5 Manfaat Chia Seed bagi Kesehatan, Ampuh Turunkan Berat Badan

Oleh Novie Rachmayanti pada 22 Nov 2019, 17:20 WIB
Diperbarui 22 Nov 2019, 18:18 WIB
Membuat Tubuh Langsing dengan Chia Seed

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mendengar chia seed? Ya, biji-bijian yang satu ini memang masih terdengar cukup asing di telinga sebagian orang.

Chia seed atau biji chia merupakan biji hitam kecil dari tumbuhan Salvia hispanica. Biji chia banyak dikonsumsi bagi mereka yang menerapkan pola hidup sehat. Kendati ukurannya kecil, chia seed kaya nutrisi penting bagi kesehatan tubuh.

Menurut laporan Medical News Today, biji chia merupakan sumber omega-3, antioksidan, serat, zat besi, dan kalsium. Semua kandungan tersebut tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam biji chia dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga dapat mencegah serangan jantung dan stroke. Chia seed juga dapat dijadikan sumber kalsium harian, fosfor, mangan, kalium, serta tembaga yang baik bagi kesehatan.

Chia seed bisa dikonsumsi oleh semua orang, baik anak-anak maupun orang tua. Biji chia bisa dikonsumsi mentah, tetapi harus direndam terlebih dahulu sebelum dimakan.

Biji chia bisa ditemui di supermarket maupun toko khusus yang menjual bahan makanan sehat. Chia seed tersedia bermacam-macam, ada yang masih berupa biji-bijian utuh atau telah diolah menjadi sereal, maupun makanan ringan.

Chia seed rasanya hampir mirip seperti kacang pada umumnya, dan kerap dijadikan toping makanan karena teksturnya gurih. Biji ini juga bisa ditaburkan pada sereal, salad buah, nasi, smoothies, yoghurt, kue, hingga puding.

Meski bermanfaat bagi kesehatan tubuh, chia seed tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Menurut laporan the US Dietary Gidelines, biji chia tidak boleh dikonsumsi melebihi 48 gram per hari. Lalu, apa saja manfaatnya?

Berikut adalah manfaat chia seed atau biji chia bagi kesehatan yang jarang diketahui, seperti Bola.com rangkum dari Health Line dan Medical News Today, Jumat (22/11/2019).

 

2 of 6

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat dalam chia seed terbilang cukup tinggi untuk melancarkan pencernaan, sehingga dapat membuat berat badan cepat turun.

Biji chia akan membantu mengeluarkan sisa makanan supaya tidak terlalu lama tertimbun di dalam tubuh. Sebab, sisa makanan dapat membuat lemak menumpuk dan menambah berat badan.

Sebuah studi di Brasil menemukan biji chia dapat membantu mengurangi lemak. Protein dalam chia seed juga dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama dan tidak mudah lapar. Tak heran jika biji yang satu ini kerap dijadikan menu andalan bagi mereka yang menerapkan program diet untuk menurunkan berat badan.

 

3 of 6

2. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Kolesterol sangat berkaitan dengan kesehatan jantung. Jika kadar kolesterol jahat (LDL) terlampau tinggi, maka seseorang akan berisiko terkena penyakit jantung hingga stroke.

Kandungan asam lemak omega-3 dalam chia seed berfungsi meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi produksi trigliserida, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi riskio detak jantung tidak teratur. Sebab, kandungan omega-3 ini bisa menurunkan kolesterol jahat.

 

4 of 6

3. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Biji chia memiliki kandungan seperti kalsium, magnesium, kalium, dan fosfor yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang. Kandungan tersebut mampu meningkatkan kekuatan otot dan sendi. Jika mengonsumsi chia seed secara rutin, Anda dapat memelihara kesehatan otot dan sendi.

Sebuah penelitian menemukan mengonsumsi makanan kaya kalsium seperti chia seed dapat meningkatkan kesehatan tulang. Konsumsi rutin chia seed juga dipercaya sebagai salah satu cara efektif untuk memperbaiki asupan kalsium untuk tulang dan gigi.

Selain itu, chia seed juga mengandung senyawa mangan untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi. Biji chia juga kaya fosfor, yaitu mineral yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan tulang.

 

5 of 6

4. Mencegah Kanker

Chia seed bermanfaat untuk mencegah dan melawan sel kanker. Biji-bijian ini merupakan sumber antioksidan cukup tinggi, sehingga mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Anda bisa mengonsumsi biji chia seed secara rutin untuk mengurangi risiko segala jenis kanker. Anda bisa mengonsumsinya bersama salad buah, karena buah juga mengandung antioksidan tinggi untuk mencegah berbagai penyakit.

 

6 of 6

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan, biji chia juga berkhasiat bagi kecantikan, termasuk mencegah penuaan dini. Awet muda merupakan dambaan bagi banyak orang.

Chia seed mampu mengurangi gejala penuaan seperti perubahan warna kulit, keriput, bintik hitam, garis harus atau kerutan, dan lain sebagainya.

Selain itu, kandungan asam lemak omega-3 pada chia seed terbukti mampu meningkatkan sirkulasi serta mengurangi kekeringan dan peradangan pada kulit. Menurut sebuah penelitian di Manchester, omega-3 dalam biji chia dapat membantu melindungi kulit dari paparan radiasi atau sinar UV.

Lanjutkan Membaca ↓