Sukses


5 Manfaat Jeruk Sunkist bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Jeruk sunkist merupakan salah satu jenis jeruk yang cukup populer di berbagai belahan dunia. Jeruk ini juga banyak dijual di pasaran. Namun harga sunkist lebih mahal ketimbang jeruk pada umumnya.

Di balik harganya yang sedikit mahal, jeruk sunkist punya banyak kandungan air di dalamnya. Buah ini memiliki ciri khas yakni memiliki warna kulit oranye yang lebih tebal daripada jeruk biasanya. 

Ciri unik lainnya adalah kulit jeruk sunkis sangat merekat pada daging buah, sehingga untuk mengupasnya membutuhkan usaha yang lebih keras. 

Buah ini bisa dinikmati dengan cara dimakan langsung maupun dibuat jus. Jeruk ini juga berbeda dari jeruk lainnya, karena kulitnya agak keras sehingga lebih sulit untuk dibuka.

Buah jeruk sunkist memiliki kandungan serat, zat besi, vitamin C, kalori, potasyum, karbonhidrat, gula, protein, kalsium dan thiamin. Namun,  jeruk ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi ketimbang jenis lainnya. Sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan.

Saking banyaknya nutrisi baik dalam jeruk sunkist, maka tak heran jika buah ini mampu membuat tubuh kembali segar dan bugar selepas mengonsumsinya, terutama jika dijadikan jus. Jeruk sunkist ini merupakan sumber vitamin C cukup tinggi yang berperan sebagai antioksidan.

Kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas penyebab penyakit kronis seperti kanker. Lantas, apa saja manfaat jeruk sunkist?

Berikut Bola.com merangkum sederet manfaat jeruk sunkist bagi kesehatan, seperti dirangkum dair Health Line, Selasa (3/12/2019).

2 dari 6 halaman

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jeruk sunkist dipercaya menjaga kesehatan jantung jika dikonsumsi secara rutin. Senyawa dalam jeruk sunkist memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah tinggi, mengobati sakit kepala atau migrain, serta mengurangi stres dan depresi.

Menurut sebuah studi dalam Journal of Nutrition and Metabolism, mengonsumsi jeruk sunkist setiap hari dan diimbangi dengan olahraga, terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung.

Selain itu, penelitian di Jepang juga menemukan orang yang rajin mengonsumsi perasan jeruk purut ini akan terhindar dari penyakit jantung dan stroke.

 

3 dari 6 halaman

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi Anda yang memiliki aktivitas padat dan banyak menghabiskan waktu di luar, maka Anda sangat membutuhkan asupan Vitamin C yang tinggi. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Jeruk Sunkist merupakan solusi yang bisa dimanfaatkan lantaran mengandung Vitamin C yang ada di dalamnya cukup tinggi. Satu buah sunkist berukuran sedang terbukti mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian orang dewasa.

Kami sangat menyarankan Anda untuk lebih sering mengonsumsi jeruk sunkist sebagai nutrisi harian.

4 dari 6 halaman

3. Melancarkan Pencernaan

Sistem pencernaan yang kurang lancar akan mengakibatkan tubuh kesulitan untuk buang air besar (BAB) atau sembelit. Sistem pencernaan yang tidak lancar biasanya disebabkan karena tubuh yang kekurangan serat dalam asupan sehari-hari.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa melancarkan sistem pencernaan dengan mengonsumsi jeruk sunkist. Jeruk ini merupakan salah satu buah yang memiliki serat yang kaya dan membantu Anda untuk melancarkan sistem pencernaan.

Jadi jika Anda mengalami sembelit, maka mengonsumsi jeruk sunkist merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan sistem pencernaan.

5 dari 6 halaman

4. Mengatasi Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan penyakit yang disebabkan adanya kristal mineral yang mengendap yang akan membuat seseorang merasa kesakitan ketika hendak buang air kecil. Orang yang mengalaminya yang memiliki kebiasaan menahan buang air kecil dan kurang minum air putih.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mencegahnya dengan perasan air jeruk sunkist. Jeruk sunkist memiliki kandungan asam sitrat yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

Satu gelas jus sunkist purut mampu mencegah pembentukan batu ginjal, berkat senyawa asam sitrat yang akan meningkatkan volume buang air kecil dan meningkatkan pH urine. Sehingga, jeruk sunkist akan membantu memudahkan buang air kecil, tetapi Anda tidak boleh menahannya lagi.

6 dari 6 halaman

5. Mencegah Anemia

Ketika tubuh kekurangan asupan zat besi, maka hal ini akan berpengaruh terhadap proses produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh. Kondisi ini akan membuat tubuh mudah lemas hingga demam.

Namun tak perlu khawatir, Anda membutuhkan sumber makanan yang kaya manfaat zat besi di dalamnya dan jeruk sunkist merupakan pilihan yang bisa dikonsumsi. Sebab, buah yang satu ini memiliki kandungan Zat Besi sekitar 13 persen.

Sumber: Health Line, Medical News Today

Video Populer

Foto Populer