Kalah dari Kento Momota, Anthony Sinisuka Ginting Gagal Raih Juara BWF World Tour Finals 2019

Oleh Wiwig Prayugi pada 15 Des 2019, 14:37 WIB
Diperbarui 17 Des 2019, 14:16 WIB
Anthony Ginting

Bola.com, Guangzhou - Anthony Sinisuka Ginting menyerah dari Kento Momota pada partai puncak BWF World Tour Finals 2019 di Tianhe Stadium, Guangzhou, China, Minggu (15/12/2019).

Sempat unggul di gim pertama dengan skor 21-17, Anthony menyerah di gim kedua dan penentuan.

Ini merupakan pertemuan ke-15 bagi Motota dan Ginting. Momota sejauh ini masih sangat dominan dengan 10 kemenangan. Pada pertemuan terakhir, Anthony menang di Prancis Terbuka 2019 dua gim langsung, 21-10 dan 21-19.

Anthony dan Momota langsung saling mengejar dari poin 0. Anthony unggul pada interval pertama setelah merebut dua poin beruntun. Anthony mendapat apresiasi dari penonton setelah mampu mengembalikan smash Momota.

Pebulutangkis kelahiran Cimahi ini melaju dengan empat poin, setelah Momota melakukan kesalahan sendiri. Skor 14-10. Sempat kecolongan dua angka, Anthony akhirnya ungguL 16-13. Satu poin di antaranya harus melewati callenging (VAR dalam bulutangkis).

Anthony kembali memimpin dengan unggul dua poin setelah dropshot Momota keluar. Momota kembali mengejar. Kali ini giliran bola lob Ginting yang keluar dari garis.

Permainan net yang mendebarkan mewarnai duel tersebut, Momota menyamakan skor 17-17. Anthony mendapat tiga poin beruntun dan match point.

Anthony Sinisuka Ginting merebut gim pertama setelah bola pengembalian Kento Momota kembali out

2 dari 3 halaman

Gim Kedua

Anthony Ginting
Keberhasilan menang dalam dua laga membuat Anthony Ginting mendapatkan tiket untuk lolos ke babak semifinal BWF World Tour. (AFP/Stringer)

Pertarungan seru kembali terjadi pada gim kedua. Anthony Sinisuka Ginting dan Momota kembali kejar-kejaran. Anthony terhenti di angka empat, sementara Momota terus melaju dengan 8 poin.

Tak mau terdikte, Anthony kembali menekan. Sebuah smash keras menghasilkan satu poin untuk Anthony. Anthony yang sempat tertinggal lima poin, sukses mengejar, skor sementara 9-9.

Anthony akhirnya unggul pada interval kedua setelah merebut dua poin. Sayangnya, Anthony kecolongan tiga poin setelah shuttlecock pengembaliannya keluar. Skor 12-12.

Kedua pemain lagi-lagi saling mengejar. Momota memimpin 16-15. Momota memimpin 17-16 setelah shuttlecock pengembalian Anthony menyangkut di net.

Anthony hanya menambah satu poin, sementara Momota teru melaju dan sukses mengunci gim kedua dengan skor 21-17.

 

3 dari 3 halaman

Gim Penentuan

Anthony Ginting
Raja terakhir yang harus dihadapi Anthony Ginting untuk menjadi juara BWF World Tour 2019 adalah tunggal putra nomor satu dunia, Kento Momota. (AFP/Stringer)

Pada gim penentuan, Anthony Siniuka Ginting sempat kalah start 0-2. Anthony tampil penuh percaya diri dan terus menekan sehingga unggul 11-5 pada interval gim ketiga ini.

Setalah jeda, Momota mencoba keluar dari tekanan. Ia merebut lima poin beruntun, skor 12-10 untuk keunggulan Anthony. 

Tekanan kini berada di Anthony hingga kembali membuat kesalahan. Dua poin lagi untuk Momota yang dihasilkan dari situasi sama, yakni pengembalian shuttlecock yang keluar.

Momota kini berbalik memimpin 16-14. Anthony terlihat mulai mengendur dan mati langkah meladeni permainan dropshot lawan.

Anthony meminta break setelah mengalai gangguan di jari kaki kanannya. Anthony akhirnya menyerah pada gim ketiga dengan skor 21-14.

 

 

Lanjutkan Membaca ↓