6 Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bikin Awet Muda

Oleh Novie Rachmayanti pada 21 Nov 2019, 19:00 WIB
Diperbarui 21 Nov 2019, 19:18 WIB
20150728-Hilangkan Komedo di Hidung dengan 6 Cara Alami Ini-Kedelai

Bola.com, Jakarta - Tentu Anda tak asing lagi dengan kacang kedelai. Kacang ini cukup populer di Indonesia. Kedelai banyak dijual di pasaran.

Kacang kedelai bisa diolah menjadi makanan maupun minuman seperti tempe, tahu, tepung, hingga susu kedelai. Jenis kacang ini merupakan sumber protein, serat, dan isoflavon.

Kacang kedelai juga mengandung nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti menjaga kekuatan tulang, menurunkan berat badan, dan mengobati berbagai jenis penyakit.

Kedelai dianggap sebagai protein lengkap karena adanya jumlah asam amino esensial. Manfaat kedelai ditemukan di negara-negara seperti China dan Jepang. Di sana masyarakatnya lebih kecil terkena penyakit jantung, osteoporosis, kanker payudara, dan kelenjar prostat.

Kacang kedelai memiliki kandungan senyawa yang disebut isoflavon yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan kecantikan. Antioksidan berfungsi untuk memperbaiki sel dan mencegah dampak radikal bebas.

Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat kacang kedelai bagi kesehatan dan kecantikan seperti dirangkum dari Style Craze, Kamis (21/11/2019).

 

2 of 3

Manfaat Kacang Kedelai untuk Kesehatan

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Turunkan Tekanan Darah

Kandungan protein dalam kacang kedelai sangat dibutuhkan manusia sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Kandungan protein dalam kedelai terbuat dari asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit kronis, termasuk jantung.

Kandungan asam amino dan isoflavone dalam kedelai juga berfungsi menurunkan kolesterol dalam darah.

2. Mencegah Kanker

Kacang kedelai berfungsi mencegah dan melawan sel kanker. Kacang ini mengandung antioksidan cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Anda bisa mengonsumsi kedelai secara rutin untuk mengurangi risiko segala jenis kanker. Anda bisa mengonsumsi sebagai bubur, susu kedelai, tahu atau tempe.

3. Mengontrol Berat Badan

Kacang kedelai mampu mengurangi risiko obesitas lantaran dapat mengontrol berat badan. Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan dengan kadar glikemik indeks rendah dan sangat baik untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Mengingat kacang kedelai yang kaya kandungan protein dan serat, sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Di sisi lain, kacang kedelai juga dipercaya ampuh meninggikan badan. Anda bisa meminum susu kedelai secara rutin.

4. Menjaga Kesehatan Tulang, Otot, dan Sendi

Kacang kedelai memiliki kandungan mineral seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang.

Terlebih, kacang ini juga mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi ekstrak kacang kedelai secara rutin, Anda dapat memelihara kesehatan otot dan sendi.

 

3 of 3

Manfaat Kacang Kedelai untuk Kecantikan

5. Bikin Awet Muda

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kacang kedelai juga berkhasiat bagi kecantikan, termasuk mencegah penuaan diri. Awet muda adalah dambaan bagi banyak orang.

Kacang kedelai mampu mengurangi tanda penuaan seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, garis harus atau kerutan, dan lain sebagainya. Kandungan fitoestrogen dalam kedelai dipercaya mampu menghasilkan estrogen lebih banyak untuk mengurangi keriput dan garis halus.

6. Mencerahkan dan Melembapkan Kulit

Kacang kedelai dapat menutrisi kulit dari dalam. Kacang ini mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin E. Kandungan itu terkenal mampu menjaga kecantikan seperti mencerahkan dan melembapkan kulit.

Kacang kedelai berperan sebagai pelembap untuk kulit kombinasi dan juga berguna menyingkirkan kulit kering. Jika memiliki kulit berminyak, Anda bisa menggunakan kacang kedelai untuk menghilangkan kelebihan minyak dari kulit Anda.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Cerita Lari 250 KM untuk Anak-Anak Aceh