Menang 2 Gim atas Chen Long, Anthony Ginting Melaju ke Final BWF World Tour Finals 2019

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 14 Des 2019, 14:52 WIB
Diperbarui 14 Des 2019, 15:17 WIB
Anthony Sinisuka Ginting

Bola.com, Guangzhou - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting berhasil melangkah ke final BWF World Tour Finals 2019 setelah meraih kemenangan dua gim langsung, 21-15 dan 21-15, atas pebulutangkis China, Chen Long, di pertandingan semifinal yang digelar di Guangzhou, China, Sabtu (14/12/2019).

Anthony Ginting memulai pertandingan semifinal BWF World Tour Finals 2019 dengan mencuri poin pertama. Namun, karena kesalahan sendiri, tunggal putra Indonesia itu justru menyerahkan poin kepada Chen Long dan tertinggal 1-3.

Berusaha untuk bermain lebih tenang, Anthony Ginting akhirnya justru berhasil mendapatkan poin demi poin yang membuatnya unggul 4-3. Pertarungan kedua pebulutangkis begitu ketat, bahkan ada reli panjang hingga 29 pukulan.

Sejumlah smash keras diperlihatkan oleh Anthony Ginting dan tak bisa dikembalikan oleh Chen Long. Akhirnya, tunggal putra Indonesia itu unggul 11-8 di paruh awal gim pertama.

Anthony Ginting pun mulai menemukan permainan terbaiknya dan melihat jeli kelemahan Chen Long ketika menerima bola di sisi kanannya. Situasi tersebut membuat Anthony Ginting sempat unggul 16-9.

Namun, Chen Long pun tak kalah jeli. Berhasil menghentikan perolehan poin Anthony Ginting, Chen Long mulai mengumpulkan poin demi poin hingga hanya tertinggal tiga poin, 13-16.

Anthony Ginting pun tak ingin dikejar begitu saja. Pebulutangkis berusia 23 tahun itu pun mulai kembali mengumpulkan pundi-pundi poin hingga akhirnya unggul 19-13 dan menutup gim pertama semifinal BWF World Tour Finals 2019 itu dengan keunggulan 21-15.

 

2 dari 2 halaman

Pertahankan Permainan Terbaik

Anthony Sinisuka Ginting
Anthony Sinisuka Ginting di BWF World Tour Finals 2019. (PBSI)

Tunggal putra Indonesia itu pun membawa performa baiknya di gim kedua dengan langsung unggul 3-0 atas Chen Long. Namun, lawan mampu bangkit dan mulai mengumpulkan pundi-pundi poin hingga keduanya imbang pada kedudukan 5-5.

Anthony Ginting pun kemudian mulai kembali memperbesar jarak poin dengan Chen Long. Tunggal putra Indonesia itu pun berhasil unggul 11-7 pada paruh pertama gim kedua.

Permainan cepat diperagakan oleh kedua pebulutangkis ini. Poin demi poin didapatkan oleh keduanya, di mana Chen Long bermain lebih agresif dan sempat beberapa kali kehilangan poin karena kesalahan sendiri dan tertinggal cukup jauh 12-16.

Anthony Ginting tetap mampu menjaga keunggulannya, terutama karena memiliki senjata penakluk Chen Long, berupa smash keras ke sisi kanan pebulutangkis asal China itu. Tunggal putra Indonesia itu pun berhasil memperbesar jarak keunggulan dan memenangi gim kedua dengan skor 21-15.

Kemenangan 21-15 dan 21-15 ini pun membawa Anthony Ginting melangkah ke final tunggal putra BWF World Tour Finals 2019 yang akan digelar Minggu (15/12/2019). Untuk lawan di pertandingan puncak tersebut, Anthony Ginting masih menunggu pemenang antara Kento Momota dan Wang Tzu Wei yang baru akan berlangsung setelah pukul 17.00 WIB.

Lanjutkan Membaca ↓