel kanker di dalam tubuh. 

 

3 of 3

Manfaat Minyak Kemiri bagi Kecantikan

4. Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat minyak kemiri yang satu ini sudah tidak diragukan lagi, yaitu mengatasi rambut rontok. Masalah rambut ini kerap dialami oleh banya orang, terutama kaum wanita.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan kandungan omega, thiamin serta vitamin B1 dalam minyak kemiri. Berbagai kandungan tersebut mampu meresap dengan baik ke dalam kulit kepala, sehingga akan menutrisi akar rambut. Dengan begitu, rambut Anda akan jauh lebih ternutrisi, dan rontok akan berkurang.

5. Mengatasi Ketombe

Tak hanya rambut rontok, ketombe juga salah satu masalah pada kulit kepala. Ketombe bisa membuat seseorang merasakan gatal pada kepalanya. Terparah, bahkan ada pula ketombe yang digaruk lalu membuat kulit kepala lecet. 

Namun, tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan minyak kemiri untuk mengatasi masalah ketombe. Caranya, sediakan minyak kemiri, lalu gosokkan ke rambut secara rutin supaya ketombe benar-benar hilang dan kulit kepala menjadi bersih.

6. Menebalkan Alis dan Bulu Mata

Alis dan bulu mata yang tebal adalah dambaan bagi beberapa kaum wanita. Anda tidak perlu bersusah-payah mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan atau membeli produk kecantikan bulu mata dan alis. 

Anda bisa mewujudkannya dengan menggunakan minyak kemiri. Caranya, cukup menggunakan minyak kemiri secara rutin pada bagian alis dan bulu mata, sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Cegah Penuaan Dini

Minyak kemiri bukan hanya untuk kecantikan rambut, tetapi juga bisa digunakan untuk perawatan kulit. Minyak kemiri dipercaya mampu mencegah penuaan dini dan membuat kulit nampak awet muda.

Minyak kemiri sudah banyak dipakai di beberapa produk kecantikan lantaran memiliki kandungan penting untuk kulit. Caranya, Anda bisa mengoleskan minyak kemiri dan pijat dengan ringan supaya membuat kulit tetap terjaga elastisitasnya.

Cantik Alami: Selain Menebalkan Alis, Ini Manfaat Minyak Kemiri untuk Wajah
Ilustrasi kemiri. (boldsky.com)
Lanjutkan Membaca ↓