10 Manfaat Telur Rebus bagi Kesehatan, Kenali Efek Sampingnya

Oleh Novie Rachmayanti pada 03 Des 2019, 08:20 WIB
Diperbarui 04 Des 2019, 19:17 WIB
[Bintang] Cobain Resep Nasi Lemak ala Malaysia yang Gak Bikin Berlemak

Bola.com, Jakarta - Semua orang tentu pernah mengonsumsi telur ayam baik telur rebus, telur dadar, hingga telur mata sapi. Namun biasanya, orang akan mengonsumsi telur rebus karena jauh lebih sehat.

Telur rebus juga banyak dikonsumsi bagi mereka yang diet nasi, karena makanan ini akan membuat kenyang lebih lama dan lebih sehat. Sayangnya, masih ada pula orang yang enggan mengonsumsi telur rebus utuh karena rasanya hambar dan amis. 

Justru di balik semua itu, telur rebus utuh tidak membuang banyak kandungannya, ketimbang telur yang digoreng dan ditambahkan aneka bumbu lainnya seperti garam, micin, dan minyak. 

Menurut Depatrment Pertanian Amerika Serikat, telur rebus merupakan sumber protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, lemak, sodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, lutein dan zeaxanthin, folat, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk tubuh. 

The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan kepada orang dewasa mengonsumsi telur rebus untuk memenuhi protein yang diperlukan tubuh. Kandungan protein dalam telur rebus sangat baik dan tidak menyebabkan penyakit jantung.

Lalu, apa saja manfaat telur rebus? Berikut adalah ragam manfaat telur rebus bagi kesehatan dan kecantikan beserta efek sampingnya yang perlu diketahui, seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/12/2019).

 

2 of 3

Manfaat Telur Rebus untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Menurut Healthline, telur rebus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan unuk meningkatkan fungsi otak dan saraf. Telur rebus juga memiliki kandungan kolin yang dapat mengatur otak, sistem saraf, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

2. Menjaga Kekuatan Otot, Tulang dan Gigi

Protein dalam telur membantu menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk otot, tulang dan gigi. Kandungan vitamin D dalam makanan ini juga bisa membuat tulang dan gigi semakin kuat karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalsium dalam darah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk melihat, sehingga harus dijaga kesehatannya. Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan rajin mengonsumsi telur rebus. Makanan ini mengandung zeaxanthin lebih banyak dibanding sayuran. Sehingga, telur rebus dapat mencegah degenerasi pada makula dan menurunkan risiko katarak.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Telur rebus mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini dapat menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga maampu mencegah risiko penyakit jantung.

Kandungan omega 3 dalam telur rebus juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang berkaitan dengan penyakit jantung.

5. Melancarkan Peredaran Darah dan Cegah Anemia

Telur rebus memiliki manfaat untuk melancarkan peredaran darah. Selain itu, makanan ini juga dapat mencegah Anda kekurangan darah atau anemia.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Telur mengandung senyawa antioksidan guna menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan pertumbuhan sel kanker. Mengonsumsi telur rebus secara rutin dapat membantu menurunkan risiko kanker.

7. Menambah Energi

Telur rebus mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Kandungan vitamin A, vitamin B-12, dan selenium dalam makanan ini juga merupakan sumber makanan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan kuat.

8. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menjaga tubuh tetap ideal dan menurunkan berat badan, telur rebus adalah solusi yang tepat. Protein dalam telur dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama. Sehingga, dapat mengurangi keinginan untuk mengemil dan menurunkan asupan kalori keseluruhan seseorang.

9. Menutrisi Kulit

Kandungan vitamin dan mineral dalam telur rebus dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah kerusakan jaringan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat juga membantu seseorang terlihat awet muda dan tetap sehat dan cantik.

10. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku

Selain untuk kecantikan kulit, telur rebus bermanfaat untuk rambut dan kuku. Telur rebus mengandung belerang cukup tinggi dan merupakan sumber vitamini D. Kandungan mineral dan antioksidan dalam makanan ini juga akan membantu menumbuhkan rambut dan kuku yang sehat.

 

3 of 3

Efek Samping Mengonsumsi Telur Rebus Berlebihan

Telur rebus merupakan makanan yang mempunyai banyak gizi yang cukup lengkap. Selain mengandung protein tinggi, makanan ini juga memiliki karbohidrat dan delapan macam asam amino sehingga berguna bagi tubuh, terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan.

Namun jika terlalu banyak mengonsumsi telur rebus, justru akan memberikan dampak lain bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini:

- Meningkatkan Kolesterol

- Risiko Diabetes

- Menimbulkan Jerawat

- Menambah Berat Badan

- Ketidakseimbangan hormon

- Menimbulkan alergi

- Rentan terserang bisul

Lanjutkan Membaca ↓