Sukses


5 Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan dan Kecantikan, Baik untuk Mata Minus

Bola.com, Jakarta - Jus wortel merupakan minuman yang dibuat dari salah satu sayuran. Jus wortel mudah ditemui dan dijual di pasaran dengan harga relatif murah.

Meski murah, jus wortel memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Terlebih, minuman tersebut baik dikonsumsi oleh semua orang, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga orang usia lanjut (lansia). Cara mengonsumsi wortel bisa dengan berbagai cara, seperti dimakan mentah, direbus, dijadikan salad, puding, dan dibuat jus.

Jus wortel mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang penting bagi tubuh manusia. Minuman ini sudah lama dikenal mampu menjaga kesehatan mata karena kaya vitamin A.

Selain itu, jus wortel juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan kecantikan kulit. Minuman sehat ini memiliki vitamin B karoten yang diubah menjadi vitamin A. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu menangkal jerawat dan memperlambat sel-sel kulit mati untuk mengurangi tanda penuaan dan flek akibat sinar matahari dan radikal bebas.

Jus wortel juga memiliki senyawa antioksidan, mineral, serat, kalium, vitamin K, filat, mangan, posfor, magnesium, serta vitamin E yang dapat menyehatkan kulit. Lantas apa saja manfaat jus wortel?

Berikut lima manfaat jus wortel bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, seperti dirangkum dari Medical News Today, Selasa (12/11/2019).

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Jus Wortel: Mencegah Risiko Kanker

Jus wortel memiliki warna oranye dan mengandung antioksidan yang dapat melindungi seseorang dari serangan kanker. Kandungan karoten dalam jus wortel juga memiliki sifat anti-kanker. Sehingga minuman ini bisa mencegah berbagai risiko kanker, seperti kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker prostat.

Penelitian dari Harvard University membuktikan bahwa seseorang yang mengonsumsi jus wortel yang kaya beta-karoten secara rutin dapat mengurangi risiko kanker payudara. Seseorang yang mengonsumsi jus wortel dua kali sehari dapat menurunkan 17 persen risiko penyakit kanker.

Kandungan antioksidan dalam jus wortel juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari ancaman berbagai jenis kanker. Sebelum mengonsumsi jus wortel, pilihlah wortel yang matang, mulus, dan segar.

Cara membuat jus wortel terbilang cukup mudah. Anda hanya tinggal mencuci dan membersihkan kulit wortel hingga dagingnya terlihat bersih. Lalu, potong wortel kecil-kecil, dan taruh ke dalam blender. Setelah itu, tambahkan air secukupnya dan haluskan wortel hingga menjadi jus. Namun jika tidak sempat membuatnya, Anda bisa membeli jus wortel di kedai khusus penjualan jus.

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Jus Wortel: Baik untuk Mata Minus

Menurut laporan Medical News Today, seseorang yang kekurangan vitamin A dapat mengalami xerophthalmia, yakni penyakit mata progresif yang dapat merusak penglihatan normal dan mengakibatkan kebutaan, atau ketidakmampuan melihat dalam cahaya rendah atau gelap.

Seubuah penelitian dari National Institutes of Health (NIH), kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan dan kerabunan mata. Jus wortel bisa meningkatkan kesehatan mata karena mengandung vitamin A tinggi. Oleh karena itu, jus wortel mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah mata minus atau rabun jauh.

Selain itu, jus wortel memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin, yakni antioksidan alami yang mampu melindungi retina dan lensa mata.

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Jus Wortel: Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kontrol Diabetes

Manfaat jus wortel selanjutnya adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol diabetes.

American Heart Association (AHA) menyarankan seseorang untuk mengonsumsi makanan kaya serat, kalium dan vitamin A seperti jus wortel. Kandungan dalam jus wortel ini bermanfaat untuk melindungi dari tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Jus Wortel: Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Selain vitamin A, jus wortel juga kaya vitamin C yang bermanfaat mencerahkan dan mengencangkan kulit wajah. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin setiap hari guna mendapatkan kulit yang lebih lembut dan sehat. Anda bisa meminumnya sebagai jus atau membuatnya sebagai masker sebelum tidur. 

Meminum jus wortel akan menutrisi kulit dari dalam tubuh. Sementara, masker wortel tentu akan memaksimalkan kecantikan kulit dari luar dan mencegah dampak buruk dari radikal bebas.

Minuman yang satu ini juga dapat mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Anda dapat menggunakan jus wortel untuk dijadikan masker setiap hari. Jus wortel dapat mengatasi kulit berminyak dan berjerawat yang berkaitan dengan pori-pori kulit. Namun, minuman ini dapat membersihkan pori-pori hingga mendalam.

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Jus Wortel: Mencegah Penyakit Jantung

Jus wortel dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan vitamin A, hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Manfaat ini berarti jus wortel bisa mencegah risiko terhadap penyakit jantung dan kardiovaskular.

Kandungan dalam jus wortel itu bemanfaat untuk melindungi tubuh dari sel-sel kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, serta memperlambat penuaan dini. 

Video Populer

Foto Populer