Sukses


5 Obat Batuk Berdahak Alami, Ampuh dan Cepat

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengalami batuk berdahak? Gangguan kesehatan ini kerap menyerang dan bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Batuk berdahak akan membuat dada terasa sesak, tenggorokan gatal, bahkan bisa membuat suara menjadi serak. Saat dilanda batuk berdahak, biasanya seseorang langsung mencari obat di apotek.

Namun, sebaiknya Anda bisa mengatasi batuk berdahak dengan obat atau bahan alami yang mungkin sudah tersedia di rumah. Obat batuk berdahak dengan bahan kimia memiliki efek samping bagi kesehatan lainnya. 

Batuk berdahak disebabkan oleh udara yang Anda hirup itu kotor atau masuknya zat asing yang mengganggu pernapasan,  batuk akan terjadi. Dengan begitu, zat asing tersebut menyingkir dan keluar dari tubuh.

Zat asing yang biasanya mengganggu jalan pernapasan adalah lendir, yaitu cairan licin berserat. Lendir tersebut akan menumpuk di tenggorokan atau melapisi saluran pernapasan, sehingga menyebabkan batuk berdahak.

Apabila jumlah lendir cukup banyak, maka saluran pernapasan bisa tersumbat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengobati batuk berdahak secara alami tanpa bahan kimiawi seperti berikut.

 

2 dari 6 halaman

1. Air Putih Hangat

Air putih merupakan obat alami untuk menyehatkan tubuh, termasuk saat Anda kena batuk berdahak. 

Batuk berdahak disebabkkan adanya lendir yang melapisi saluran pernapasan sehingga menjadi lebih tebal. Nah, dengan meminum air putih hangat, Anda bisa mencegah lendir di tenggorokan menebal. Jadi, cairan hangat dapat mengencerkan lendir yang mengental sehingga lebih mudah membantu untuk mengeluarkannya dan mengeringkan sinus.

Suhu hangat pada air bekerja lebih efektif dalam mengencerkan lendir. Bahkan air putih hangat juga mampu menjaga selaput lendir tetap lembap. Alhasill, air putih dapat mencegah produksi lendir yang lebih banyak dan tentunya akan melegakan tenggorokan Anda.

Cara ini memang terbukti ampuh. Bahkan, para dokter pasti menganjurkan pasiennya untuk meminum air putih guna membantu menguras lendir dalam saluran pernapasan. Air hangat juga mampu mengatasi flu atau pilek.

 

3 dari 6 halaman

2. Jahe Merah

Jahe merah merupakan obat batuk berdahak alami yang mengandung zat anti-bakteri dan efektif untuk mengatasi batuk berdahak. Tumbuhan herbal yang dapat menghangatkan tubuh ini juga banyak dijadikan bahan dasar dalam produk obat batuk tablet maupun sirup.

Kandungan zat anti-bakteri dalam jahe merah bermanfaat untuk meredakan batuk berdahak. Saat mengalami batuk berdahak, Anda disarankan mengonsumsi sari jahe merah hangat minimal sehari sekali. Selain jahe merah, Anda juga bisa menggunakan jahe biasa.

Caranya, geprek 1-2 buah jahe, kemudian rebus hingga mendidih. Lalu, minum air rebusan jahe dalam keadaan hangat. Jahe hangat akan semakin membantu mengencerkan lendir. Lakukan metode ini secara rutin hingga batuk mereda.

 

4 dari 6 halaman

3. Air Garam

Jika batuk berdahak disertai gatal pada tenggorokan, cobalah untuk berkumur dengan air garam. Cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat dan gunakan untuk berkumur, maka rasa gatal yang menyebabkan batuk akan reda.

Cara menghilangkan batuk berdahak yang satu ini cukup sederhana, namun tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 6 tahun. Pada usia ini biasanya belum bisa berkumur dengan baik dan dikhawatirkan airnya akan ditelan.

 

5 dari 6 halaman

4. Madu dan Jeruk Nipis

Madu merupakan cara alami untuk mengatasi batuk berdahak karena bahan ini memiliki sifat antiradang yang bermanfaat untuk mengobati pilek dan batuk. Madu juga memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah infeksi bakteri penyebab batuk berdahak.

Selain dikonsumsi langsung, Anda bisa mencampurkan dua sendok teh madu ke dalam segelas air hangat. Lalu minum secara rutin, setidaknya 1-2 kali sehari. Anda juga bisa menambahkan irisan jeruk nipis supaya rasanya menjadi lebih segar.

Nutrisi dalam jeruk nipis juga terkenal ampuh untuk mengobati batuk. Madu dan jeruk nipis kerap menjadi bahan pokok dalam produk obat batuk.

 

6 dari 6 halaman

5. Buah Nanas

Buah nanas tidak hanya enak dan segar apabila dijadikan jus, penyedap masakan, atau pelengkap rujak. Namun, nanas juga bisa dijadikan obat batuk berdahak alami. 

Sayangnya masih ada yang menanggap buah ini bisa menyebabkan gatal. Padahal, Anda bisa menghilangkan rasa gatal pada buah nanas dengan melumuri permukaannya menggunakan garam tipis-tipis.

Nanas dapat mengatasi batuk berdahak karena mengandung bromelain yang kaya dengan senyawa anti-inflamasi yang juga bersifat mukolitik, yakni dapat memecah lendir dan mengeluarkannya dari tubuh. 

Untuk menjadikannya sebagai obat batuk, Anda bisa membuat jus nanas dan meminumnya secara rutin. Cara ini hanya dianjurkan untuk anak di atas 5 tahun hingga orang dewasa.

Video Populer

Foto Populer