Sukses


10 Manfaat Jus Kiwi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Ketahui Resepnya

Bola.com, Jakarta - Mengonsumsi jus buah sebagai asupan nutrisi sehari-hari sangat disarankan, termasuk jus kiwi. Kiwi ditetapkan sebagai buah nasional Selandia Baru yang kini sudah banyak dijual di Indonesia.

Jus kiwi memiliki rasa yang sangat lezat dan segar. Di balik kesegarannya, jus kiwi juga memiliki banyak nutrisi penting untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Tak kalah dengan minuman sehat lainnya, manfaat jus kiwi tak perlu diragukan lagi. Banyak produk kecantikan dan obat-obatan herbal yang menggunakan ekstrak cairan buah yang satu ini sebagai bahan campurannya.

Sayangnya masih ada orang yang belum mencoba jus buah berwarna hijau muda ini. Padahal, jus kiwi mengandung nutrisi cukup tinggi meliputi vitamin C, vitamin K, vitamin E, folat, dan potasium. Minuman sehat ini juga mengandung antioksidan dan sumber serat cukup tinggi.

Menurut Honestdocs, jus buah kiwi memiliki sifat basa (alkali), sehingga sangat cocok membantu menetralkan asam lambung. Selain itu, jus kiwi masih menyimpan ragam manfaat lainnya untuk kesehatan dan kecantikan seperti berikut.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Kiwi untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Jus kiwi merupakan sumber vitamin C yang dapat membantu meningkatkan sistem imun untuk mencegah tubuh dari serangan penyakit. Kandungan vitamin C dalam jus kiwi berperan sebagai antioksidan guna menangkal dampak buruk dari radikal bebas.

Anda dianjurkan untuk meneguk segelas jus kiwi setiap hari sebagai salah satu cara alami dalam menjaga kebugaran tubuh agar bisa beraktivitas sehari-hari tanpa penyakit.

2. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Apakah Anda ingin memiliki berat tubuh yang ideal? Jus kiwi adalah solusinya. Minuman ini sangat dianjurkan bagi Anda yang tengah menjalani diet sehat untuk memiliki tubuh langsing dan ideal, serta mencegah obesitas.

Jus kiwi merupakan sumber serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu, sisa makanan mudah terbuang dan tidak menimbun di dalam tubuh terlalu lama yang menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

3. Membantu Mengatasi Asma

Asma merupakan salah satu penyakit yang bisa membuat pengidapnya mengalami sesak napas. Penyakit ini memang tidak bisa disembuhkan secara total dan instan. Namun asma bisa diatasi jika Anda rajin mengonsumsi jus kiwi.

Jus kiwi mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk membantu menangani asma atau sesak napas. Manfaat ini dibuktikan oleh sebuah penelitian pada 2000 bahwa orang yang rutin meminum jus kiwi alami dapat memelihara kesehatan paru-paru.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Menurut laporan Medical Daily, bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi sebaiknya mengonsumsi jus buah kiwi. Alasannya, buah kiwi memiliki senyawa antioksidan cukup tinggi.

5. Mengatasi Insomnia

Banyak orang yang memiliki masalah kesulitan tidur atau insomnia, serta tidur tidak nyenyak. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi segelas jus kiwi sebelum tidur.

Berdasar studi dari Taipei Medical University, jus kiwi akan membantu mengatasi gangguan tidur. Jus buah kiwi  mengandung antioksidan dan serotonin untuk menenangkan pikiran dari stres selepas beraktivitas seharian.

6. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jus kiwi sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki diabetes atau kadar gula darah terlampau tinggi. Jus kiwi mengandung indeks glikemik cukup rendah, sehingga aman diminum bagi pada penderita diabetes lantaran dapat mengontrol kadar gula darah tetap stabil.

7. Mencegah Kanker

Jus kiwi merupakan satu di antara minuman sehat yang dapat mencegah tubuh dari penyakit kanker, karena mengandung polisakarida yang bersifat antioksidan dan anti kanker.

8. Baik untuk Kesehatan Mata

Manfaat jus kiwi selanjutnya adalah untuk memelihara kesehatan mata. Jus kiwi bermanfaat mencegah kebutaan berkat adanya kandungan lutein dan zexanthin di dalamnya. Bahkan beberapa penelitian membuktikan kandungan jus kiwi lebih efektif untuk mencegah mata dari degenari makula.

9. Merawat Kecantikan Kulit

Jus buah kiwi memiliki manfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan serta kecantikan kulit. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat jus kiwi ini tidak perlu diragukan lagi, karena sudah banyak produk kecantikan dengan berbahan buah kiwi.

Kandungan antioksidan dalam vitamin C dan E dalam jus kiwi terbukti ampuh untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Minuman sehat ini dapat mencerahkan, melembapkan, dan mengencangkan kulit supaya terlihat awet muda. Anda bisa meminum jus kiwi untuk menutrisi kulit dari dalam, dan menjadikannya sebagai masker untuk merawat kulit dari luar.

10. Memelihara Kesehatan Rambut

Selain untuk kulit, ekstrak buah kiwi juga banyak digunakan dalam produk kecantikan rambut. Anda bisa menggunakan jus kiwi sebagai masker rambut untuk mengatasi rambut bercabang dan kering. Anda juga bisa meminumnya untuk menutrisi rambut dari dalam tubuh.

Jus kiwi kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan dan bermanfaat dalam pembentukan kolagen. Sehingga, jus ini dapat mencegah kerontokan dan kebotakan rambut.

 

3 dari 3 halaman

Resep dan Cara Membuat Jus Kiwi

Jus kiwi banyak dijual di kedai-kedai, namun sebaiknya Anda membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih higienis, mengolah jus kiwi sendiri jauh lebih sehat, murni, dan praktis. Anda bisa mengikuti tips dan resep membuat jus kiwi seperti berikut ini:

- Pilih buah kiwi segar yang sudah matang

- Cuci bersih dan kupas kulitnya

- Iris hingga beberapa bagian

- Masukan ke blender

- Tambahkan madu sebagai pemanis alami bukan gula

- Untuk lebih enak dan sehat, Anda bisa menambah susi sapi segar yang murni bukan susu kental manis.

- Supaya lebih segar, tambahkan sedikit batu es. Tetapi akan lebih sehat jika jus kiwi tidak dicampur dengan es.

Sumber: Honestdocs, Healthline

Video Populer

Foto Populer