Sukses


5 Manfaat Jus Jeruk untuk Kesehatan, Baik bagi Ibu Hamil

Bola.com, Jakarta - Jus jeruk merupakan salah satu minuman sehat yang cukup digemari di berbagai penjuru dunia. Jus jeruk biasanya berwarna oranye atau kekuningan.

Jus jeruk memiliki rasa yang manis atau asam. Segudang manfaat jus jeruk tak diragukan lagi bagi kesehatan karena memiliki kandungan nutrisi tinggi. 

Khasiat jus jeruk beragam, mulai untuk kesehatan hingga kecantikan. Minuman ini terkenal mampu mengatasi berbagai masalah penyakit, termasuk panas dalam atau peradangan.

Jus jeruk juga terkenal mampu mendetoks racun dari tubuh lantaran memiliki senyawa antioksidan yang kuat. Minuman ini mampu membuat seseorang kembali segar dan bugar. Jus jeruk sangat baik bagi semua orang, baik anak-anak maupun orang tua.

Minuman sehat ini cukup mudah dibuat, bahkan banyak dijual di mana pun dengan harga relatif murah. Jus jeruk menjadi menu andalan bagi mereka yang ingin menyegarkan tubuh selepas mengonsumsi makanan berat.

Lantas apa saja manfaatnya? Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat jus jeruk bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dilansir dari Health Line.

 

2 dari 6 halaman

1. Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan kristal mineral yang membeku, sehingga akan menyakitkan setiap buang air kecil. Orang yang rentan terkena batu ginjal biasanya yang kerap menahan buang air kecil dan kurang minum air putih.

Namun tak perlu khawatir, karena Anda bisa mencegahnya dengan meminum jus jeruk. Satu gelas jus jeruk akan mencegah pembentukan batu ginjal, karena berkat kandungan dalam jeruk serta mineral yang akan meningkatkan volume buang air kecil dan meningkatkan pH urine.

 

3 dari 6 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Jus jeruk terkenal ampuh untuk menurunkan berat badan. Minuman ini kerap dijadikan menu diet oleh banyak orang. Jus jeruk terkanal mampu melancarkan pencernaan, sehingga lemak tidak terlalu menimbun di tubuh.

Jus jeruk mengandung serat tinggi dan zat bermolekul berat dapat mudah larut di dalam perut. Setelah itu, senyawa anioksidan jus jeruk akan meluruhkan lemah membandel dan menjadikannya sebagai cadangan energi.

 

4 dari 6 halaman

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Jus jeruk bisa menjaga kesehatan jantung seseorang apabila dikonsumsi secara rutin. Kandungan dalam jus jeruk memiliki kemampuan mengontrol tekanan darah tinggi, mengobati sakit kepala dan mual, serta mengurangi stres.

Hasil penelitian Journal of Nutrition and Metabolism, mengungkapkan mengonsumsi jus jeruk setiap hari dan diimbangi dengan olahraga, terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga kesehatan jantung.

Menurut hasil penelitian di Jepang, orang yang rajin mengonsumsi cairan jeruk akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

 

5 dari 6 halaman

4. Baik untuk Ibu Hamil

Setiap ibu hamil pastinya membutuhkan nutrisi, vitamin, dan mineral lebih demi menjaga kesehatan buah hati dalam kandungan. Apabila ibu hamil kekurangan nutrisi, maka akan berdampak negatif pada perkembangan bayinya.

Namun tak perlu khawatir, jus jeruk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil. Minuman sehat ini mengandung vitamin C cukup tinggi. Kandungan-kandungan dalam jus jeruk juga dapat membantu tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Vitamin C dalam jus jeruk juga dapat melindungi janin dari radikal bebas sehingga menghindari cacat lahir. Kandungan vitamin A yang terdapat pada jus jeruk juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.

 

6 dari 6 halaman

5. Mencegah Kanker

Jus jeruk sangat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Minuman sehat yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang berperan aktif dalam membunuh sel-sel jahat penyebab kanker.

Jus jeruk juga memiliki senyawa flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan tersebut dapat menangkal perkembangan dan pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, jus jeruk juga memiliki kandungan antioksidan dan anti-kanker guna membunuh sel kanker, khususnya kanker kulit dan paru-paru.

Video Populer

Foto Populer