Sukses


7 Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan dan Kecantikan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pernah mendengar buah kesemek atau bahkan pernah memakannya? Kesemek (Diospyros kaki) merupakan salah satu di antara jenis buah-buahan yang cukup populer di Indonesia.

Buah yang memiliki nama lain Japanese Persimmon ini berasal dari China. Buah kesemek banyak terjual di pasaran dengan harga relatif murah.

Kesemek banyak tumbuh di daerah Sumatra Utara khususnya wilayah Brastagi. Namun buah ini juga banyak dibudidayakan oleh masyarakat di Pulau Jawa, terutama di daerah-daerah tinggi seperti pegunungan.

Kesemek biasanya disebut sebagai buah bedak, karena di permukaan kulitnya dilumuri dengan bubuk putih halus seperti bedak atau tepung. Ketika sudah dicuci bersih, buah kesemek memiliki kulit kuning dan oranye yang memiliki daging berwarna oranye kecoklatan.

Meski cukup populer, banyak yang tidak menyadari manfaat buah kesemek. Nutrisi dalam buah yang berbentuk mirip tomat ini tak kalah dengan buah atau sayuran.

Menurut Healthline, kesemek atau Japanese Persimmon mengandung senyawa tanin, kalori, karbohidrat, protein, serat, vitamin (A, C, E, dan K), kalium, tembaga, dan mangan. Kesemek juga mengandung vitamin B6 yang berperan sebagai pyridoxine, serta menjadi sumber vitamin B1 (riboflavin), folat, dan fosfor.

Semua kandungan tersebut tentu sangat diperlukan oleh kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaatnya? Berikut adalah manfaat buah kesemek bagi kesehatan dan kecantikan yang jarang diketahui dan sering terabaikan, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/12/2019).

2 dari 8 halaman

1. Manfaat Buah Kesemek: Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Bahkan di seluruh dunia, banyak pasien pengidap penyakit jantung berakhir dengan kematian.

Untuk mencegah penyakit jantung, seseorang dianjurkan untuk rajin mengonsumsi berbagai aneka sayuran dan buah-buahan segar, termasuk kesemek. Buah ini mengandung antioksidan flavonoid, termasuk quercetin dan kaempferol.

Menurut Healthline, kandungan flavonoid dalam kesemek bisa memelihara kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah, serta mengurangi kolesterol jahat (LDL). Sehingga, seseorang yang rajin mengonsumsinya akan terhindar dari serangan jantung maupun penyakit jantung koroner.

 

3 dari 8 halaman

2. Manfaat Buah Kesemek: Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa menyebabkan kematian. Apalagi jantung sangat berkaitan dengan tekanan darah tinggi. Jantung merupakan organ penting yang bertugas memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Namun jika tekanan darah tidak terkontrol, maka dapat menyebabkan penyakit jantung, hingga stroke. Tak perlu khawatir, Anda bisa tetap mengontrol tekanan darah dengan rajin mengonsumsi buah kesemek.

Kandungan flavonoid dalam buah kesemek dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Terlebih, senyawa tanin, asam tanan, dan asam galat dalam buah ini juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah.

 

4 dari 8 halaman

3. Manfaat Buah Kesemek: Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan organ penting yang berfungsi untuk melihat. Kesehatan mata perlu dijaga dengan rajin mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah, termasuk kesemek.

Mengonsumsi kesemek secara rutin dapat memelihara kesehatan mata lantaran adanya kandungan vitamin A cukup tinggi. Buah ini dapat mencegah berbagai gangguan mata seperti kerusakan retina dan katarak.

 

5 dari 8 halaman

4. Manfaat Buah Kesemek: Menurunkan Berat Badan

Apakah Anda ingin memiliki berat badan ideal? Anda bisa memasukan buah kesemek ke dalam menu diet sehat sehari-hari. Tak kalah dengan sayuran, buah kesemek juga dipercaya mampu menjaga berat badan.

Buah kesemek rendah kalori, tetapi kaya serat. Rajin mengonsumsi serat dapat membantu mendorong sisa makanan dari dalam tubuh supaya tidak tertimbun menjadi lemak. Kandungan serat juga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

 

6 dari 8 halaman

5. Manfaat Buah Kesemek: Mencegah Kanker

Kanker merupakan satu di antara penyakit kronis yang bisa menyerang semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mencegah penyakit mematikan ini dengan rajin mengonsumsi buah kesemek.

Buah kesemek mengandung zat antioksidan dan fitronutrien yang berfungsi melawan radikal bebas sebagai pemicu tumbuhnya sel kanker. Buah ini mengandung antioksidan cukup tinggi yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Kandungan antioksidan juga bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Terlebih, buah kesemek juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin A dan C cukup tinggi, serta didukung dengan senyawa fenolik yang bermanfaat untuk menangkal sel kanker.

 

7 dari 8 halaman

6. Manfaat Buah Kesemek: Mengobati Diabetes

Buah kesemek merupakan salah satu jenis buah-buahan yang bisa membantu mengobati diabetes atau kadar gula dalam darahnya terlalu tinggi. Buah ini memiliki kemampuan untuk mengontrol kadar gula darah di dalah tubuh.

Kandungan serat dalam buah ini juga dapat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga baik untuk para pengidap diabetes (trutama diabetes tipe 2) yang kerap dilanda rasa lapar. Caranya, Anda hanya perlu mencuci bersih buah kesemek, kemudian iris buahnya sebagai camilan.

Kesemek adalah sumber antioksidan kuat seperti karotenoid dan flavonoid. Makanan yang kaya akan senyawa ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit tertentu, termasuk penyakit jantung dan diabetes.

 

8 dari 8 halaman

7. Manfaat Buah Kesemek: Cegah Penuaan Dini

Sebagian besar orang tentu tak ingin terlihat cepat tua. Namun ada pula orang yang berumur tua tetapi memiliki kulit cantik dan awet muda. Untuk mewujudkannya, Anda bisa mengonsumsi buah kesemek secara rutin.

Buah kesemek tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga baik bagi kecantikan kulit. Buah ini mengandung antioksidan cukup tinggi yang bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya tetap terlihat awet muda.

Selain itu, kandungan vitamin C, vitamin B, dan beta karoten pada buah kesemek juga dipercaya membantu kulit agar tetap kencang, lembut, dan bercahaya.

Sumber: Healthline, WebMD

Video Populer

Foto Populer