Sukses


7 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bantu Atasi Diabetes

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda ingin terhindar dari penyakit kanker? Nah, cobalah untuk mengonsumsi buah stroberi. Buah berwarna kemerahan ini memiliki kandungan yang bersifat anti-kanker.

Stroberi atau strawberry juga menyimpan ragam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Buah ini cukup populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

Menurut Healthline, stroberi (Fragaria ananassa) berasal dari benua Eropa pada abad ke-18. Di balik warnanya yang merah merona, stroberi merupakan sumber vitamin C cukup tinggi. Buah ini juga mengandung senyawa mangan, folat (vitamin B9), kalium dan potasium.

Stroberi juga mengandung antioksidan cukup tinggi guna memelihara kesehatan maupun kecantikan. Buah ini bisa dikonsumsi langsung hingga diolah menjadi jus, selai, salad buah, hingga menjadi perasa makanan dan minuman.

Strawberry juga mengandung karbohidrat dan serat cukup tinggi. Semua kandungan dalam buah ini tentu sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Bahkan, banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak buah stroberi sebagai bahan utamanya.

Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut adalah ragam manfaat stroberi untuk kesehatan dan kecantikan, seperti Bola.com rangkum dari Healthline dan Medical News Today, Senin (16/12/2019).

 

2 dari 8 halaman

1. Manfaat Stroberi: Memelihara Kesehatan Jantung

Jantung merupakan salah satu organ terpenting yang berfungsi untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Sehingga, kesehatan jantung perlu dijaga supaya terhindar dari penyakit jantung yang mematikan.

Tak perlu khawatir, Anda bisa memelihara kesehatan jantung dengan rajin mengonsumsi buah stroberi. Menurut hasil penelitian, stroberi dapat menurunkan risiko penyakit jantung lantaran bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), dan mengontrol tekanan darah, serta meningkatkan fungsi trombosit darah.

Kandungan uercetin flavonoid dalam stroberi, berperan sebagai anti-inflamasi alami yang dapat mengurangi risiko aterosklerosis. Selain itu, stroberi juga mengandung serat dan kalium yang akan mencegah penyakit jantung.

 

3 dari 8 halaman

2. Mencegah Stroke

Selain memelihara kesehatan jantung, stroberi akan mencegah dari ancaman penyakit stroke. Sebuah penelitian pada 2016 menemukan bahwa stroberi mengandung antioksidan quercetin, kaempferol, dan anthocyanin.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa antioksidan dalam stroberi dapat menurunkan risiko stroke. Buah ini dapat mengontrol tekanan darah supaya seseorang terhindar dari tekanan darah tinggi yang kerap mengakibatkan stroke.

 

4 dari 8 halaman

3. Bersifat Anti-Kanker

Stroberi mengandung antioksidan cukup tinggi yang dapat melawan radikal bebas. Dengan begitu, stroberi dapat menghambat pertumbuhan tumor dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Sebuah penelitian menemukan stroberi dapat membantu mencegah berbagai penyakit kanker karena memiliki senyawa yang bersifat anti-kanker. Buah ini juga terbukti mampu menghambat pembentukan tumor. Manfaat ini dikarenakan adanya asam ellagic dan ellagitannins dalam stroberi yang mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker.

 

5 dari 8 halaman

4. Mengobati Diabetes

Stroberi adalah satu di antara jenis buah-buahan yang sangat dianjurkan bagi pengidap diabetes atau seseorang dengan tingginya tekanan gula darah. Buah berwarna merah merona ini mengandung serat cukup tinggi yang dapat mengontrol kadar glikemik dalam darah.

Kandungan serat dalam buah ini juga bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Stroberi dapat memperlambat penyerapan glukosa dan mengurangi lonjakan glukosa dan insulin setelah mengonsumsi makanan berat.

Untuk mengobati diabetes, Anda bisa mengonsumsi buah stroberi langsung sebagai cemilan, tanpa diolah dengan tambahan gula. Anda juga bisa menjadikan stroberi sebagai makanan pembuka atau penutup.

 

6 dari 8 halaman

5. Melancarkan Buang Air Besar

Apakah Anda memiliki siklus buang air besar (BAB) yang tidak lancar atau sembelit? Sebagai solusinya, Anda bisa rutin mengonsumsi buah stroberi langsung atau mengonsumsi jusnya.

Stroberi mengandung serat dan mineral cukup tinggi guna menjaga kesehatan sistem pencernaan. Semua kandungan tersebut dapat mengatasi masalah sembelit lantaran mampu melancarkan sistem pencernaan.

 

7 dari 8 halaman

6. Menurunkan Berat Badan

Sebagian besar orang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal supaya terhindar dari obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk memiliki berat badan ideal, Anda bisa memasukkan buah stroberi ke dalam menu diet sehat sehari-hari.

Buah ini mengandung rendah kalori, namun seratnya cukup tinggi. Terpenuhinya asupan serat dapat memberikan rasa kenyang tahan lama dan tidak mudah lapar. Kandungan vitamin C dalam stroberi juga bisa meningkatkan metabolisme yang akan membakar kalori lebih efektif.

Selain itu, stroberi juga memiliki kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan. Dengan begitu, buah ini akan mendorong sisa makanan agar tidak tertimbun terlalu lama yang bisa menyebabkan badan menjadi gemuk. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, dijadikan salad buah, jus, atau infused water.

 

8 dari 8 halaman

7. Mempercantik kulit

Banyak orang yang mengeluarkan biaya mahal untuk melakukan perawatan kulit supaya terlihat cantik dan awet muda. Namun sebenarnya Anda bisa memiliki kulit sehat dan awet muda dengan menggunakan buah stroberi.

Buah ini mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan. Kandungan ini akan menghilangkan tanda penuaan dini seperti kerutan atau garis halus, flek hitam, hingga kulit kusam. Anda bisa mengonsumsi stroberi untuk menutrisi kulit dari dalam.

Namun Anda juga bisa menjadikan stroberi sebagai masker wajah. Tentunya manfaat stroberi yang satu ini tak perlu diragukan lagi lantaran sudah banyak produk kecantikan yang berbahan dasar stroberi.

Sumber: Healthline, Medical News Today

Video Populer

Foto Populer