Sukses


7 Manfaat Jus Tomat, Ampuh Atasi Jerawat dan Mencegah Kanker

Bola.com, Jakarta - Tomat merupakan makanan yang tergolong buah-buahan sekaligus sayuran yang menyegarkan. Selain menjadi penyedap masakan, tomat juga memiliki rasa segar apabila diolah menjadi jus.

Jus tomat memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, jus tomat sebaiknya tidak menggunakan gula atau pemanis buatan. Manfaat positif jus tomat akan lebih maksimal jika Anda menambahkan madu alami sebagai pemanis selain gula.

Sebuah studi di Jepang telah meneliti selama satu tahun terhadap orang-orang yang meminum jus tomat rutin setiap hari. Hasilnya, menunjukkan beberapa peserta yang rutin mengonsumsi jus tomat dapat menurunkan tekanan darah selama 12 bulan. 

Bahkan penelitian tersebut juga menemukan manfaat jus tomat lainnya, yakni mampu mengurangi kolesterol LDL (buruk). Penyebabnya, jus tomat kaya nutrisi seperti Vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, zat besi, fosfor, magnesium, potasium, dan lainnya.

Minuman sehat ini juga mengandung antioksidan seperti likopen dan karotenoid. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan dan kecantikan. Selain antioksidan, tomat memiliki kandungan flavonoid, dan fitosterol yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jus tomat sebaiknya dikonsumsi saat perut masih kosong pada pagi hari. Namun, jus ini juga bisa diminum 30-60 menit menjelang makan. Lantas, apa saja manfaat jus tomat?

Berikut adalah manfaat jus tomat bagi kesehatan dan kecantikan, seperti Bola.com rangkum dari Health Line dan Medical News Today, Senin (11/11/2019).

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Jus tomat mengandung senyawa bioaktif yang disebut karotenoid. Kandungan tersebut berperan sebagai antioksidan yang kuat, sehingga dapat membantu mencegah kanker.

Jus tomat bisa mencegah berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, kanker paru-paru, serta kanker kulit. Antioksidan dalam buah tomat bersifat antikarsinogenik yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh yang dapat memompa aliran darah serta berkaitan dengan denyut nadi. Kesehatan jantung tentu menjadi idaman bagi semua orang. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi jus tomat secara rutin demi menjaga kesehatan jantung.

Jus tomat mengandung kalium yang bisa menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Minuman sehat ini juga mengandung antioksidan seperti likopen.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi jus tomat akan lebih efektif untuk menjaga kesehatan jantung ketimbang meminum suplemen yang mengandung likopen buatan.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Manfaat jus tomat selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan mata. Biasanya, para dokter spesialis mata akan menganjurkan pasiennya untuk mengonsumsi jus tomat, karena minuman ini kaya vitamin A.

Kandungan dalam jus tomat dipercaya mampu membuat penglihatan agar tetap dalam kondisi baik. Jus tomat juga sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki mata minus atau rabut jauh.

4. Menurunkan Berat Badan

Jus tomat akan membantu seseorang untuk menurunkan berat badan. Tomat mengandung serat tinggi yang akan memperlancar buang air besar dan menjaga kinerja usus dalam mencerna makanan. Kandungan dalam jus tomat juga mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Selain itu, kandungan klorin dan sulfur dalam jus tomat dapat meningkatkan fungsi hati, ginjal dan medetoks racun saat beraktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, mengonsumsi rutin jus tomat mampu membuat racun-racun dalam tubuh akan terbuang.

 

3 dari 3 halaman

Manfaat Jus Tomat untuk Kecantikan

5. Mengatasi Masalah Rambut

Sebagian besar orang tentu pernah mengalami masalah pada rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut kering, serta bercabang. Namun tak perlu khawatir, karena Anda bisa mengatasinya dengan jus tomat.

Jus tomat kaya vitamin dan mineral yang dapat membasmi ketombe, menguatkan akar rambut, dan membuat rambut tetap lembut dan berkilau. Caranya, Anda bisa membuat jus tomat sebagai masker rambut selama 5-10 menit. Setelah itu, bilaslah dengan air seperti keramas. Lakukan metode ini seminggu tiga kali agar mengatasi masalah pada rambut lebih efektif.

6. Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Jus tomat kaya vitamin A dan C, serta karoten yang merupakan antioksidan. Kandungan dalam jus tomat mampu menyembuhkan masalah kulit, seperti jerawat dan komedo.

Bahkan, jus tomat juga mampu menghilangkan bekas jerawat membandel. Jus tomat juga bisa mengecilkan pori-pori, sehingga mampu mencegah produksi minyak berlebih dan mencegah jerawat.

Cara menggunakan tomat untuk kecantikan:

  • Siapkan 1-2 buah tomat
  • Blender menjadi halus tanpa tambahan air
  • Oleskan masker jus tomat pada wajah
  • Diamkan 10-20 menit
  • Bilas wajah dengan air bersih atau akan lebih baik jika membilasnya dengan air es supaya lebih segar dan pori-pori semakin tertutup
  • Lakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu

7. Memutihkan Wajah

Jus tomat dipercaya mampu menyehatkan dan memutihkan kulit secara alami, karena mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, folat, dan lyopene yang berperan sebagai antioksidan. Kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi kulit dari risiko radikal bebas dan pancaran sinar ultraviolet.

Tak heran jika banyak produk pemutih kulit yang menggunakan tomat sebagai bahan utamanya. Oleh karena itu, jus tomat sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin menghaluskan dan melembapkan kulit.

Video Populer

Foto Populer