Sukses


6 Efek Samping Kopi, Jangan Mengonsumsi Berlebihan

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pencinta kopi? Minuman ini disukai banyak orang dan sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Bahkan banyak rumah makan atau kafe yang menyajikan aneka menu olahan kopi.

Namun, tahukah Anda bahwa seseorang tidak boleh terlalu sering atau terlalu banyak meminum kopi? Mungkin sebagian besar orang menganggap kopi bisa meredakan stres dan mencegah ngantuk.

Menurut Medical News Today, kopi memang memberikan ragam manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi tanpa gula untuk mencegah kanker hati, diabetes tipe 2, dan gagal jantung. Sayangnya kini banyak olahan kopi yang menyajikan berbagai menu dengan tambahan gula.

Kopi memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi yang berperan penting untuk mencegah berbagai penyakit. Kopi juga mengandung nutrisi seperti vitamin B 2 (riboflavin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B1 (tiamin), vitamian B3 (niasin), folat, mangan, kaliu, magnesium, dan fosfor.

Minuman ini juga mengandung kafein yang bisa meningkatkan kinerja otak jika dikonsumsi tidak berlebihan. Setidaknya, kopi hanya boleh diminum satu gelas perhari dan akan lebih baik jika tanpa gula.

Apabila kopi dikonsumsi berlebihan, kadar kafein yang tinggi bisa meningkatkan kecemasan. Apalagi, jika Anda meminumnya pada waktu yang salah, seperti sore atau malam hari sehingga bisa menyebabkan sulit tidur dan meningkatkan insomnia.

Insomnia akan membuat tubuh mudah lelah dan mengantuk pada keesokan harinya. Selain itu, kopi juga bisa menyebabkan ketergantungan. Anda sebaiknya tidak meminumnya setiap hari.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah efek samping kopi jika dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/12/2019).

2 dari 7 halaman

1. Tidak Baik bagi Kesehatan Jantung

Menurut Healthline, terlalu banyak mengonsumsi kandungan kafein dapat menyababkan jantung berdetak kencang, menjadi tidak teratur, hingga menyebabkan kejang. Bahkan, minuman ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung jika tidak disaring dari ampasnya.

Bubuk kopi akan meningkatkan homocysteine, yakni salah satu jenis asam amino pembentukan protein yang berkaitan dengan risiko serangan jantung, peningkatan lemak dalam darah, hingga kolesterol.

 

3 dari 7 halaman

2. Meningkatkan Osteoporosis

Kopi dapat mengikis kalsium dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urine ketika buang air kecil. Proses itulah yang akan meningkatkan osteoporosis dan melamahnya tulang.

Padahal, kekuatan dan kepadatan tulang harus tetap terjaga. Sebagai solusinya, Anda juga harus meminum susu sapi murni untuk tetap memenuhi asupan kalsium.

 

 

4 dari 7 halaman

3. Merusak Kesehatan Gigi

Kopi memberikan efek samping untuk kesehatan gigi maupun gusi. Kandungan kafein pada kopi juga bisa menyebabkan rona gigi berkurang, sehingga gigi akan terlihat lebih kuning.

Kandungan tanin dalam kafein akan meninggalkan noda pada gigi jika dikonsumsi terus menerus. Bahkan, senyawa tanin dalam kopi bersifat asam ini juga bisa membuat gigi semakin rusak. Sebagai solusinya, Anda bisa menyeimbangkan kopi dengan susu untuk mengurangi dampak buruknya terhadap gigi. Susu sapi mengandung kalsium tinggi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

 

5 dari 7 halaman

4. Mengganggu Kesehatan Lambung

Apakah Anda memiliki riwayat penyakit lambung? Misalnya, maag atau asam lambung. Jika begitu, Anda sebaiknya mengurangi konsumsi kopi, terutama pada pagi hari sebelum makan.

Kopi memiliki kadar asam cukup tinggi yang tidak baik bagi sistem pencernaan, khususnya lambung. Selain itu, kopi juga akan membuat mulut terasa asam dan menyebabkan bau mulut.

 

6 dari 7 halaman

5. Meningkatkan Insomnia

Insomnia atau sulit tidur adalah salah satu masalah yang dialami banyak orang. Banyak dari mereka masih terjaga hingga larut malam, sehingga dapat menurunkan kualitas tidurnya dan bisa mengganggu aktivitas pada keesokan harinya.

Insomnia atau begadang bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk minum kopi. Bagi Anda yang gemar minum kopi pada malam hari biasanya akan mengalami insomnia dan harus begadang hingga larut malam.

7 dari 7 halaman

6. Meningkatkan Darah Tinggi

Kopi sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kandungan kafein dalam kopi memiliki efek diuretik dan peningkatan tekanan darah.

Jika ingin mengonsumsinya, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Sumber: Medical News Today, Healthline

Video Populer

Foto Populer