6 Manfaat Jeruk Purut untuk Kesehatan dan Kecantikan, Penting untuk Ibu Hamil

Oleh Novie Rachmayanti pada 22 Nov 2019, 19:20 WIB
Diperbarui 22 Nov 2019, 20:18 WIB
Manfaat jeruk purut

Bola.com, Jakarta - Jeruk purut merupakan salah satu jenis buah-buahan yang digemari penjuru dunia, termasuk Indonesia. Selain dijadikan minuman, jeruk purut biasanya dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, termasuk untuk mengatasi amis pada ikan.

Buah ini memiliki khasiat yang hampir sama dengan jeruk nipis. Bedanya, jeruk purut memiliki kulit yang lebih tebal dan ada yang bertekstur dan mengerut. Buah ini biasanya disebut juga dengan nama jeruk limau.

Menurut laporan Healthy Line, jeruk yang memiliki nama latin Citrus hystrix ini mengandung nutrisi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Manfaat jeruk purut bagi kesehatan tak perlu diragukan lagi, karena mengandung nutrisi dan vitamin cukup tinggi.

Khasiat spesies jeruk purut juga beragam, untuk kesehatan hingga kecantikan. Salah satu manfaat jeruk purut adalah mampu mengatasi sembelit lantaran dapat mendorong sisa makanan dan melancarkan pencernaan.

Saking banyaknya nutrisi baik dalam jeruk purut, maka tak heran jika buah yang satu ini mampu membuat seseorang kembali segar dan bugar selepas mengonsumsinya, apalagi jika dijadikan minuman. Jeruk ini merupakan sumber vitamin C cukup tinggi yang berperan sebagai antioksidan.

Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis seperti kanker. Lantas, apa saja manfaat jeruk purut?

Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat jeruk purut bagi kesehatan dan kecantikan, seperti dirangkum dair Health Line, Jumat (22/11/2019).

 

2 of 7

1. Membantu Mengatas Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kristal mineral yang mengendap yang akan membuat seseorang merasa kesakitan ketika hendak buang air kecil. Pengidap penyakit ini adalah mereka yang memiliki kebiasaan menahan buang air kecil dan kurang minum air putih.

Namun tak perlu khawatir, karena Anda bisa mencegahnya dengan perasan air jeruk purut. Buah ini memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

Satu gelas jus jeruk purut mampu mencegah pembentukan batu ginjal, berkat senyawa asam sitrat yang akan meningkatkan volume buang air kecil dan meningkatkan pH urine. Sehingga akan membantu memudahkan buang air kecil, namun Anda tidak boleh menahannya lagi.

 

3 of 7

2. Mencegah Kanker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jeruk purut merupakan sumber vitamin C sebagai antioksidan. Kandungan itulah yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kandungan antioksidan dalam jeruk purut bersifat sebagai anti-kanker yang berperan aktif dalam membunuh sel-sel jahat dalam tubuh. Jeruk ini juga mengandung senyawa flavonoid yang berperan sebagai antioksidan untuk menangkal dan membasmi perkembangan serta pertumbuhan sel kanker.

 

4 of 7

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jeruk purut dipercaya menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi secara rutin. Senyawa dalam jeruk yang satu ini memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah tinggi, mengobati sakit kepala atau migrain, serta mengurangi stres dan depresi.

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Nutrition and Metabolism, mengonsumsi jeruk nipis setiap hari dan diimbangi dengan olahraga, terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, sebuah studi di Jepang juga menemukan orang yang rajin mengonsumsi perasan jeruk purut ini akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

 

5 of 7

4. Menurunkan Berat Badan

Jeruk purut mampu menurunkan berat badan dan mengatasi masalah perut buncit. Jeruk ini cocok dijadikan menu diet. Cairan jeruk purut akan melancarkan pencernaan, sehingga lemak tidak terlalu menimbun di dalam tubuh, terutama pada bagian perut.

Jeruk purut mengandung serat pektin atau zat bermolekul yang mudah larut. Selain itu, senyawa antioksidan dalam jeruk purut akan meluruhkan lemak membandel dan menjadikannya sebagai cadangan energi. Jeruk ini juga dapat mendetoks racun dari dalam tubuh.

 

6 of 7

5. Meningkatkan Kecantikan kulit

Jeruk purut dapat dijadikan sebagai perawatan kecantikan secara alami. Anda bisa mencampur satu sendok perasan jeruk purut dengan air mawar. Kemudian, celupkan kain ke dalam cairan tersebut dan kompreskan pada kulit. Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi kulit belang akibat terbakar sinar matahari.

Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidan dalam jeruk purut juga dapat meningkatkan kecerahan kulit wajah dan mengurangi produksi minyak berlebih. Perasan jeruk purut akan membawa bakteri keluar melalui pori-pori, sehingga kulit terbebas dari kotoran penyebab jerawat.

 

7 of 7

6. Baik untuk Ibu Hamil

Setiap ibu hamil tentu membutuhkan nutrisi, vitamin, dan mineral lebih untuk menjaga kesehatan buah hati dalam kandungan. Jika ibu hamil kekurangan nutrisi, maka akan berdampak negatif pula pada perkembangan bayinya.

Namun tak perlu khawatir, jeruk purut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil. Buah ini mengandung vitamin C cukup tinggi. Kandungan-kandungan dalam jeruk purut juga penting untuk membantu tekanan darah dan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Kandungan vitamin C dalam buah ini juga dapat melindungi janin dari radikal bebas sehingga menghindari cacat lahir. Selain itu, kandungan vitamin A pada jeruk ini juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu sistem kekebalan tubuh, penglihatan, dan sistem saraf pada bayi.

 

Sumber: Health Line

Lanjutkan Membaca ↓