5 Manfaat Granola untuk Kesehatan, Bisa Bikin Tubuh Ideal

Oleh Novie Rachmayanti pada 21 Nov 2019, 17:20 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 18:18 WIB
Manfaat Granola untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda tahu granola? Ya, granola biasanya dijadikan menu sarapan ringan seperti oatmeal. Bedanya, oatmeal terbuat dari biji gandum utuh.

Sedangkan granola terbuat dari biji oat yang dikeringkan dan dipanggang sehingga menghasilkan tekstur yang crunchy ketika dikonsumsi. Granola terbuat dari biji-bijian atau kacang-kacangan.

Menurut laporan Lemonilo, oatmeal memiliki tekstur halus dan lembut, sedangkan granola memiliki tekstur lebih garing dan crunchy dan akan kriuk kriuk ketika ketika Anda menikmatinya.

Granola banyak dikonsumsi bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, makanan ini akan membuat merasa  kenyang dalam waktu cukup lama.

Granola aman dikonsumsi bagi siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Di Indonesia, makanan ini mudah ditemui di minimarket terdekat dengan harga dan kemasan beragam.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), granola megandung kalori, lemak baik, protein, karbohidrat, gula, dan serat. Kandungan tersebut tentu cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Selain itu, granola juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan seperti berikut ini.

 

2 of 6

1. Manfaat Granola: Bikin Tubuh Ideal

Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan bagi banyak orang. Anda bisa mengonsumsi granola untuk memiliki tubuh yang lebih ideal.

Granola sangat ampuh untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang memasukan menu ini ke dalam program diet. Makanan ini dapat membantu mengontrol porsi makan dan mudah membuat kenyang.

Kandungan serat dalam granola dapat mencegah rasa lapar dalam waktu cukup lama. Berdasarkan beberapa hasil penelitian, sarapan granola akan membuat kenyang lebih lama hingga jam makan siang.

 

3 of 6

2. Manfaat Granola: Mengaja Kesehatan Jantung

Granola dapat mencegah penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke. Penyebabnya, granola terbuat dari biji oat yang mampu menurunkan risiko berbagai penyakit.

Tak hanya menjaga kesehatan jantung, granola juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Biji oat mengandung serat larut yang cukup tinggi. Kandungan itulah yang akan menyerap kolesterol dan mengeluarkannya melalui tinja.

 

4 of 6

3. Manfaat Granola: Meningkatkaan Staminaa

Manfaat lain dari granola adalah meningkatkan stamina. Makanan tersebut banyak dikonsumsi para atlet karena kandungan energi dalam granola dapat mengimbangi aktivitas fisik mereka.

Selain menambah stamina, granola juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C dan E. Nutrisi tersebut berperan sebagai antioksidan.

Pada dasarnya, antioksidan dapat menangkan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mencegah berbagai penyakit hanya berkat mengonsumsi granola secara rutin.

 

5 of 6

4. Manfaat Granola: Mencegah Osteoporosis

Granola mengandung mineral seperti fosfor, magnesium, selenium, besi, dan tembaga. Semua kandungan tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk menjaga kekuatan tulang.

Kandungan fosfor dalam granola dapat menjaga keseimbangan tubuh. Sedangkan senyawa selenium, tembaga dan besi berperan penting untuk memelihara kekuatan dan perkembangan tulang. Dengan rajin mengonsumsi granola, Anda bisa mencegah osteporosis.

 

6 of 6

5. Manfaat Granola: Baik untuk Ibu Hamil

Ibu hamil tentu membutuhkan tambahan energi untuk tumbuh kembang sang buah hati. Apabila nutrisi tidak terpenuhi, maka akan berisiko terjadinya cacat lahir.

Namun, Anda tak perlu khawatir, granola bisa menjadi solusi yang baik bagi ibu hamil. Kandungan nutrisi granola dapat menjaga kesehatan ibu beserta janin yang tengah dikandungnya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam granola juga sangat penting bagi pertumbuhan janin.

Lanjutkan Membaca ↓