7 Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan, Bisa Cegah Obesitas

Oleh Novie Rachmayanti pada 22 Nov 2019, 10:20 WIB
Diperbarui 22 Nov 2019, 11:18 WIB
20150716-Lelah Selama Perjalanan Mudik? Konsumsi 5 Makanan Ini 3

Bola.com, Jakarta - Almond merupakan satu di antara jenis kacang-kacangan yang populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Negara yang paling banyak menghasilkan kacang almond adalah California.

Kacang ini biasanya dikonsumsi secara langsung atau dijadikan bahan pelengkap di berbagai olahan makanan seperti es krim, olahan coklat, kue, dan susu. Almond juga banyak dijadikan sebagai toping aneka makanan kekinian.

Harga almond memang cenderung lebih mahal ketimbang jenis kacang-kacangan lainnya di pasaran. Namun, harga kacang yang berasal dari Timur Tengah ini sebanding dengan banyaknya kandungan gizi yang baik untuk tubuh manusia, salah satunya bisa menurunkan kolesterol.  

Di balik rasanya yang sangat lezat, almond memiliki manfaat untuk membantu menangkal berbagai penyakit berat.

Kacang almond kaya akan nutrisi seperti serat pangan, lemak tak jenuh, serta beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E. Almond juga mengandung mineral yang bermanfaat bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, zat besi serta zinc.

Saking banyaknya kandungan dalam almond, sehingga manfaat dalam kacang yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat kacang almond bagi kesehatan, Jumat (22/11/2019).

 

2 of 8

1. Membantu Mengobati Diabetes

Kacang almond disarankan untuk pasien diabetes lantaran mengandung lemak, protein, dan serat cukup tinggi. Kacang yang satu ini memiliki kandungan magnesium yang berfungsi untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. 

Seperti dilansir Health Line, setiap dua ons almond mengandung hampir setengah dari jumlah magnesium yang dibutuhkan tubuh. Kacang ini juga dapat membantu mencegah sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

 

3 of 8

2. Mencegah Obesitas dan Menurunkan Berat Badan

Obesitas adalah kondisi di mana seseorang mengalami berat badan berlebih. Berbagai cara dilakukan orang untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas, termasuk mengonsumsi obat-obatan.

Namun, Anda bisa mendapatkan berat badan ideal hanya dengan mengonsumsi kacang almond secara rutin. Kacang yang satu ini kerap dijadikan menu andalan bagi mereka yang sedang menerapkan diet sehat.

 

4 of 8

3. Menurunkan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol sangat berkaitan dengan panyakit jantung. Jika kadar kolesterol jahat (LDL) tidak terkontrol, maka akan berisiko memunculkan penyakit jantung hingga stroke.

Beberapa ahli gizi melakukan penelitian dengan menggunakan almond sebagai camilan dalam pola makan tertentu. Hasilnya, almond mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung koroner.

Sebuah hasil penelitian dari American Heart Association menemukan lemak baik dalam almond dapat membantu penuruan kolesterol yang sama efektifnya dengan obat-obatan. Vitamin E dalam kacang almond berperan sebagai antioksidan yang mampu melindungi sel darah terhadap kerusakan, sekaligus mencegah penyumbatan arteri akibat kolesterol. 

 

5 of 8

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Beberapa penelitian menemukan bahwa darah tinggi bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, mengontrol tekanan darah sangat penting. Tekanan darah tinggi juga merupakan salah satu penyebab utama kolesterol, serangan jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menjaga stabilitas teanan darah agar tetap normal dengan mengonsumsi kacang almond. Kandungan magnesium dalam almond dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah.

 

6 of 8

5. Mencegah Kanker

Almond banyak digunakan sebagai salah satu bahan baku alternatif dalam pembuatan produk nabati lantaran memiliki risiko yang kecil terhadap terjadinya alergi pada individu dengan kondisi khusus, termasuk pengidap kanker.

Senyawa flavonol dan flavon-3-ols dalam kacang almond baik bagi saluran pencernaan serta dapat menjadi antivirus, antialergi dan antikanker. Saat dikonsumsi, kacang ini akan berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Kandungan flavonoid dalam almond mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. 

Sebuah penelitian menemukan salah satu manfaat almond, yakni dapat mengurangi risiko kanker usus besar karena kandungan lemak baik yang terdapat di dalamnya.

 

7 of 8

6. Mengatasi Insomnia

Apakah Anda kerap mengalami insomnia atau kesulitan tidur? Anda bisa mengonsumsi kacang almond sebagai solusinya. 

Kacang almond mengandung magnesium yang bisa menimbulkan rasa kantuk sehingga berpengaruh terhadap kualitas tidur yang lebih baik. Anda bisa mengonsumsinya saat malam sebelum tidur.

 

8 of 8

7. Penting untuk Kesuburan Pria

Selain untuk kesehatan dan kecantikan, kacang almond dipercaya dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan dan kesuburan pria, termasuk memperbaiki dan meningkatkan fungsi seksual serta sistem preproduksi pada pria.

Kacang yang satu ini dapat mendukung kesehatan fungsi seksual pria. Beberapa penelitian menemukan almond mengandung arginine, senyawa yang dapat meningkatkan libido atau gairah seksual pria.

Selain itu, kandungan vitamin E, kalsium, zinc, mangan, dan kalium dalam kacang almon juga berperan penting dalam produksi hormon testosteron

 

Sumber: Health Line, Medical News Today

Lanjutkan Membaca ↓
Cerita Lari 250 KM untuk Anak-Anak Aceh