Sukses


5 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan, Lebih Baik Ketimbang Roti Tawar Biasa

Bola.com, Jakarta - Banyak orang yang memulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi roti tawar biasa berwarna putih sebagai pengganti nasi. Namun, sebenarnya ada yang lebih baik ketimbang roti tawar biasa, yakni roti gandum.

Roti gandum harganya memang sedikit mahal dibandingkan roti tawar biasa. Namun, roti gandum memberikan manfaat lebih untuk kesehatan tubuh.

Roti tawar hanya terbuat dari tepung terigu. Sementara roti gandum terbuat dari gandum utuh yang memiliki kandungan serat tinggi. Roti gandum berwarna kecoklatan karena terdapat serat serealia yang baik untuk tubuh.

Selain dari bahannya, proses pembuatan roti tawar biasa juga berbeda dengan roti gandum. Roti biasa digiling dengan proses cukup lama, sehingga akan tahan lama lantaran sudah terpisah dengan minyak alaminya.

Roti tawar biasa juga ditambah dengan bahan kimia seperti benzyl peroxide, potassium bromide, dan diperkaya vitamin serta mineral melalui proses artifisial. Bahkan, beberapa produk roti tawar juga diberi pewarna kimia supaya warnanya tetap putih cerah.

Sementara roti gandum proses pembuatannya tidak terlalu lama dan tanpa ditambah dengan bahan kimia berbahaya. Kelebihan itulah yang membuat roti gandum lebih baik ketimbang roti tawar putih biasa.

Berdasarkan hasil penelitian dalam jurnal Cell Metabolism membuktikan kandungan zat gizi seperti mineral dan vitamin dalam roti gandum lebih banyak ketimbang roti tawar biasa. Namun, Anda perlu menyeimbangkan roti gandum dengan nutrisi lainnya, misalnya susu dan jus buah

Lantas, apa saja manfaat roti gandum? Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat roti gandum bagi kesehatan, seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019).

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Roti Gandum: Menurunkan Berat Badan

Manfaat roti gandum yang pertama dalah dapat membantu program menurunkan berat badan menjadi lebih efektif. Anda bisa mengonsumsi roti gandum saat sarapan dengan dibarengi minum jus buah supaya hasilnya lebih maksimal. Roti gandum juga akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Menurut hasil studi dalam Jorunal of Clinical Nutrition, perempuan yang memakan roti gandum memiliki risiko 49 persen lebih rendah mengalami kenaikan berat badan. Angka itu lebih rendah ketimbang roti tawar biasa.

Roti gandum juga lebih rendah kalori, sehingga dapat membantu Anda untuk menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu, Anda juga akan terhindari obesitas.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Roti Gandum: Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Roti gandum dapat menjaga kesehatan jantung, dan mencegah penyakit serangan jantung atau kardiovaskular. Roti gandum juga dapat mencegah penyakit stroke.

Sebuah penelitian membuktikan rajin mengonsumsi roti gandum bisa membuat seseorang terhindar dari penyakit jantung koroner. Makanan ini memiliki kemampuan menghapus akumulasi kolesterol pada arteri.

Roti gandum mengandung asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan tubuh, sehingga akan lebih sehat guna mencegah penimbunan kolesterol jahat (LDL) penyebab penyakit stroke.

 

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Roti Gandum: Membantu Pengobatan Diabetes

Bagi pasien diabetes biasanya dianjurkan oleh dokter untuk mengonsumsi roti gandum pada pagi hari. Roti gandum terbukti mampu membantu mengobati diabates.

Selain membantu memenuhi nutrisi, roti gandum juga mampu memasok serat untuk tubuh. Roti gandum juga rendah gula, sehingga tidak akan menaikkan kadar gula seseorang. Namun, Anda tidak boleh mengonsumsi roti gandum dengan pemanis buatan, misalnya ditambah selai manis.

Anda bisa mengonsumsi roti gandum dengan madu alami sebagai selainya. Madu alami sudah terkenal baik bagi kesehatan tubuh.

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Roti Gandum: Baik untuk Pencernaan

Setiap makanan yang mengandung serat tinggi tentu baik untuk pencernaan, tak terkecuali roti gandum. Asupan serat dari roti gandum dipercaya dapat mencegah seseorang dari sembelit atau buang air besar.

Serat dalam roti gandum juga dapat bekerja sebagai prebiotik yang menunjang bakteri baik dalam pencernaan. Bakteri baik sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan bekerja dengan baik.

 

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Roti Gandum: Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Roti gandum tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menjaga kecantikan kulit. Kulit sehat dan awet muda merupakan idaman bagi sebagian besar orang. Anda bisa mengonsumsi roti gandum untuk mendapatkan manfaatnya untuk kecantikan.

Mengapa demikian? Roti gandum memiliki vitamin B dan protein tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Makanan tersebut juga mengandung vitamin E guna mencegah penuaan dini, dapat menyamarkan garis halus atau kerutan, serta menghilangkan noda hitam di area wajah.

 

Video Populer

Foto Populer