Sukses


7 Manfaat Jus Melon untuk Kesehatan dan Kecantikan, Baik untuk Mata Minus

Bola.com, Jakarta - Jus melon tentu tak asing lagi di berbagai belahan dunia. Minuman sehat tersebut banyak dijadikan menu sehat sehari-hari bahkan terdapat di berbagai rumah makan atau restoran.

Jika tak sempat membuatnya, Anda bisa membeli jus melon di kedai khusus jus dengan harga relatif murah. Anda bahkan bisa menjumpai jus melon baik yang berwarna hijau atau oranye.

Kendati jenis dan warnanya berbeda, jus melon memiliki nutrisi sama yang diperlukan oleh kesehatan tubuh. Selain rasanya lezat dan menyegarkan, minuman sehat itu juga bisa menjaga kecantikan kulit dan membuat awet muda.

Jus melon cukup populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Namun sayangnya, masih ada yang belum menyadari manfaat dari olahan buah melon tersebut.

Tak kalah dengan olahan buah lainnya, jus melon juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Minuman tersebut merupakan sumber nutrisi dan mineral cukup tinggi. Bahkan jus melon mengandung hampir 95 persen air guna mencegah dehidrasi.

Melansir dari Healthline, jus melon mengandung rendah kalori sehingga cocok dijadikan menu diet untuk menurunkan berat badan. Minuman tersebut juga memiliki kandungang karbohidrat, serat, protein, vitamin C, vitamin B6, folat, vitamin K, kalium, dan magnesium.

Semua kandungaan itulah yang sangat dibutuhkan tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Jus melon juga memiliki senyawa antioksidan cukup tinggi yang bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Lalu, apa saja manfaat jus melon?

Berikut Bola.com merangkum ragam manfaat jus melon untuk kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui, seperti dilansir dari berbagai sumber, Senin(9/12/2019).

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Melon untuk Kecantikan

1. Membuat Kulit Awet Muda

Jus melon mengandung vitamin K dan vitamin E yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mampu membuat kulit cerah bersinar. Kandungan mineral dalam jus melon juga dapat menghidrasi kulit dari dalam.

Jus melon juga merupakan sumber nutrisi seperti vitamin B, kolin dan betaine yang bermanfaat untuk membuat kulit tetap segar dan terlihat awet muda. Selain itu, vitamin C dalam satu gelas jus melon juga dapat mendorong regenarasi kulit dan pembentukan kolagen, serta jaringan ikat yang akan memberikan kesan awet muda.

2. Merawat Kulit Tetap Cantik dan Sehat

Menurut Healthline, jus melon bermanfaat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit lantaran memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Nutrisi ini juga sangat penting untuk meningkatkan produksi kolagen yang tepat dan memelihara jaringan kulit.

Vitamin C dalam jus melon berperan sangat penting sebagai antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

3. Bantu Atasi Rambut Rontok dan Kering

Sebagian besar orang tentu pernah mengalami rambut rontok dan kering, baik ringan hingga parah. Ketika rambut mulai rontok dan kering, mereka lantas mencari berbagai cara untuk mengatasinya.

Sebenarnya, rambut rontok dan kering bisa diatasi dengan jus melon. Minuman tersebut mengandung vitamin A yang berfungsi sebagai betakaroten untuk menjaga kekuatan rambut. Anda bisa membuat jus melon sebagai masker rambut, atau meminumnya untuk menutrisi rambut dari dalam.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jus Melon untuk Kesehatan

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Pada dasarnya setiap jus buah dipercaya mampu mengontrol tekanan darah supaya tetap normal dan mencegah darah tinggi atau hipertensi. Tekanan darah tinggi dapat berisiko memicu penyakit jantung dan stroke. 

Anda tak perlu khawatir, tekanan darah tinggi tetap bisa normal jika rajin mengonsumsi jus melon. Minuman ini mengandung rendah sodium dan kaya kalium. Kandungan tersebut akan membantu menjaga tekanan darah untuk tetap stabil. Jus melon juga mengandung potasium cukup tinggi untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Obesitas

Jus melon merupakan satu di antara jus buah-buahan yang bisa menjaga berat badan tetap ideal. Minuman sehat ini sangat cocok dijadikan menu diet bagi Anda yang ingin menjalani pola hidup sehat untuk menurunkan berat badan.

Manfaat ini dikarenakan jus buah melon mengandung kalori cukup rendah dan bebas lemak serta kolesterol. Jus melon juga mengandung mineral cukup tinggi untuk melepas dahaga dan mengenyangkan, sehingga Anda tidak mudah haus maupun lapar. Terlebih, jus melon juga kaya serat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengeluarkan sisa makanan supaya tidak menimbunnya terlalu lama.

6. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Jus melon mengandung nutrisi penting guna menjaga kekuatan dan kepadatan tulang dan gigi seperti folat, vitamin K, serta magnesium.

Kandungan vitamin K dalam jus melon juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Manfaat dari jus melon sama pentingnya seperti kalsium untuk mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.

7. Baik untuk Mata Minus

Mata merupakan indera penting yang berfungsi untuk melihat, sehingga kesehatannya harus tetap dijaga. Anda bisa menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi jus melon secara rutin.

Kandungan karetonoid dalam minuman sehat ini dipercaya dapat mencegah rabun senja. Terlebih, sejumlah penelitian menemukan bahwa senyawa antioksidan dalam jus melon dapat meningkatkan ketajaman penglihatan, sehingga baik bagi Anda yang memiliki mata minus atau rabun jauh.

 

Sumber: Healthline, Medical News Today, Honestdocs

Video Populer

Foto Populer