Sukses


6 Obat Batuk Kering Alami, Ampuh Redakan Gatal Tenggorokan

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mengalami gatal tenggorokan dan terasa kering? Mungkin Anda sedang dilanda batuk kering.

Batuk kering merupakan salah satu jenis penyakit batuk yang dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jenis batuk ini kerap mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga harus segera diobati.

Batuk kering akan membuat tenggorokan gatal, bahkan bisa membuat suara menjadi serak. Saat batuk kering, tenggorokan akan terasa lebih gatal pada malam hari. Selain menganggu istirahat, batuk terus menerus juga bisa membuat tubuh menjadi lemah, serta tenggorokan hingga dada terasa nyeri.

Menurut seorang spesialis penyakit menular di Georgia Infectious Diseases PC, Mitchell Blass, menyatakan gravitasi menjadi satu alasan mengapa batuk akan terasa parah pada malam hari. Batuk juga akan terjadi saat berbaring.

Saat mengalami batuk kering, biasanya seseorang langsug mencari obat di apotek. Namun, sebenarnya batuk kering bisa diatasi dengan obat atau bahan alami yang mungkin sudah tersedia di rumah.

Cara ini tentu menjadi solusi aman dan murah. Obat batuk kering dengan bahan kimiawi memiliki efek samping bagi kesehatan lainnya.

Berikut adalah obat batuk kering alami tanpa efek samping dan ampuh meredakan gatal tenggorokan, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (28/11/2019).

2 dari 7 halaman

1. Air Putih Hangat

Air putih merupakan obat alami untuk menyehatkan tubuh, termasuk ketika Anda mengalami batuk kering.

Dengan meminum air putih hangat, Anda bisa mengatasi gatal pada tenggorokan. Suhu hangat pada air bekerja lebih efektif dalam membasmi bakteri dalam tenggorokan. Bahkan air hangat juga mampu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Alhasill, air putih hangat dapat mencegah tenggorokan kering dan tentunya akan melegakan tenggorokan Anda. Cara ini terbukti ampuh. Bahkan, para dokter pasti menganjurkan pasiennya untuk meminum air putih guna membantu membasmi bakteri penyebab gatal pada tenggorokan. Anda juga bisa menambah sedikit garam supaya hasilnya lebih maksimal.

 

3 dari 7 halaman

2. Bawang Merah dan Putih

Bawang merah dan bawang putih memiliki manfaat untuk meredakan batuk kering yang disertai rasa gatal pada tenggorokan. Kandungan phytochemical pada bawang merah dan antibakteri pada bawang putih mampu mengatasi batuk kering.

Anda bisa mengonsumsi kedua bahan ini secara mentah dibarengi dengan sayuran lainnya supaya tidak mual karena baunya. Anda juga bisa mengolahnya sebagai jus.

Jika tak ingin mengonsumsi langsung, Anda bisa menghaluskan bawang merah dan menempelkan pada area luar tenggorokan atau mencium aromanya untuk melegakan tenggorokan.

 

4 dari 7 halaman

3. Teh Jahe

Teh jahe merupakan obat batuk kering alami dan ampuh karena adanya kandungan zat anti-bakteri. Tumbuhan herbal tersebut dapat menghangatkan tubuh dan banyak dijadikan bahan dasar dalam produk obat batuk kering tablet maupun sirup.

Kandungan zat anti-bakteri dalam teh jahe bermanfaat untuk meredakan batuk kering dan melegakan tenggorokan. Saat tenggorokan terasa gatal dan kering, Anda disarankan untuk mengonsumsi teh jahe yang masing hangat minimal satu hari sekali.

Caranya, geprek jahe terlebih dahulu, kemudian rebus hingga mendidih. Lalu, minum air rebusan jahe dalam keadaan hangat. Teh jahe hangat akan semakin membantu melembapkan tenggorokan. Anda bisa mencampur madu sebagai pemanis alami.

 

5 dari 7 halaman

4. Madu dan Jeruk Nipis

Selain menjadi pemanis alami teh jahe, madu bisa dicampur dengan perasan jeruk nipis. Keduanya sama-sama bermanfaat untuk mengatasi batuk kering.

Madu merupakan cara alami untuk mengatasi batuk kering karena bahan ini memiliki sifat anti-radang yang bermanfaat untuk melembapkan tenggorokan. Anda bisa mencampurkan madu ke dalam satu gelas air hangat. Lakukan cara ini setidaknya 1-2 kali sehari.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan madu dengan perasan jeruk nipis. Nutrisi dalam jeruk yang asam juga terkenal ampuh untuk mengobati batuk kering. Manfaat ini sudah dibuktikan dengan banyaknya produk obat batuk kering yang menggunakan madu dan jeruk nipis sebagai bahan pokok.

 

6 dari 7 halaman

5. Jamu Kunyit

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan jamu kunyit. Minuman sehat ini banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Namun Anda bisa membuat ramuan jamu kunyit yang lebih alami tanpa campuran pemanis buatan.

Anda bisa mencampur ekstrak jamu kunyit dengan garam untuk meredakan batuk kering. Lagi pula kedua bahan ini mudah ditemukan di dapur Anda.

Kandungan antibiotik dan curcumin pada kunyit mampu mengatasi terjadinya peradangan pada saluran pernapasan dan tenggorokan.

 

7 dari 7 halaman

6. Asam Jawa dan Gula Merah

Asam jawa dan gula merah merupakan bahan dapur yang bisa dijadikan sebagai obat batuk kering alami. Kedua bahan tersebut memiliki khasiat untuk meredakan gatal pada tenggorokan.

Caranya, campurkan asam jawa dengan sedikit gula merah dan segelas air panas. Diamkan beberapa menit hingga semua bahan tercampur dan larut. Jika sudah tercampur, minumlah dalam keadaan hangat-hangat kuku. Cara tersebut berfungsi untuk membunuh bakteri pada tenggorokan berkat kandungan dalam asam jawa.

Video Populer

Foto Populer