6 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan dan Kecantikan, Bantu Turunkan Berat Badan

Oleh Novie Rachmayanti pada 19 Nov 2019, 10:20 WIB
Diperbarui 19 Nov 2019, 11:17 WIB
Manfaat Rumput Laut

Bola.com, Jakarta - Rumput laut merupakan satu di antara makanan laut yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Semua jenis rumput laut mulai dari Dulse, Bladderwrack, Kombu, Sea Lettuce, hingga Nori dikenal kaya protein yang baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Manfaat rumput laut sudah terkenal sejak zaman dahulu. Rumput laut telah dikonsumsi di Asia timur sebagai lauk sehari-hari, serta untuk mengobati penyakit. Sedangkan dalam kebudayaan Romawi, rumput laut dimanfaatkan untuk mengobati luka, luka bakar, dan ruam kulit.

Tumbuhan dalam laut ini merupakan bagian dari keluarga ganggang multi sel yang mencakup ganggang hijau, ganggang merah, serta ganggang cokelat. Selama berabad-abad, rumput laut menjadi primadona untuk bahan obat-obatan, industri, serta makanan. Selain rasanya yang lezat, rumput laut juga kaya nutrusi bagi kesehatan dan kecantikan.

Rumput laut tergolong rendah kalori dan serat, tetapi mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, yodium, kalium, sodium, kalsium, folat, zat besi, dan tembaga, dalam jumlah yang cukup tinggi. 

Tak hanya itu, rumput laut mengandung vitamin A, C, E, K, fosfor, dan kolin. Bahkan, rumput laut juga mengandung antioksidan cukup tinggi yang yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat rumput laut bagi kesehatan dan kecantikan,seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/11/2019).

 

2 of 7

1. Melawan Kanker

Manfaat rumput yang pertama adalah kemampuannya untuk melawan kanker. Tumbuhan laut tersebut dapat mencegah kanker karena adanya gen antikanker yang berguna dalam pengobatan kanker serta tumor. 

Berbagai jenis rumput laut mengandung glikoprotein dan polisakarida sulfat. Kandungan tersebut dapat diberikan kekebalan tubuh, antivirus, dan antikanker.

Makanan tersebut akan mengatur kadar estrogen dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko terkena kanker payudara. Senyawa glikoprotein dan polisakarida sulfat pada rumput laut juga dapat merangsang kekebalan tubuh melawan virus dan sel-sel kanker.

 

3 of 7

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Rumput laut ternyata memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung. Rumput laut mengandung omega 3 dan asam lemak. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL, serta mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Dengan rajin mengonsumsi rumput laut, Anda dapat mencegah penyumbatan arteri, memperlancar peredaran darah dan menjaga jantung tetap sehat.

Serat larut dalam rumput laut juga berperan dalam mengikat asam empedu atau garam dalam tubuh. Rumput laut memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk mendukung kesehatan jantung seiring berjalannya waktu. 

Pada umumnya, penyakit jantung bisa disebabkan pembekuan darah yang berlebihan. Namun, Anda bisa mencegah kondisi ini dengan rumput laut lantaran mengandung karbohidrat yang disebut fucans.

 

4 of 7

3. Menurunkan Berat Badan

Rumput laut dapat membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi rasa lapar. Serat dalam rumput laut juga bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Serat dalam rumput laut dapat membantu seseorang merasa mudah kenyang. Menurut penelitian di Marine Drugs, sebagian besar serat makanan dapat menunda pengosongan perut. Akibatnya, perut mungkin tidak mengirim sinyal kelaparan ke otak untuk waktu yang lebih lama, sehingga dapat membantu mencegah makan berlebihan.

 

5 of 7

4. Menguatkan Tulang dan Gigi

Rumput laut memiliki kandungan zat besi dan kalsium yang sangat diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi. Makanan ini juga memiliki efek anti radang yang dapat memperbaiki fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan di dalam mulut lebih tahan terhadap kerusakan.

 

6 of 7

5. Mengobati Diabetes

Kandungan asam alginat dalan rumput laut dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, rumput laut mampu menyerap trigliserida, yang merupakan penyebab penyakit diabetes. Dengan rutin mengonsumsi rumput laut, Anda dapat menurunkan risiko penyakit diabetes.

Makanan kaya serat seperti rumput laut bisa membantu meringankan diabetes. Kadar serat yang tinggi akan membantu mengatur kadar glukosa darah dan kadar insulin. Oleh karena itu, Anda perlu menambahkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari untuk membantu meningkatkan asupan serat tanpa peningkatan kalori yang besar.

 

7 of 7

6. Mengatasi Jerawat dan Awet Muda

Selain penting untuk kesehatan tubuh, rumput laut juga bermanfaat bagi kecantikan wajah. Rumbuhan laut ini mampu menghilangkan jerawat , karena memiliki senyawa antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan. Sifat anti peradangan ini membantu mengurangi bengkak jerawat, mengecilkan pori-pori, dan mengangkat sel kulit mati di wajah.

Rumput laut juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, sehingga membuat kulit terlihat awet muda . Khasiat ini karena rumput laut kaya akan yodium yang mampu meningkatkan fungsi tiroid. Bahkan banyak produk kecantikan yang telah menggunakan ekstrak rumput laut untuk menyamarkan garis halus atau keriput.

Lanjutkan Membaca ↓
Cerita Lari 250 KM untuk Anak-Anak Aceh