Sukses


5 Manfaat Ikan Tongkol bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk ikan tongkol. Faktanya, ikan tongkol merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, vitamin, omega 3, yodium, magnesium, dan zat besi.

Ikan tongkol mudah ditemui di Indonesia dengan berbagai olahan masakan. Masyarakat Indonesia biasanya mengolah ikan tongkol menjadi sup, tongkol balado, semur ikan tongkol, dan lain sebagainya.

Ikan tongkol memiliki tekstur lembut dan tidak terlalu direpotkan dengan durinya, sehingga membuat ikan ini semakin disukai banyak orang. Ikan yang satu ini memiliki nama latin, yakni Euthynnus affinis.

Menurut laporan Sci Alert, ikan tongkol dikenal sebagai ikan pelagis besar yang berperan penting dalam perikanan dan ekosistem laut. Spesies ini memiliki proporsi tangkapan yang substansial dan menyediakan sumber protein hewani.

Ikan tongkol masih sama dengan ikan tuna dan ikan makarel, yakni famili Scombridae. Sehingga, gizinya pun tidak berbeda jauh dengan ikan tuna.

Tongkol bisa dijadikan alternatif mencukupi kebutuhan protein harian Anda. Tongkol mengandung protein hewani yang sangat penting untuk membangun sel dan jaringan baru dalam tubuh serta menggantikan sel yang sudah rusak.

Meski tinggi protein, ikan tongkol mengandung rendah kalori yang dapat mencegah Anda dari obesitas. Sehingga, ikan tongkol cocok digunakan sebagi menu diet Anda.

Anda akan membuat tubuh lebih sehat dengan mengonsumsi ikan ini. Selain memiliki segudang nutrisi, harga ikan tongkol relatif lebih murah dan terjangkau. Ikan tongkol bisa menjadi salah satu alternatif pengganti daging sapi yang harganya cenderung lebih mahal dan mengandung kalori lebih tinggi.

Lalu, apa saja manfaat ikan tongkol? Berikut adalah ragam manfaat ikan tongkol bagi kesehatan yang kerap terabaikan.

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Ikan Tongkol: Baik untuk Kesehatan Mata

Ikan tongkol atau yang juga disebut ikan Kawakawa ini terkenal ampuh dalam menjaga kesehatan indera seseorang, khususnya mata. Manfaat ini dikarenakan tongkol memiliki kandungan vitamin A yang akan menjaga kesehatan mata dari dalam.

Kandungan vitamin A dan kalsium ikan tongkol juga mampu menyehatkan serta mempertajam fokus pada mata. Sehingga mata akan jauh lebih sehat dan terbebas dari masalah rabun mata. Ikan tongkol sangat cocok bagi Anda yang menggunakan kacamata minus, karena hewan ini anak meningkatkan penglihatan Anda.

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Ikan Tongkol: Meningkatkan Fungsi Otak

Selain untuk kecantikan, kandungan omega 3 dalam ikan tongkol memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan otak. Kandungan omega 3 yang dimiliki ikan tongkol mampu memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan memicu pertumbuhan sel otak yang baru. Ikan ini juga dapat meningkatkan kecerdasan dan konsentrasi.

Tak hanya omega 3, ikan tongkol juga memiliki kandungan zat besi yang bisa memperbaiki sel-sel rusak pada otak. Sehingga ikan tongkol dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak seseorang apabila dikonsumsi secara rutin.

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Ikan Tongkol: Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan tongkol mengandung asam lemak omega 3 yang dapat mencegah penyakit jantung koroner. Ikan ini mengandung kadar asam lemak omega 3 yang sangat tinggi guna menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL( dalam pembuluh darah arteri.

Mengonsumsi ikan tongkol secara rutin dapat mencegah penumpukan plak yang menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit kronis. Kandungan kadar asam lemak omega 3 pada ikan tongkol juga bisa mencegah kenaikan tekanan darah sekaligus menurunkan risiko terkena hipertensi. 

Ikan tongkol bisa dijadikan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung Anda, karena mengandung berbagai mineral dan protein seperti kalium. Semua kandungan tersebut merupakan nutrisi penting bagi kesehatan jantung. Ikan tongkol juga mengandung asam lemak tak jenuh yang bagus untuk pemeliharaan sistem kerja jantung.

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Ikan Tongkol: Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Ikan tongkol dipercaya bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, yakni membuat kulit menjadi halus dan lebih lembap. Ikan yang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang bisa merangsang sel dan hormon guna menjaga kulit dari radiasi maupun radikal bebas.

Kandungan omega 3 pada ikan tongkol juga bermanfaat bagi kecantikan kulit. Kandungan tersebut dipercaya mampu menjaga kulit agar tidak mudah keriput. Sel-sel kulit yang rusak akan diperbaiki oleh omega 3 yang dimiliki ikan tongkol.

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Ikan Tongkol: Menguatkan Otot

Apakah Anda sering mengalami otot lemah, nyeri, dan mudah pegal? Ada baiknya Anda rutin mengonsumsi ikan tongkol. Sebab, ikan yang satu ini bisa membantu dalam menjaga sel serta jaringan otot.

Kandungan vitamin dalam ikan tongkol juga bisa mengembalikan otot yang sobek akibat bergerak aktif. Jika sering mengonsumsi ikan tongkol, maka Anda akan memiliki otot yang jauh lebih sehat dan kuat.

 

Sumber: Cozer, WebMD, SCI Alert

Video Populer

Foto Populer