5 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Oleh Novie Rachmayanti pada 18 Nov 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 18 Nov 2019, 15:16 WIB
Manfaat Daun Afrika

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mendengar atau melihat daun Afrika? Daun Afrika merupakan satu di antara tumbuhan hijau yang muda ditemukan di Indonesia.

Mungkin bagi sebagian orang masih terdengar asing, tetapi daun ini sebenarnya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Daun Afrika rasanya pahit sehingga banyak orang yang enggan mengonsumsinya.

Padahal, rasa pahit pada daun Afrika justru memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Daun dengan nama latin Vernonia amygdalina ini merupakan salah satu sumber protein, serat tidak larut air, dan lemak sehat.

Terlebih, daun Afrika memiliki kandungan mineral penting dan vitamin yang mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh Anda. Daun Afrika memiliki ciri-ciri berwarna hijau tua dan berbentuk lonjong dengan permukaan kasar.

Daun Afrika juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin, asam penolat, antioksidan, asam lemak, asam esensial, dan zat anti ainflamasi. Daun ini banyak diracik sebagai obat-obatan herbal di berbagai negara mulai dari Afrika, China, India, hingga Australia.

Berikut ini adalah manfaat daun Afrika bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (18/11/2019).

 

2 of 6

1. Cegah Penyakit Kanker

Manfaat daun Afrika untuk kesehatan yang pertama adalah mampu mencegah penyakit kanker.  Daun Afrika merupakan sumber anti-oksidan yang berperan penting untuk memerangi sel kanker berbaya. Kandungan vitamin A di daun Afrika juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

Sebuah hasil penelitian dari Experimental Biologu and Medicine menemukan daun Afrika dapat mencegah kanker payudara. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

 

3 of 6

2. Mencegah Penyakit Jantung

Meminum rebusan air daun Afrika berkhasiat menjaga kesehatan jantung, karena adanya senyawa antioksidan dan serat penting untuk kesehatan kardiovaskular.

Daun Afrika berperan efektif untuk melindungi kerusakan otot jantung, kerusakan arteri, dan kerusakan saraf akibat radikal bebas. Selain itu, serat daun Afrika juga mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL), sehingga dapat melancarkan aliran darah ke jantung.

Menurut Journal of Vascular Health and Risk Management, daun Afrika dapat mengurangi kadar LDL dalam darah hinggi 50 persen dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Oleh sebab itu, daun Afrika dapat mencegah Anda dari penyakit jantung dan stroke.

 

4 of 6

3. Mengobati Diabetes

Daun Afrika banyak digunakan sebagai obat diabetes alami. Daun hijau ini memiliki rasa pahit yang akan membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Kandungan zat aktif seperti saponin, tanin, alkaloid, polifenol, dan flavonoid dalam daun Afrika dapat menurunkan glukosa darah. Kandungan ethanol dalam daun ini juga bisa mengurangi kadar gula darah secara keseluruhan.

 

5 of 6

4. Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang umum terjadi, baik pada pria maupun wanita. Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, tetapi juga bisa timbul di bagian tubuh lainnya seperti punggung.

Untuk mengobati jerawat, Anda bisa memakai daun Afrika pada kulit. Daun itu mampu mengurangi produksi minyak berlebih dan mengecilkan pori-pori, sehingga bisa mencegah munculnya jerawat. Bahkan, daun Afrika mampu menghilangkan bekas jerawat membandel.

Caranya, Anda bisa menumbuk daun Afrika, kemudian ditempelkan pada wajah selama 10 menit. Anda juga bisa mengambil delapan lembar daun Afrika dan direbus hingga mendidih. Lalu minum air rebusan daun Afrika sekali setiap hari hingga jerawat membaik.

 

6 of 6

5. Meremajakan Kulit Wajah

Selain mengatasi masalah kulit berjerawat, Anda juga bisa memetik daun Afrika untuk kecantikan lainnya. Bagi Anda yang memiliki keluhan wajah kusam, kering dan kasar, Anda bisa menggunakan daun ini sebagai solusinya.

Daun Afrika terkenal mampu meremajakan kulit dengan menghaluskan, melembapkan, serta memutihkan kulit. Caranya, Anda hanya perlu menumbuk daunnya, kemudian dijadikan masker selama satu malam. Anda baru bisa membilasnya saat madi pagi keesokan harinya.

 

Sumber:  Experimental Biologu and Medicine

Lanjutkan Membaca ↓