Sukses


5 Obat Penyakit Gondongan Alami, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Bola.com, Jakarta - Penyakit gondongan atau gondokan merupakan gangguan kesehatan yang banyak terjadi di Indonesia hingga saat ini. Penyakit tersebut bisa menyerang siapa pun, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Namun, penyakit itu sering terjadi pada anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya masih rentan. Penyakit gondongan bermula dari munculnya bengkak di leher yang disertai dengan rasa tidak nyaman.

Gondongan terkenal dengan istilah mumps atau parotitis. Gondongan merupakan penyakit menular lantaran seseorang terinfeksi vrus paramyxovirus yang kerap menyerang kelenjar ludah di antara telinga dan rahang.

Akibatnya, leher bagian atas atau pipi bagian bawah akan terlihat membengkak. Pada kasus yang parah, gondongan bisa membuat seseorang susah menelan hingga disertai dengan demam.

Virus penyebab gondongan bisa menular melalui percikan ludah yang dikeluarkan pengidap gondongan ketika batuk atau bersin. Kemudian, virus tersebut terhirup oleh orang lain melalui hidung maupun mulut.

Virus ini juga bisa menular melalui alat perantara seperti makan bareng dengan pengidap gondongan, atau menyentuh permukaan benda-benda yang telah terkontaminasi virus dari si pengidap tersebut.

Tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi penyakit gondongan dengan obat-obatan alami yang bisa ditemui di dapur. Namun sebelum mengetahui obatnya, Anda perlu mengetahui penyebab beserta gejala gondongan terlebih dahulu. Berikut adalah penyebab, gejala, serta cara mengatasi penyakit gondongan secara alami tanpa obat kimiawi.

2 dari 4 halaman

Penyebab Penyakit Gondongan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyakit gondongan disebabkan infeksi virus paramyxovirus. Setelah masuk ke dalam saluran pernapasan melalui hidung, mulut, atau tenggorokan, virus tersebut akan menetap, berkembang biak, dan menginfeksi kelenjar parotis. Akibatnya, kelenjar bagian leher akan terlihat bengkak.

Penularan virus gondongan bisa terjadi dengan sangat cepat, yakni beberapa hari sebelum kelenjar parotis pengidap bengkak sampai lima hari setelah pembengkakan muncul.

Gondongan atau gondokan juga bisa diakibatkan kekurangan yodium. Kurangnya asupan yodium bisa menyebabkan penurunan produksi hormon tiroid, sehingga akan menyebabkan penyakit hipotiroid dan penyakit gondongan. Padahal, hormon tiroid berperan penting dalam mengatur berbagai fungsi anggota tubuh. 

3 dari 4 halaman

12 Gejala Penyakit Gondongan

Penyakit gondongan memiliki gejala yang baru akan muncul 14-25 hari setelah terinfeksi virus paramycoxirus. Penyakit gondongan atau gondokan ditandai dengan pembengkakan kelenjar parotis yang membuat sisi wajah tampak membengkak. Namun tak hanya pembengkakan, penyakit gondongan juga bisa disertai gejala lain seperti berikut ini:

- Nyeri ketika mengunyah atau menelan makanan

- Nyeri sendi

- Demam dengan suhu lebih dari 38 derajat Celsius

- Mulut kering

- Nyeri perut

- Hilang nafsu makan

- Lelah

- Sakit kepala

- Rambut rontok

- Berat badan bertambah

- Tubuh terasa lelah dan lamah

- Demam hingga menggigil

4 dari 4 halaman

5 Obat Gondongan Alami

1. Air Putih

Nyeri pada rahang bagian belakang yang dirasakan ketika mengalami penyakit gondongan juga dapat membuat seseorang mengalami penurunan nafsu makan maupun minum. Akibatnya, tubuh akan rentan mengalami dehidrasi.

Untuk mengoptimalkan kondisi imunitas tubuh, pengidap penyakit gondongan dianjurkan memperbanyak meminum air putih. Bahkan, pengidap gondongan juga harus menghindari mengonsumsi jus buah atau minuman manis karena dapat merangsang produksi air liur yang membuat kelenjar parotis semakin terasa nyeri.

2. Lidah Buaya

Lidah buaya meruapakan tumbuhan yang terkenal memberikan manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut. Namun, tanaman ini tidak hanya memiliki khasiat untuk kecantikan, melainkan juga dapat dijadikan bahan untuk mengompres bagian sisi wajah yang mengalami pembengkakan akibat penyakit gondongan.

Efek dingin lidah buaya mampu meringankan gejala penyakit gondongan atau gondokan. Caranya, Anda hanya perlu mengambil gel lidah buaya dan kemudian oleskan beberapa kali dalam sehari agar hasilnya lebih maksimal.

3. Air Garam

Gondongan bisa disebabkan akibat kekurangan yodium. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan garam untuk mengatasi penyakit ini. Bukan berarti Anda harus meminumnya, tetapi hanya pelu berkumur dengan air garam tiga kali dalam sehari.

4. Jahe

Jahe mengandung minyak atsiri yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain bisa menghangatkan tubuh, jahe juga memiliki manfaat anti peradangan. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu meminum air rebusan jahe untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan. Anda juga bisa menghaluskan atau memarut jahe dan dicampur dengan sedikit air untuk dioleskan di area yang bengkak.

5. Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan penyedap masakan. Bawang putih juga bisa dijadikan sebagai obat penyakit gondongan. Rempah yang satu ini memiliki kandungan allicin yang membuat sistem imunitasi tubuh meningkat. Sistem kekebalan tubuh yang optimal membuat virus penyebab gondongan berangsur menghilang.

Sumber: Halodoc

 

Video Populer

Foto Populer