22 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan dan Kecantikan, Penting untuk Ibu Hamil

Oleh Novie Rachmayanti pada 03 Des 2019, 10:00 WIB
Diperbarui 03 Des 2019, 10:17 WIB
Clara Bernadeth

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah meminum air kelapa muda? Kelapa merupakan jenis buah-buahan yang mengandung cairan lebih banyak ketimbang buah lainnya.

Air kelapa muda mudah ditemui di berbagai negara tropis, termasuk Indonesia. Pada siang yang begitu terik, segelas es kelapa biasanya menjadi pilihan untuk menyegarkan tubuh. Namun di balik rasanya yang lezat dan segar, air kelapa muda menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Terlebih, air kelapa muda aman dikonsumisi bagi anak-anak, orang tua, serta ibu hamil dan menyusui. Manfaat air kelapa muda memang tak perlu diragukan lagi. Hal itu telah terbukti dengan banyaknya minuman sehat yang menggunakan air kelapa muda sebagai bahan utamanya.

Cairan dalam buah kelapa memiliki keseimbangan elektrolit dan plasma yang hampir sama dengan darah. Itulah sebabnya air kelapa muda bermanfaat untuk mengisi cairan tubuh, sehingga dapat menghidrasi tubuh dan melepas dahaga.

Menurut hasil studi dalam jurnal International Society of Sports Nutrition, air kelapa muda memiliki manfaat yang sama besarnya dengan minuman olahraga. Air kelapa muda sangat baik untuk kesehatan fisik para atlet.

Melansir dari Honestdocs, air kelapa muda merupakan minuman isotonik yang kaya nutrisi. Cairan buah ini mengandung elektrolit, klorida, potasium dan magnesium yang tinggi, serta kadar gula dan protein dalam jumlah cukup. 

Selain itu, air kelapa juga merupakan sumber makanan berserat, yang mengandung mangan, kalsium, riboflavin dan vitamin C. Mengonsumsi air kelapa lebih baik dan tidak memiliki efek samping, daripada minuman berkafein, seperti kopi dan teh atau minuman bersoda.

Berikut adalah segudang manfaat air kelapa muda bagi kesehatan dan kecantikan secara menyeluruh, termasuk penting bagi atlet dan ibu hamil, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (3/12/2019).

2 of 3

22 Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kelapa muda banyak di jual di pasaran, bahkan pohonnya bisa tumbuh di berbagai daerah Indonesia. Sehingga sangat sayang jika Anda melewatkan buah yang satu ini.  Kelapa muda memiliki air yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan secara menyuluruh, serperti berikut ini:

  1. Mencegah penyakit ginjal
  2. Melepas dahaga dan menghilangkan dehidrasi
  3. Meningkatkan kesuburan pria
  4. Mengatasi demam tifoid atau tipes
  5. Meningkatkan kesehatan jantung
  6. Menetralisir dan detoks racun
  7. Menangkan radikal bebas penyebab kanker
  8. Mencegah diabetes
  9. Ampuh turunkan berat badan
  10. Menjaga kesehatan sistem pencernaan, sehingga mencegah sembelit dan diare
  11. Mencegah penyakit usus
  12. Membantu mengobati campak
  13. Menambah energi
  14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  15. Mengontrol tekanan darah
  16. Mengatasi sakit kepala
  17. Membuat kulit menjadi cerah dan halus
  18. Menghilangkan jerawat pada wajah dan punggung
  19. Mencegah penuaan dini dan terlihat awet muda
  20. Mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah
  21. Melembapkan dan menyegarkan kulit
  22. Menghilangkan noda atau flek hitam
3 of 3

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Air kelapa tak hanya menyegarkan dan menyehatkan tubuh secara umum. Namun cairan yang satu ini juga sangat penting untuk dikonsumsi ibu hamil. Sebagian besar dokter kandungan atau bidan akan menganjurkan ibu hamil untuk mengonsumsi air kelapa muda.

Manfaat air kelapa muda tidak hanya tubuh sang ibu agar tidak kekurangan cairan selama masa kehamilan, melainkan juga bermanfaat bagi untuk kesehatan janin. 

Ibu hamil dianjurkan meminum air kelapa muda murni sebanyak satu hingga dua gelas setiap harinya. Namun perlu diingat, ibu hamil harus meminum air kelapa muda murni yang belum dicampur dengan pemanis buatan.

Ibu hamil juga tidak dianjurkan mengonsumsi air kelapa muda dalam kemasan karena adanya kandungan bahan pengawet dan bahan kimia lainnya yang berbahaya bagi janin. Lalu, apa saja manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil?

Berikut adalah khasiat penting air kelapa muda untuk ibu hamil dan janinnya:

- Mencegah Sembelit

Ibu hamil kerap mengalami sembelit atau siklus buang air besar yang tidak lancar. Kondisi ini dikarenakan terjadi peningkatan hormon progesteron dalam tubuh. Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa meminum satu atau dua gelas air kelapa muda per hari. Cara ini juga bermanfaat untuk menjaga kinerja usus.

- Mengatasi Mulas

Mulas juga merupakan satu di antara keluhan yang kerap dialami oleh ibu hamil. Namun ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan karena dapat membahayakan janin. Air kelapa muda adalah solusi terbaik untuk mengtasi mulas pada ibu hamil secara alami dan aman.

- Mengatasi Dehidrasi

Ibu hamil tentu sering mengalami dehidrasi karena morning sicness dan mual hingga muntah-muntah. Sehingga ibu hamil harus tetap menjaga cairan dalam tubuh dengan mengonsumsi air kelapa muda.

- Meningkatkan Kesehatan Janin

Nutrisi yang terkandung dalam air kelapa muda dapat meningkatkan kesehatan janin. Jika ibu hamil rajin mengonsumsi air kelapa muda, maka dapat melindungi janin dari racun yang diserap oleh ibunya ketika beraktivitas. Beberapa orang telah membuktikan air kelapa muda juga akan memningkatkan kecantikan dan kesehatan kulit sang buah hati ketika lahir.

- Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Air kelapa muda bersifat sebagai diuretik alami yang dapat melancarkan buang air kecil. Manfaat ini sangat penting karena dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih (ISK) pada ibu hamil. Sebab, ibu hamil berisiko terkena infeksi tersebut lantaran semakin membesarnya rahim yang berada di atas kandung kemih. 

Sumber: Honestdocs, Health Line

Lanjutkan Membaca ↓