5 Obat Amandel Alami dan Aman Tanpa Operasi

Oleh Novie Rachmayanti pada 19 Nov 2019, 16:00 WIB
Diperbarui 19 Nov 2019, 17:17 WIB
Gejala Amandel

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah merasa sakit atau kesulitan menelan? Anda perlu mewaspadai mungkin itu gejala amandel. Penyakit tersebut perlu ditangani segera supaya tidak memperparah radang amandel. 

Tak sedikit pasien amandel yang harus ditangani dengan operasi. Namun sebenarnya, penyakit ini bisa ditangani secara alami tanpa melalui proses operasi.

Cara mengobati amandel secara alami kerap dicari dan dibutuhkan karena penyakit ini bisa dialami anak-anak hingga orang dewasa. Amandel cukup mengganggu karena akan menimbulkan rasa nyeri saat hendak menelan. 

Penyakit tersebut biasanya disebabkan infeksi bakteri sehingga amandel menjadi membesar akibat proses peradangan. Selain nyeri ketika menelan, gejala amandel juga akan timbul seperti demam, nyeri kepala, hingga muntah.

Anda tak perlu panik untuk menghadapi kondisi sakit amandel baik yang terjadi pada anak kecil ataupun orang dewasa. Anda bisa mengatasi sakit amandel sendiri di rumah tanpa perlu melakukan operasi. 

Penyembuhan peradangan dan pembengkakan amandel memang kerap dilakukan dengan cara operasi. Namun, kini Anda bisa mengatasinya dengan obat alami tanpa biaya mahal.

Berikut adalah obat amandel alami dan aman tanpa melakukan operasi, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/11/2019).

2 of 6

1. Kumur Air Garam

Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja! (Alexeysun/Shutterstock)
Nyeri pada Mulut? Kumur Air Garam Saja!

Cara mengobati amandel alami tanpa operasi adalah dengan kumur-kumur menggunakan air garam. Metode tersebut bisa membantu meredakan rasa nyeri di tenggorokan akibat adanya peradangan dan pembengkakan pada amandel.

Caranya, siapkan satu gelas air hangat. Kemudian larutkan satu sendok teh garam. Anda juga bisa menambahkan madu, jika rasa asinnya terlalu kuat.

Madu juga memiliki sifat antiradang. Lakukan kumur-kumur sambil mendongkak selama 30 detik. Jangan menelan airnya, kemudian buang air tersebut. Anda bisa berkumur hingga dua kali sehari atau ketika tenggorokan merasakan sakit.

 

3 of 6

2. Air Putih Hangat

mudah lapar air putih
ilustrasi minum air

Obat amandel alami tanpa operasi lainnya adalah dengan tetap menjaga tenggorokan agar tetap lembap dengan menggunakan air putih. Amandel akan terasa semakin perih saat tenggorokan kering. 

Jadi, Anda harus memperbanyak minum air putih hangat untuk menjaga hidrasi. Anda juga bisa minum air hangat agar tenggorkan menjadi lebih tenang.

 

4 of 6

3. Jahe Merah

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Pencernaan
Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Pencernaan

Jahe merah merupakan tumbuhan herbal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jahe merah dipercaya mampu mengobati radang amandel. Kandungan dalam jahe merah bersifat antiperadangan, antibakteri, dan antivirus.

Anda bisa mengonsumsi satu gelas air rebusan jahe merah yang ditambah dengan dua sendok teh madu pada pagi dan sore hari. Cara tersebut dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab radang amandel.

 

5 of 6

4. Bawang Putih

Bangkitkan Gairah Seksual dengan Bawang Putih
Selain bermanfaat untuk menghalau flu dan mencegah infeksi luka, bawang putih juga dapat meningkatkan gairah seksual. Berani coba?

Bawang putih merupakan bumbu penyedap masakan yang juga dapat digunakan untuk obat amandel. Khasiat itu dikarenakan bawang putih mengandung antibiotik dan anti-inflamasi alami yanh mengandung senyawa allicin.

Caranya, Anda perlu mengunyah satu siung bawang putih secara langsung. Jika tidak suka dengan rasa dan aromanya, Anda bisa melebihkan penggunaan bawah putih di setiap bumbu masakan.

 

6 of 6

5. Kunyit

[Bintang] Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Lain Kunyit Asam
Selain Menurunkan Berat Badan, Ini Manfaat Lain Kunyit Asam.

Kunyit memiliki sifat anti radang dan antiseptik alami yang bisa bermanfaat menyembuhkan radang amandel. Kandungan dalam kunyit dapat melawan infeksi penyebab sakit tenggorokan.

Caranya, Anda bisa mencampur bubuk kunyit dengan segelas air hangat dan ditambah sedikit lada hitam. Minumlah ramuan ini pada malam hari selama 2-3 hari. Lalu, radang amandel akan membaik secara perlahan.

Lanjutkan Membaca ↓