5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Ampuh

Oleh Novie Rachmayanti pada 21 Nov 2019, 13:00 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 15:51 WIB
Ketombe Menyerang? Ini Cara Tepat untuk Mengatasinya

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengalami gatal-gatal di kepala? Bisa jadi itu adalah ketombe. Ketombe merupakan satu di antara permasalahan rambut karena terjadinya penegelupasan kulit kepala.

Ketombe bisa disebabkan berbagai hal seperti jarang keramas, adanya infeksi jamur pada kulit kepala, alergi atau tidak cocok terhadap produk perawatan rambut tertentu, rambut berminyak, mengonsumsi minuman beralkohol, sering mengonsumsi makanan tinggi gula, pedas dan mengandung garam, serta kekurangan nutrisi.

Ketombe bisa dialami oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Masalah ini kerap merusak kepercayaan diri seseorang. Apalagi jika ketombe jatuh dan menempel pada baju yang berwarna gelap, tentu bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri dalam berpenampilan.

Kondisi itulah yang membuat seseorang melakukan segala cara untuk mengatasi masalah ketombe. Bahkan, tak sedikit yang melakukan perawatan dengan mengeluarkan biaya mahal hanya untuk membasmi ketombe.

Padahal, ketombe bisa dihilangkan dengan cara sederhana dan menggunakan bahan alami tanpa mengeluarkan biaya mahal. Cara alami juga tergolong cukup aman tanpa adanya efek samping berbahaya dibandingkan menggunakan perawatan berbahan kimiawi.

Berikut adalah cara menghilangkan ketombe secara alami dan ampuh tanpa mengeluarkan biaya mahal, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019).

 

2 of 6

1. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Lidah Buaya

cara menghilangkan ketombe
gel lidah buaya.

Cara menghilangkan ketombe dengan lidah buaya tentu tak asing lagi. Cara ini dibuktikan dengan banyakya produk perawatan rambut yang menggunakan ekstrak lidah buaya sebagai bahan utamanya, terutama untuk rambut rontok.

Gel lidah buaya bagus untuk rambut kering dan mengatasi kulit kepala yang gatal akibat ketombe atau keringat dan berminyak. Kandungan dalam tumbuhan ini juga mampu membuat rambut kuat dan sehat.

Enzim dalam gel lidah buaya juga mampu membersihkan kulit kepala dari ketombe dan mendorong regenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut. Selain ketombe, lidah buaya juga dipercaya ampuh mengatasi masalah rambut rontok.

Caranya, Anda bisa memakai berbagai produk perawatan rambut dengan bahan aloe vera atau lidah buaya, seperti sampo atau masker rambut. Namun, akan lebih baik jika Anda menggunakan gel lidah buaya alami yang diambil dari tanamannya langsung untuk menghilangkan ketombe.

 

3 of 6

2. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis

[Bintang] Ilustrasi Buah Jeruk Nipis
Ingin tahu manfaat yang bisa diberikan jeruk nipis? Nomor 2 pasti idaman cewek! (Sumber Foto: The Spruce)

Selain lidah buaya, jeruk nipis juga banyak digunakan sebagai bahan utama dalam beberapa produk perawatan rambut, khususnya untuk mengatasi masalah ketombe. Buah ini mengandung vitamin C cukup tinggi.

Jeruk nipis juga mengandung vitamin kompleks, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fosfor, magnesium, kalum, seng, dan gula.

Semua kandungan tersebut mampu mendorong pertumbuhan rambut dan membersihkan kulit kepala dari ketombe. Caranya, Anda bisa mengambil perasan jeruk nipis dan ditambah sedikit air. Kemudian, oleskan pada rambut dan didiamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, Anda bisa membilasnya dengan air bersih sambil mandi keramas.

 

4 of 6

3. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Tomat

vitamin
ilustrasi tomat.

Tomat merupakan buah-buahan sekaligus sayuran yang mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan maupun kecantikan. Tomat sangat baik untuk Anda yang mengalami masalah pada rambut seperti ketombe, rambut rontok, rambut kering, serta bercabang.

Anda bisa mengonsumsi tomat secara langsung untuk menutrisi kulit kepala dari dalam tubuh. Selain itu, Anda juga bisa membuat jus tomat untuk dijadikan masker rambut.

Jus tomat mengandung vitamin dan mineral yang dapat membasmi ketombe, menguatkan akar rambut, dan membuat rambut tetap lembut dan berkilau. Caranya, Anda bisa membuat jus tomat sebagai masker rambut, oleskan pada rambut dan diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih sambil keramas. Lakukan cara ini tiga kali dalam seminggu agar mengatasi masalah pada rambut lebih efektif.

 

5 of 6

4. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Minyak Kemiri

Ikuti 3 Resep Alami Menghitamkan Alis
Ilustrasi minyak kemiri.

Ketombe merupakan salah satu masalah pada kulit kepala. Masalah ini bisa membuat seseorang merasakan gatal pada kepalanya. Terparah, bahkan ada pula ketombe yang digaruk lalu membuat kulit kepala menjadi lecet hingga berdarah.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan minyak kemiri untuk menghilangkan ketombe secara alami. Caranya, cukup sediakan minyak kemiri, lalu gosokkan ke rambut selama lima menit. Lakukan metode ini secara rutin supaya ketombe benar-benar hilang dan kulit kepala menjadi bersih.

 

6 of 6

5. Cara Menghilangkan Ketombe dengan Daun Mint

Sejuta Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Saluran Pernapasan
Sejuta Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Saluran Pernapasan

Daun mint merupakan salah satu bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Daun mint juga banyak digunakan dalam sejumlah produk perawatan rambut antiketombe.

Daun mint mengandung beta-karoten dan vitamin A untuk menjaga kesehatan rambut dengan mengatasi masalah ketombe sekaligus menyegarkan kulit kepala. Jika sulit mencari daunnya di pasaran, Anda bisa memilih shampo dengan kandungan daun mint.

Anda juga bisa memakai minyak daun mint agar dapat menstimulasi aliran darah ke kulit kepala yang pada akhirnya merangsang pertumbuhan rambut dan menyegarkan kulit kepala. Selain mengatasi masalah ketombe, ekstrak daun mint juga bermanfaat untuk mengikat folikel rambut dengan protein yang membuat rambut lebih bercahaya dan sehat.

Lanjutkan Membaca ↓
Cerita Lari 250 KM untuk Anak-Anak Aceh