6 Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Bahan Alami, Aman dan Ampuh

Oleh Novie Rachmayanti pada 02 Des 2019, 20:20 WIB
Diperbarui 02 Des 2019, 21:17 WIB
Cara Menghilangkan Bekas Luka di Wajah

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang tentu memiliki bekas luka di berbagai area tubuh. Beberapa mungkin bisa menghilangkan bekas luka dengan cepat dan mudah, tetapi ada juga yang sulit dihilangkan.

Bekas luka yang sulit menghilang ini karena ketika luka mengering dan terasa gatal, justru digaruk dan akhirnya menimbulkan bekas luka kembali. Beberapa orang menghilang bekas luka dengan menggunakan salep.

Banyak salep yang terjual di pasaran yang menjanjikan mampu menghilangkan bekas luka dengan cepat. Namun semua itu tidak sepenuhnya benar. Apalagi salep di pasaran mengandung berbagai bahan alami yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan lainnya.

Sebenarnya, bekas luka bisa dihilangkan dengan bahan alami misalnya menggunakan madu atau buah-buahan tertentu. Metode ini pastinya sangat aman dan merupakan solusi terbaik untuk menghilangkan bekas luka membandel.

Bekas luka memang sering mengurangi kepercayaan diri, apalagi jika terletak di bagian tubuh yang bisa terlihat orang lain, misalnya wajah, kaki, dan tangan. 

Daripada harus membeli salep yang mahal dan belum tentu aman, sebaiknya Anda mencoba beberapa cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami, seperti yang dirangkum Bola.com pada Senin (2/12/2019), dari berbagai sumber. 

2 of 7

1. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Teh Hijau

Menurut hasi penelitian dari Medical College of Georgia pada 2003 menyatakan mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan efektif, mendetoks racun dan bakteri secara alami, mengatasi inflamasi atau peradangan, bahkan menghilangkan noda luka yang membekas pada kulit.

Sebuah studi dalam Journal of Investigative Dermatology, teh hijau mengandung epigallocatechin gallate (EGCG). Kandungan itu mampu untuk mengatasi noda bekas jerawat dengan cara memodulasi objek molekuler intraseluler. Maka tak heran jika banyak produk kecantikan yang memakai teh hijau sebagai bahan utamanya.

Manfaat teh hijau atau green tea untuk kecantikan memang tak perlu diragukan lagi. Anda perlu mencoba menggunakan teh hijau sebagai cara menghilangkan bekas luka.

Berikut caranya:

  • Gunakan ampas teh hijau
  • Gosokkan pada bekas luka
  • Lakukan rutin setiap hari, maka bekas luka di kaki segera menghilang
3 of 7

2. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-virus dan anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit akibat luka. Masalah ini terkadang bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang dalam berpenampilan.

Namun gel lidah buaya terbukti dapat membantu menyembuhkan luka. Bahkan, gel aloe vera yang dimiliki lidah buaya ini juga mampu menghilangkan bekas luka tersebut.

Gel aloe vera dalam lidah buaya mengandung kalsium dan antioksidan yang dapat mempercepat pertumbuhan sel-sel keratinosit dan memperkuat jaringan kulit.

Cara menghilangkan bekas luka di kaki menggunakan lidah buaya cukup mudah:

  • Ambil gel lidah buaya yang ada di tengah
  • Oleskan secara merata pada kulit yang terdapat luka
  • Diamkan selama 15 menit
  • Bilas dengan air bersih
4 of 7

3. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Daun Sirih

Bekas luka merupakan masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktivitas dan menurunkan percaya diri dalam berpenampilan. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan daun sirih untuk menghilangkannya.

Daun sirih mengandung senyawa alkaloid, antioksidan, dan vitamin C pada yang akan membantu meredakan peradangan pada bagian kulit yang luka.

Caranya cukup mudah, Anda bisa menghancurkan 3-5 lembar daun sirih, kemudian campur dengan 2 sendok teh madu, dan letakkan di area kulit yang terbakar. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari.

5 of 7

4. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Cuka Apel

Cuka apel bisa dijadikan menjadi alternatif sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami. Cairan ini memiliki kandungan anti-biotik atau anti-bakteri dan anti-peradangan. Kandungan tersebut dipercaya bisa membasmi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Cuka apel juga memiliki kandungan asam yang terbukti efektif untuk meredakan gatal pada bekas luka. Caranya cukup mudah, campurkan satu sendok makan cuka apel dalam segelas air, kemudian oleskan pada area kulit yang terdapat luka.

6 of 7

5. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Madu

Madu murni telah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dulu, salah satunya untuk menghilangkan bekas luka. Untuk menjadikannya obat kulit, Anda sebaiknya memilih madu alami, bukan madu kemasan.

Madu alami jauh lebih berkasiat ketimbang produk madu kemasan yang telah tercampur bahan-bahan lainnya. Madu mengandung banyak nutrisi untuk mengobati bekas luka, termasuk bekas luka akibat jatuh dan luka bakar.

Anda bisa mengolesikan madu alami ke area kulit yang terdapat bekas luka. Selain itu, madu juga memiliki manfaat untuk meringankan rasa gatal sekaligus menenangkan kulit. Madu mengandung anti-oksidan seperti senyawa chrysin, pinobaksin, vitamin C, katalase, serta pinocembrin.

7 of 7

6. Cara Menghilangkan Bekas Luka dengan Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis dan lemon kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Nutrisi ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan bisa dijadikan cara menghilangkan bekas luka.

Cara menghilangkan bekas luka secara alami dengan menggunakan jeruk nipis atau lemon terbilang cukup mudah. Apalagi dua bahan tersebut banyak di jual di pasaran. Berikut langkah-langkahnya:

  • Belah buah jeruk menjadi dua bagian
  • Oleskan pada kulit secara merata
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih 
Lanjutkan Membaca ↓