Mengintip 5 Usaha Sampingan Pebulutangkis Kebanggaan Indonesia

Oleh Hesti Puji Lestari pada 17 Nov 2019, 09:15 WIB
Diperbarui 19 Nov 2019, 08:16 WIB
Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie

Bola.com, Jakarta - Jika berbicara tentang pebulutangkis kebanggaan Indonesia, nama Kevin Sanjaya Sukamuljo, Marcus Fernaldi Gideon, Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan, dan Jonatan Christie adalah nama-nama yang patut diperhitungkan.

Apalagi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang baru-baru ini jadi bahan perbincangan. Ahsan dan Hendra mencatatkan penampilan menjanjikan pada kompetisi Hong Kong Terbuka 2019.

Ganda putra berperingkat kesembilan dunia itu menjadi satu-satunya ganda putra Indonesia yang lolos ke semifinal di turnamen yang diselenggarakan di Hong Kong tersebut. Ahsan/Hendra berhasil merebut tiket empat besar setelah mengalahkan pasangan Denmark, Li Jun Hui/Liu Yu Chen.

Bukan hanya Ahsan/Hendra, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting juga lolos ke semifinal Hong Kong terbuka 2019. Namun, kesuksean pebulutangkis kebanggaan Indonesia itu bukan hanya dicatatkan di lapangan.

Sejumlah atlet bulutangkis kenamaan Tanah Air juga cerdas memanfaatkan peluang dengan merambah dunia bisnis. Seorang pebisnis dan atlet memang memiliki banyak kemiripan.

Dua profesi tersebut membutuhkan jiwa kompetitif dan kerja keras. Itu pula yang mungkin ingin dibuktikan oleh sejumlah pemain bulutangkis kebanggaan Indonesia berikut ini.

Jika Anda penasaran dengan lima pebulutangkis Indonesia berserta binis yang tengah dijalani, berikut ini Bola.com telah merangkumnya untuk Anda.

2 of 6

1. Mohammad Ahsan

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
Ekspresi ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, setelah menjuarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019, di Basel, Swiss, Minggu (25/8/2019). (PBSI)

Bukan hanya gahar di lapangan, Mohammad Ahsan juga pandai memanfaatkan peluang. Tak tanggung-tanggung, pria yang berpasangan dengan Hendra Setiawan itu memilih bisnis villa.

Dari hasil penelusuran Bola.com, villa milik Ahsan terletak di kawasan Tenjolaya, Kabupaten Bogor. Villa yang diberi nama King Villa itu dibangun di atas tanah seluas 4.500 meter persegi pada 2017.

 
 
 
View this post on Instagram

Chayra Villa 🍃❤️ Jalan Raya Abdul Fatah KM 12, Tapos 1, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat, 16370 Patokannya : sebelah persis organic farm tenjolaya, persis seberangnya villa toyo gesang,, desa ciangsana atas Contact : 082111221186 instagram : @kingvillabogor Waze/google Maps : King Resort tenjolaya The King Villa, Bogor ❤️ #explorebogor #villabamboo #villabambu #ourvilla #bambooexperience #kingvilla🌞 #kingvillabogor #villabogor #villaasribogor #villamurahbogor #villanyaman #campingfun #villafamily #villakeluargabogor #villawithaview #bogor #villa #reviewvilla #villahits #bogorrasabali #villahits #comfortvilla #liburanbogor #liburankeluarga #holiday #sewavillabogor #bamboohouse #rumahbambu #kingvillabogor

A post shared by King villa bogor for family 🏡🍃 (@kingvillabogor) on

3 of 6

2. Kevin Sanjaya

Kevin Sanjaya Sukamuljo
Ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon merayakan kemenangan di Denmark Open 2019. (PBSI)

Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon menjadi pebulutangkis berperingkat pertama dunia. Sayang, mereka harus mengakui kehebatan ganda putra asal Jepang Endo/Watanabe pada perempatfinal Hong Kong terbuka 2019, Jumat (15/11/2019).

Keterpurukan Kevin berbanding terbalik dengan bisnis yang tengah dijalaninya. Pada 12 November 2019, Kevin mengunggah informasi menarik di Instagram personalnya.

Bisnis minuman berbasis susu yang dimiliki Kevin berkembang pesat. Bisnis yang memiliki merek Vinion Milk itu bahkan sudah membuka cabang di Transmart Graha Bintaro, Pluit Village Mall & Gajah Mada Plaza.

4 of 6

3. Fajar Alfian dan Rian Ardianto

Kegembiraan Fajar / Rian Raih Juara Korea Terbuka 2019
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersenyum usai mengalahkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda pada final Korea Terbuka 2019 di Incheon (29/9/2019). Fajar /Rian menang atas Takeshi Kamura/Keigo Sonoda 21-16, 21-17. (AFP Photo/Jung Yeon-je)

Ganda putra Indonesia yang lain yakni Fajar Alfian dan Rian Ardianto juga mulai tertarik menggeluti dunia bisnis. Fajar dan Rian bekerjasama untuk membuka bisnis kedai kopi di Bandung.

Nama kedai kopi yang dimiliki pasangan Fajar dan Rian ini cukup sederhana. Mereka hanya menggabungkan nama keduanya dengan tambahan 'coffee' di belakangnya.

5 of 6

4. Jonatan Christie

Jonatan Christie - Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie lolos ke perempat final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019 di Basel, Swiss. Jonatan menyingkirkan Jan O Jorgensen dari Denmark. (foto: PBSI)

Pebulutangkis tampan, Jonatan Christie, juga pandai memanfaatkan nama besarnya. Sejak Januari 2019, atlet yang kerap dipanggil Jojo itu merintis usaha di bidang fesyen.

Merek dagang yang dipilih juga cukup mudah diingat yakni Satoe-Noesa. Usaha yang dikembangkan Jojo dengan rekannya itu aktif memasarkan produk seperti hoodie, tshirt, totebag, topi dan fesyen anak muda pada umumnya.

6 of 6

5. Greysia Polii

Indoensia Open 2019 : Greysia Polii/Apriyani Rahayu
Pasangan Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, berpelukan usai menaklukkan wakil Jepang, Ayako Sakuramoto/Yukiko Takahata pada Indonesia Open 2019 di Istora, Jakarta, Selasa (16/7). Pasangan Indonesia menang 21-15, 21-16. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Pebulutangkis putri Indonesia, Greysia Polii, juga mulai melirik dunia bisnis. Menariknya, atlet berusia 32 tahun itu melirik usaha real estate.

Greysia membangun perumahan di kampung halamannya alias di wilayah Tomohon, Sulawesi Utara. Perumahan yang diberi nama Grazia Residences itu sudah launching pada 24 Juni 2019.

 
 
 
View this post on Instagram

"Our greatest glory is not in never falling, but IN RISING every time we fall." #comebackstronger #alwaysstronger #strongerthan161

A post shared by Greysia Polii (@greyspolii) on

Lanjutkan Membaca ↓
Cerita Lari 250 KM untuk Anak-Anak Aceh