7 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kecantikan, Jarang Diketahui

Oleh Novie Rachmayanti pada 07 Nov 2019, 15:45 WIB
Cengkeh

Bola.com, Jakarta - Cengkeh merupakan salah satu rempah-rempah serbaguna yang memiliki rasa sedikit manis dan beraroma khas. Rempah biasanya digunakan untuk bahan penyedap masakan atau minumah.

Selain itu, cengkeh banyak digunakan sebagai bahan pokok obat-obatan atau wewangian. Rempah-rempah ini banyak dijumpai di negara beriklim tropis, termasuk Indonesia. Cengkeh juga biasa digunakan sebagai campuran di rokok kretek khas Indonesia.

Rempah tersebut berukuran kecil namun mengandung banyak manfaat. Sekitar dua gram cengkeh mengandung energi sebesar 21 kalori, satu gram karbohidrat, dan serat tinggi. Cengkeh juga mengandung senyawa mangan, vitamin (C, E, dan K), kalsium, magnesium, dan vitamin E.

Dengan banyaknya kandungan dalam cengkeh, rempah tersebut juga memberikan manfaat bagi tubuh. Cengkeh juga mampu memasok energi dengan jumlah yang banyak dan merupakan serat makanan.

Lebih lengkapnya, berikut ini manfaat cengkeh yang sudah Bola.com rangkum dari beberapa sumber, Kamis (7/11/2019).

 

2 of 3

Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Cengkeh dapat membantu mengendurkan lapisan kelancaran saluran pencernaan. Dengan begitu, cengkeh mampu mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung, sembelit, mual, muntah, diare, hingga masuk angin.

Caranya, Anda bisa meminum teh cengkeh atau mengoleskan minyak cengkeh ke area perut.

2. Mencegah Peradangan

Minyak cengkeh mengandung zat aktif seperti flavanoid yang akan bekerja untuk mengurangi peradangan. Teh cengkeh juga dipercaya bisa mengobati berbagai kondisi gangguan pernapasan akibat adanya peradangan di saluran pernapasan menuju paru-paru.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Cengkeh mengandung zat eugnol yang dapat mencegah pembekuan darah. Setelah itu, zat eugnol akan membantu Anda terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Mengunyah bunga cengkeh juga dapat memperkuat lendir usus dan lambung serta mampu menambah jumlah darah putih.

4. Melawan Kanker

Tak hanya bersifat anti-radang, cengkeh juga memiliki kandungan yang berperan sebagai anti-kanker. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa cengkeh dapat membantu mencegah kanker, terutama pada kulit, paru-paru, dan usus.

 

3 of 3

Manfaat Cengkeh untuk Kecantikan

5. Mengobati Jerawat

Minyak cengkeh merupakan salah satu alternatif untuk mengobati jerawat. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak cengkeh pada daerah jerawat. Rempah ini memiliki senyawa anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga dapat mencegah masalah kulit seperti jerawat wajah ataupun jerawat punggung akibat jamur.

6. Mengatasi Rambut Rontok

Apakah Anda memiliki masalah rambut rontok? Minyak cengkeh adalah solusinya. Anda bisa menggunakannya sebagai kondisioner. Minyak cengkeh akan mencegah kebotakan rambut. Selain itu, kandungan dalam cengkeh juga mampu menghitamkan rambut dan mengatasi rambut kering dan bercabang.

7. Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi sehat dan bersih adalah dambaan bagi sebagian banyak orang. Cengkeh memiliki kandungan senyawa eugenol guna mengurangi nyeri di gusi dan gigi. Selain itu, menggosok cengkeh pada gigi juga bisa menjaga kebersihan dan keputihan gigi.

Lanjutkan Membaca ↓