Sukses


5 Manfaat Teripang untuk Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Teripang merupakan salah satu hewan laut yang berjalan lamban. Hewan ini memiliki nama latin holothuroedea yang juga biasa dijuluki sebagai timun laut karena memiliki bentuk tubuh menyerupai mentipun.

Teripang bisa ditemukan di laut yang airnya jernih dan dangkal. Hewan ini mudah dijumpai di laut Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Hewan ini tak memiliki tulang belakang seperti kerang, siput, dan cacing. Meski masuk ke dalam jenis hewan, teripang tidak punya mata, hidung, dan telinga. Satu-satunya kemampuan inderawi hewan ini adalah meraba.

Melansir dari BBC, menurut data dari badan pangan dan pertanian PBB (FAO), pada 2000 Indonesia merupakan penghasil teripang terbesar di dunia (2.500 ton) dengan tujuan utama China, Singapura, dan Chinese Taipei.

Kemudian, berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, sepanjang 2012 hingga 2015 menunjukkan tren ekspor teripang meningkat dari 900 hingga 1.200 ton di Indonesia. Adapun China tetap menjadi pelanggan utama.

Tak kalah dengan hewan laut lainnya, teripang juga bisa dimakan dan memiliki kandungan nutrisi penting dan bermanfaat bagi kesehatan seperti berikut ini.

 

2 dari 6 halaman

1. Manfaat Teripang: Ampuh Melawan Kanker

Teripang mengandung zat sitotoksin, yakni zat yang terbukti dapat melawan sel kanker. Anda bisa mengonsumsi hewan laut ini untuk membunuh sel jahat penyebab kanker.

Menurut laoran NCBI, sebuah penelitian menemukan zat sitotoksik pada teripang memiliki efek perlawanan pada lima jenis sel kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan sel kanker kulit.

Hewan ini juga mengandung Ds-echinoside untuk mengurangi penyebaran dan pertumbuhan sel kanker hati manusia.

 

3 dari 6 halaman

2. Manfaat Teripang: Mengatasi Sakit Gigi

Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Oral Science, pasta gigi yang mengandung ekstrak teripang bermanfaat bagi orang yang mengalami sakit gigi, termasuk nyeri pada bagian gusi.

Studi tersebut meneliti 28 orang dewasa yang memiliki kondisi gingivitis kronis atau tahap awal. Para relawan itu dianjurkan untuk menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung ekstrak timun laut dan sisanya menggunakan pasta gigi plasebo dua kali sehari selama tiga bulan.

Hasilnya membuktikan peserta yang menggunakan pasta gigi teripang terbukti gangguan pada gusinya membaik, jarang berdarah dan plak gigi berkurang.

 

4 dari 6 halaman

3. Manfaat Teripang: Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung merupakan organ penting yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga kesehatan jantung harus dijaga.

Tak perlu khawatir, Anda bisa meningkatkan kinerja jantung dengan rajin mengonsumsi terpiang. Selain itu, hewan yang satu ini juga mampu memelihara kesehatan hati atau liver.

Menurut laporan NCBI, teripang juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari hipertensi, serangan jantung, hingga stroke. 

5 dari 6 halaman

4. Manfaat Teripang: Cegah Penuaan Dini

Konsumsi teripang bisa mengatasi kulit tipis, kulit kering dan membantu menghilangkan garis-garis halus atau kerutan pada kulit orang dewasa. Hewan ini mengandung zat peptida dan kolagen yang bermanfaat untuk melembutkan jaringan kulit sehingga dapat mencegah penuaan dini dan terihat awet muda.

Manfaat ini diungkapkan oleh Maurice Elphick, profesor fisiologi dan ilmu saraf dari Queen Mary University of London. Maurice Elphick mengungkapkan teripang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

 

6 dari 6 halaman

5. Manfaat Teripang: Bersifat Anti-Bakteri dan Anti-Jamur

Teripang memiliki manfaat untuk menghambat sejumlah pertumbuhan bakteri, antara lain bakteri E. coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella typhi, yang semuanya dapat menyebabkan penyakit.

Selain itu, hewan laut ini dapat melawan Candida albicans, yakni jamur yang menyebabkan penyakit candidiasis. Manfaat ini telah dibuktikan dalam penelitian selama seminggu di panti jompo terhadap 17 pasien.

Sumber: NCBI, BBC

Video Populer

Foto Populer