Sukses


10 Gejala Usus Buntu, Jangan Diabaikan

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengalami sakit perut bagian bawah hingga menghambat aktivitas sehari-hari? Bisa jadi itu adalah gejala usus buntu

Penyakit usus buntu atau apendisitis adalah kondisi yang menyebabkan peradangan pada usus buntu. Tak sedikit pasien yang mengalami penyakit ini harus segera ditangani medis. Jika tidak, usus buntu akan pecah dan memperparah infeksi, serta dapat mengancam nyawa.

Anda tidak boleh mengabaikan tanda dan gejala awal usus buntu. Jika telah mengetahui gejalanya, Anda dapat mengurangi risiko komplikasi dari penyakit ini di kemudian hari.

Usus buntu terletak di perut bagian kanan bawah. Usus buntu memang tidak memiliki fungsi. Namun jika tersumbat, usus yang buntu dapat membahayakan dan bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani.

Penyakit ini biasanya disebabkan obstruksi di area dalam usus buntu yang disebut dengan lumen usus buntu. Penyebab usus buntu yang membuat area tersebut tersumbat, seperti batu usus buntu, cacing usus atau parasit, iritasi akibat penyakit kronik, adanya benda asing, faktor makanan, serta cedera abdomen.

Nyeri perut memang gejala yang sering dirasakan oleh sebagian besar pasien usus buntu. Namun gejala usus buntu tidak hanya sakit perut, justru ada gejala usus buntu lainnya yang bisa terjadi seperti berikut.

 

2 dari 4 halaman

10 Gejala Usus Buntu

Penyakit usus buntu bisa terjadi pada semua kalangan usia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit usus buntu lebih rentan dialami di usia 10-30 tahun. 

Penyakit ini disebabkan karena adanya sumbatan pada usus buntu, baik sebagian atau total. Hambatan usus buntu itu perlu segera ditangani dengan tindakan operasi. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahu gejala usus buntu seperti berikut:

  1. Nyeri perut pada bagian kanan bawah
  2. Mual, muntah, dan nafsu makan menurun
  3. Diare
  4. Sembelit
  5. Demam
  6. Sulit buang gas atau kentut
  7. Sering buang air kecil
  8. Perut membengkak
  9. Perut kembung
  10. Ketika menekan perut akan terasa sakit, tetapi saat melepasnya justru akan lebih sakit

 

3 dari 4 halaman

12 Makanan Penyebab Usus Buntu

Penyakit usus buntu juga sering terjadi karena faktor makanan. Banyak pasien usus buntu harus dilarikan ke rumah sakit akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan radang usus buntu. 

Sebut saja makanan pedas. Cita rasa pedas banyak disukai oleh sebagian besar orang. Selain melancarkan pencernaan, makanan pedas dipercaya mampu mengatasi stres. Namun jika terlalu banyak dan sering mengonsumsi makanan pedas bisa membahayakan usus dan membuatnya meradang.

Selain makanan pedas, ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan penyakit usus buntu seperti berikut ini:

  1. Makanan pedas
  2. Makanan asam
  3. Menelan permen karet
  4. Makanan rendah serat
  5. Daging berlemak tinggi seperti daging sapi merah
  6. Biji-bijian yang tertelan, misalnya biji cabai atau biji jambu merah
  7. Pisang muda
  8. Minuman mengandung kafein
  9. Produk olahan susu mengandung laktosa tinggi seperti keju dan yogurt
  10. Minuman alkohol
  11. Minuman bersoda
  12. Makanan cepat saji atau junk food
4 dari 4 halaman

Tips Mencegah Usus Buntu

Usus buntu bisa dicegah dengan cara sederhana, kuncinya adalah menjaga pola hidup yang lebih sehat. Anda perlu mengonsumsi makanan berserat dan perbanyak olahraga. Selain itu, Anda perlu mengetahui tips mencegah usus buntu seperti berikut:

1. Perbanyak konsumsi makanan berserat

Makanan berserat bisa membantu melancarkan pencernaan, sehingga menurunkan risiko masalah pencernaan, termasuk radang usus buntu. Makanan berserat bisa Anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran. Anda bisa mengolahnya menjadi sayur rebus atau tumis, dan membuan aneka jus buah.

2. Jangan menahan buang air besar (BAB)

Masih ada orang yang kerap menahan buang air besar (BAB). Padahal, menahan BAB akan membuat terjadinya penumpukan feses di usus, sehingga membuat usus membengkak. Selain itu, feses juga akan mengeras ketika Anda menahan BAB dalam jangka waktu yang cukup lama.

3. Perbanyak minum air putih

Air putih merupakan sumber terpenting dalam tubuh. Jika kekurangan minum air putih, maka akan mudah terserang penyakit, termasuk usus buntu. Setiap orang dianjurkan meminum air putih minimal 8 gelas per hari.

Video Populer

Foto Populer