Sukses


22 Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan, Beserta Efek Sampingnya

Bola.com, Jakarta - Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan buah pala. Pala biasanya digunakan sebagai rempah-rempah untuk menambah cita rasa masakan, terutama olahan daging.

Buah pala berasal dari kepulauan Banda, Maluku dan kini sudah menyebar di seluruh Indonesia. Bahkan buah ini juga digemari dan diekspor ke benua Eropa sebagai bahan obat-obatan, kosmetik, hingga makanan.

Selain masakan, pala juga kerap diolah sebagai asinan atau manisan buah. Selain itu, ada pula yang memanfaatkan buah pala sebagai minyak pijat. Di balik perannya yang serba guna, buah pala juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Menurut laporan Verywell Fit, buah pala banyak digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah diare, masuk angin, gangguan ginjal, dan mual. Manfaat ini dikarenakan adanya kandungan protein, karbohidrat, minyak atsiri, sodium, kalsium, vitamin (A, C, B1), asam oleanolat, dan lain sebagainya.

Buah pala juga memiliki sifat antibakteri, anti-jamur, dan antiradang. Sehingga pala dapat mengatasi berbagai masalah peradangan baik di dalam tubuh maupun di luar (kulit).

Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat buah pala bagi kesehatan, seperti melansir dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019).

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Buah Pala untuk Kesehatan

Saking banyaknya kandungan dalam pala, sehingga tak heran buah atau rempah yang satu ini memberikan ragam manfaat bagi kesehatan hingga kecantikan. Berikut adalah manfaat buah pala secara menyuluruh:

1. Mengatasi insomnia atau kesulitan tidur

2. Mengobati mual, kembung, dan masuk angin

3. Menambah nafsu makan

4. Melancarkan pencernaan

5. Meredakan nyeri otot dan sendi

6. Mengatasi asam lambung atau mag

7. Mengatasi suara parau

8. Meningkatkan kesehatan otak

9. Detoks Racun

10. Mencegah Leukimia

11. Menyehatkan Kulit

12. Melancarkan peredaran darah

13. Mengontrol tekanan darah

14. Menjaga kekuatan tulang

15. Meningkatkan Imunitas Tubuh

16. Mengobati diabetes

17. Mencegah Anemia

18. Baik untuk kesehatan mata

19. Menangkal radikal bebas dan cegah kanker

20. Menghilangkan bau badan

21. Menjaga kesehatan gigi dan mulut

22. Membantu mengobati hepatitis

3 dari 3 halaman

Efek Samping Buah Pala

Anda tak boleh terlena dengan segudang manfaat buah pala di atas. Kendati memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, buah sekaligus rempah ini juga dapat memicu sejumlah efek samping apabila dikonsumsi berlebihan.

Menurut laporan Natural Medicines Comprehensive Database, terlalu sering menggunakan bumbu pala bisa berisiko bagi kesehatan. Para peneliti menemukan buah ini bisa memicu efek tokskik karena mengandung minyak miristisin.

Sementara menurut Healthline, hanya minyak miristisin dalam buah pala yang bisa membuat seseorang menjadi mabuk jika dikonsumsi terlalu banyak.

Natural Medicines Comprehensive Database menganjurkan agar buah pala tidak digunakan dalam waktu panjang dan tidak lebih dari 120 miligram lantaran dapat membuat seseorang berhalusinasi dan meningkatkan risiko gangguan mental lainnya.

Mengonsumsi buah pala terlalu banyak juga dapat menimbulkan gejala seperti mual, mulut kering, pusing, dan detak jantung tidak teratur. Oleh sebab itu, gunakanlah buah pala secukupnya saja. 

 

Sumber: Natural Medicines Comprehensive Database, Healthline

Video Populer

Foto Populer