Sukses


8 Makanan Penyebab Jerawat, Ada Cokelat dan Keju

Bola.com, Jakarta - Anda tentu tak asing lagi dengan masalah kulit yang satu ini. Ya, jerawat adalah satu di antara penyakit kulit yang bisa menurunkan tingkat percaya diri seseorang dalam berpenampilan.

Jerawat biasanya akan timbul di wajah, tetapi juga bisa tumbuh di bagian tubuh lainnya seperti punggung. Masalah kulit ini bisa disebabkan karena kurang menjaga kebersihan kulit, sehingga kotoran mengendap dan menimbulkan bintik yang disebut jerawat.

Selain itu, jerawat juga bisa disebabkan faktor makanan tertentu. Sejumlah penelitian mengungkapkan ada beberapa makanan bisa memicu timbulnya jerawat bagi seseorang yang memiliki kulit sensitif atau alergi tertentu.

Misalnya cokelat, sebagian besar orang menyukai makanan yang satu ini. Namun jika dikonsumsi berlebihan, cokelat bisa memicu timbulnya jerawat. Tetapi tak semua orang mengalaminya, bahkan ada pula orang yang justru mengalami jerawat karena mengonsumsi makanan selain cokelat.

Lalu, apa saja makanan tersebut?

Berikut Bola.com merangkum dari berbagai sumber, Selasa (10/12/2019), tentang makanan penyebab timbulnya jerawat.

 

2 dari 9 halaman

1. Makanan Penyebab Jerawat: Cokelat

Cokelat merupakan makanan populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Selain mengonsumsinya yang masih utuh, cokelat juga banyak diolah menjadi berbagai menu masakan dan minuman.

Namun jika terlalu banyak mengonsumsi cokelat, maka dapat memicu timbulnya jerawat. Mengapa demikian?

Cokelat dipercaya dapat menurunkan tingkat stres. Namun di balik rasanya yang lezat, cokelat mengandung gula cukup tinggi dan dapat merangsang jerawat tumbuh di wajah.

Tak perlu khawatir, Anda tetap bisa menikmati kelezatan cokelat, tetapi dengan porsi secukupnya dan tidak terlalu berlebihan.

 

3 dari 9 halaman

2. Makanan Penyebab Jerawat: Keju

Selain cokelat, keju juga cukup populer di berbagai belahan dunia dan banyak diolah menjadi aneka makanan dan minuman.

Sayangnya, keju juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat jika dikonsumsi berlebihan. Makanan tersebut akan meningkatkan kelenjar minyak pada wajah dan memunculkan jerawat.

 

4 dari 9 halaman

3. Makanan Penyebab Jerawat: Ayam

Ayam merupakan makanan yang banyak digemari dan kerap menjadi menu sehari-hari. Namun, makanan ini bisa menimbulkan jerawat. Apalagi, jika ayam dimasak dengan cara digoreng.

Jika ingin merawat kulit wajah, Anda perlu membatasi asupan ayam alias jangan terlalu sering mengonsumsinya. Setidaknya, konsumsilah ayam tiga kali dalam satu minggu.

 

5 dari 9 halaman

4. Makanan Penyebab Jerawat: Telur

Selain ayam, telur juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena mengandung protein cukup tinggi. Bahkan makanan ini juga bisa menimbulkan berbagai masalah kulit lainnya seperti bisul dan gatal-gatal.

Sama seperti ayam, Anda juga perlu membatasi asupan mengonsumsi telur, baik rebus maupun goreng. Anda bisa mengonsumsi empat butir telur per minggu. Akan lebih baik jika Anda memisahkan kuning telurnya untuk mencegah timbulnya jerawat.

 

6 dari 9 halaman

5. Makanan Penyebab Jerawat: Kentang Goreng

Kentang goreng kini menjadi makanan populer dan banyak dijumpai di berbagai menu restoran. Di balik rasanya yang lezat, kentang goreng ternyata bisa menimbulkan jerawat.

Kentang goreng mengandung karbohidrat yang bisa memicu timbulnya jerawat. Selain itu, makanan ini juga mengandung minyak goreng yang bisa membuat kulit memproduksi minyak berlebih, sehingga akan membuka pori-pori dan menyebabkan timbulnya jerawat.

 

7 dari 9 halaman

6. Makanan Penyebab Jerawat: Makanan Berminyak

Makanan berminyak memang tidak baik bagi kesehatan tubuh karena bisa memicu berbagai masalah seperti kolesterol, darah tinggi, stroke, obesitas, serangan jantung, hingga jerawat.

Anda sebaiknya menghindari berbagai menu masakan yang menggunakan minyak goreng seperti aneka gorengan, tumis, mie ayam, bakso, dan lain sebagainya. Anda bisa mengolah masakan dengan cara direbus atau dikukus, serta dipanggang. Anda bisa mengganti camilan berminyak dengan mengonsumsi buah.

 

8 dari 9 halaman

7. Makanan Penyebab Jerawat: Gula dan Susu Kental Manis

Makanan manis yang mengandung gula juga bisa memicu timbulnya jerawat. Kandungan glukosa pada gula bisa memicu insulin dan timbulnya jerawat.

Selain itu, Anda juga bisa mengurangi konsumsi susu kental manis karena mengandung gula cukup tinggi. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan madu sebagai pemanis pengganti gula.

 

9 dari 9 halaman

8. Makanan Penyebab Jerawat: Kacang

Kacang dipercaya bisa memicu menimbulkan jerawat. Kacang-kacangan dapat merangsang minyak berlebih sehingga dapat timbul jerawat.

Kacang yang dimaksud adalah kacang tanah, baik diolah dengan cara dikukus, digoreng, maupun dipanggang.

Sumber: Medical News Today, Health Line

Video Populer

Foto Populer