20 Manfaat Jus Buah Naga Beserta Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Oleh Novie Rachmayanti pada 08 Nov 2019, 12:20 WIB
Jus Buah Naga

Bola.com, Jakarta - Berbagai jus buah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk jus buah naga. Jus buah naga mengandung banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan.

Apabila kekurangan nutrisi, tubuh akan mudah lesu, mengalami gangguan pencernaan, hingga berisiko terserang penyakit.

Jus buah naga terdiri dari dua jenis, yakni berasal dari buah naga yang berdaging putih, maupun buah naga merah. Meski berbeda jenis, jus buah naga sama-sama memiliki banyak kandungan nutrisi bagi kesehatan.

Jus buah naga mengandung kalori cukup rendah sehingga mampu mencegah obesitas. Minuman ini juga kaya nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, fosfor, kalsium, mineral, antioksidan, serat, fitonutrien, polifenol, dan zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Anda perlu mengonsumsinya secara rutin untuk mendapatkan manfaat jus buah naga lebih efektif. Minuman sehat itu terbukti mampu memperkuat sistem imunitas tubuh lantaran memiliki banyak kandungan vitamin.

Jus buah naga juga sangat baik bagi pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral pada kulit manusia. Mereka yang mengonsumsi jus buah naga secara rutin bisa memiliki kulit yang sehat dan terlihat lebih cantik serta awet muda.

Saking banyaknya kandungan nutrisi, meminum jus buah naga akan memberikan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, Anda perlu mengetahui aturan sebelum mengonsumsi jus buah naga supaya tidak memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat jus buah naga bagi kesehatan dan kecantikan, beserta efek sampingnya apabila dikonsumsi berlebihan.

 

2 of 3

20 Manfaat Jus Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan

  1. Efektif mengurangi berat badan
  2. Menyehatkan kulit, terlihat lebih cantik dan awet muda
  3. Mengobati jerawat
  4. Mendetoks racun yang berasal dari endapan sisa makanan
  5. Melancarkan buang air besar (BAB) dan menjaga kesehatan sistem pencernaan
  6. Mencegah kanker
  7. Terhindar dari diabetes
  8. Mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung serta terhindar dari penyakit stroke
  9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  10. Meringankan batuk dan asma
  11. Meningkatkan kekuatan tulang
  12. Melancarkan peredaran darah
  13. Mencegah anemia (kekurangan darah)
  14. Meredakan panas dalam seperti sakit tenggorokan dan sariawan
  15. Meingkatkan kekebalan tubuh
  16. Mencegah risiko keguguran dan kelahiran prematur bagi ibu hamil
  17. Meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan janin
  18. Membantu perawatan rambut
  19. Menyehatkan mata
  20. Meningkatkan kecerdasan otak
  21. Menurunkan kadar kolestrol tinggi
3 of 3

Efek Samping Jus Buah Naga

Anda tak boleh terlena dengan sederet manfaat jus buah naga bagi kesehatan, karena minuman ini juga bisa memberikan efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Seperti dijelaskan sebelumnya, jus buah naga mengandung banyak nutrisi dan memberikan manfaat besar bagi kesehatan dan kecantikan. Namun, minuman sehat yang satu ini juga dapat memberikan efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Jus buah naga dapat menimbulkan masalah mulas dan gangguan pencernaan lainnya seperti diare, sakit perut, sindrom iritasi usus, dan perut kembung. Efek samping ini dikarenakan jus buah naga memiliki serat yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, jus buah naga dapat mengeluarkan sisa makanan secara efektif, dan dapat membuat diare terus menerus apabila dikonsumsi berlebihan.

Selain itu, terlalu banyak meminum jus buah naga juga berpotensi menimbulkan masalah lain, seperti penyerapan nutrisi yang buruk oleh usus, gas pada usus, penyumbatan usus, sakit perut dan perut kembung. Namun tak perlu khawatir, karena Anda hanya perlu membatasi asupan jusus buah naga supaya tidak berlebihan.

Lanjutkan Membaca ↓