Bikin Kulit Glowing, Ini 7 Manfaat Oatmeal bagi Kesehatan dan Kecantikan

Oleh Novie Rachmayanti pada 06 Nov 2019, 16:00 WIB
[Bintang] Ingin Hilangkan Kusam di Wajah? Pakai Masker Alami yang Satu Ini!

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda tahu oatmeal? Ya, oatmeal biasanya dijadikan menu sarapan ringan karena hanya terdiri dari gandum. Oatmeal biasanya dipadukan dengan susu sapi murni untuk meningkatkan stamina saat beraktivitas.

Tak hanya meningkatkan stamina tubuh, oatmeal juga banyak dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Oatmeal juga bermanfaat bagi kecantikan, termasuk mencerahkan kulit dan membuatnya lebih glowing.

Oatmeal aman dikonsumsi bagi siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Di Indonesia, makanan ini mudah ditemui di minimarket terdekat dengan harga dan kemasan beragam.

Makanan ini terbuat dari gandum kering dengan sejumlah manfaat gizi. Setiap satu cangkirnya, oatmeal mengandung 150 kalori, 6 gram protein, 4 gram serat, dan 3,4 gram lemak baik. Kandungan tersebut tentu cukup untuk menambah kebutuhan energi tubuh.

Selain itu, oatmeal merupakan sumber karbohidrat dan serat baik, vitamin, mineral, serta senyawa antioksidan yang penting bagi kesehatan dan kecantikan seperti berikut ini.

 

2 of 8

1. Manfaat Oatmeal: Mencegah Diabetes

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat membantu meningkatkan respons insulin guna mengurangi gula darah. Makanan ini dapat dikonsumsi untuk membantu mengatur kadar gula darah.

Oatmeal sangat dianjurkan bagi pasien diabetes tipe 2. Anda bisa mengonsumsi oatmeal secara rutin dengan campuran susu sapi murni tanpa gula.

 

3 of 8

2. Manfaat Oatmeal: Ampuh Turunkan Berat Badan

Oatmeal sangat ampuh untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang memasukan menu ini ke dalam program diet. Oatmeal juga dapat membantu mengontrol porsi makan dan mudah membuat kenyang.

Makanan ini mengandung banyak serat sehingga mencegah rasa lapar dalam waktu cukup lama. Berdasarkan hasil penelitian dalam Nutrition Jurnal 2014, sarapan oatmeal akan membuat kenyang lebih lama.

 

4 of 8

3. Manfaat Oatmeal: Menjaga Kesehatan Jantung

Oatmeal mengandung senyawa lignan yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular, terutama serangan jantung dan stroke. Manfaat ini dikarenakan oatmeal terbuat dari gandum utuh yang mampu menurunkan risiko berbagai penyakit.

Tak hanya diabetes, Oatmeal juga dapat menjaga kesehatan jantung dan membuat tekanan darah tetap normal. Bahkan sebuah penelitian dari The Dietary Guidelines for Americans 2010 telah merekomendasikan oatmeal guna mengurangi risiko penyakit jantung.

 

5 of 8

4. Manfaat Oatmeal: Mencegah Penyakit Asma

Asma adalah salah satu penyakit yang mengganggu sistem pernapasan. Namun, asma bisa dicegah dengan mengonsumsi oatmeal secara rutin.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa 3.781 anak-anak yang mengonsumsi gandum seperti oatmeal dapat menurunkan risiko penyakit asma. Selain oatmeal, berikut adalah makanan lain yang dapat mencegah asma:

  • Gandum
  • Gandum hitam
  • Sereal gandum
  • IkanTelur

 

6 of 8

5. Manfaat Oatmeal: Mencerahkan Wajah Menjadi Glowing

Banyak orang yang menginginkan wajah cerah dan glowing, khususnya kaum wanita. Tak sedikit dari mereka bahkan rela mengeluarkan biaya untuk perawatan wajah dengan kosmetik berbahan kimia. Namun, metode tersebut cukup berbahaya karena bahan kimianya akan membuat Anda ketergantungan.

Anda sebenarnya bisa mencerahkan wajah dan membuatnya semakin glowing hanya dengan menggunakan oatmeal karena adanya kandungan hypoallergenic. Caranya, Anda bisa mencampur oatmeal dengan susu murni atau madu, dan menjadikannya sebagai masker wajah. Lakukan perawatan ini secara rutin.

 

7 of 8

6. Manfaat Oatmeal: Melembapkan Kulit

Oatmeal mampu menjaga kelembapan kulit, sehingga mengatasi masalah kulit kering. Oatmeal mengandung Betaclugan yang berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit wajah dan mampu menutrisi kulit secara optimal.

Selain itu, oatmeal mampu mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah tampak awet muda. Caranya, Anda bisa menggunakan masker oatmeal dengan campuran susu murni dan madu alami.

 

8 of 8

7. Manfaat Oatmeal: Mengatasi Kulit Berminyak dan Jerawat

Oatmeal memiliki nutrisi yang dapat mengecilkan pori-pori sehingga akan mengurangi produksi lemak berlebih. Selain itu, oatmeal juga mengandung antioksidan yang dapat mengatasi kulit berjerawat.

Caranya, Anda bisa membuat pasta oatmeal dengan campuran madu alami. Madu akan membantu oatmeal guna mengatasi jerawat dengan lebih efektif.

Lanjutkan Membaca ↓