Sukses


25 Manfaat Kangkung bagi Kesehatan dan Kecantikan, Ketahui Efek Sampingnya

Bola.com, Jakarta - Kangkung (water spinach) adalah jenis sayuran yang banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Kendati murah, sayur kangkung mengandung banyak nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan.

Sayuran yang bernama latin Ipomoea aquatica ini banyak tumbuh di daerah lembap seperti persawahan. Namun, kangkung juga bisa tumbuh di tempat kering jika rajin menyiramnya.

Menurut Medical News Today, manfaat kangkung tidak kalah dengan sayur bayam. Kangkung juga dipercaya mampu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, kulit, hingga diabetes.

Selain itu, sayur kangkung aman dikonsumsi ibu hamil. Sayur berwarna hijau tersebut juga bisa dikonsumsi berbagai usia, mulai dari anak-anak, hingga orang tua.

Kangkung menjadi satu di antara sayuran yang paling mudah dikonsumsi karena bisa diolah menjadi berbagai makanan. Masyarakat Indonesia biasanya mengolah kangkung menjadi aneka pecel, lalapan kukus, tumis, hingga cah kangkung.

Sayur kangkung mengandung vitamin (A, B, C, K) dan mineral-mineral utama seperti niasin, thiamin, fosfor, ribloflavin, natrium, kalium, magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium.

Senyawa lain yang terdapat dalam sayuran ini adalah karotenoid. Saking banyaknya kandungannya, kangkung memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaat sayur kangkung? Berikut adalah segudang manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh, seperti dirangkum dari Medical News Today, Rabu (18/12/2019).

2 dari 3 halaman

25 Manfaat Kangkung untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kangkung kerap disepelekan karena harganya yang murah dan mudah ditemukan. Padahal, sayuran ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kangkung mengandung zat gizi, vitamin, mineral, dan kandungan lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh.

Berikut adalah manfaat kangkung untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu diketahui:

1. Menjaga kesehatan mata

2. Menguatkan tulang, otot, dan sendi

3. Menurunkan berat badan

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

5. Mengatasi sembelit

6. Melancarkan sistem pencernaan

7. Mencegah diabetes

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

9. Melancarkan sirkulasi darah

10. Menjaga kesehatan jantung

11. Mencegah anemia (kekurangan sel darah merah)

12. Menjaga kesehatan kulit

13. Meningkatkan kinerja otak dan saraf

14. Baik untuk kesehatan gigi

15. Menangkal radikal bebas

16. Mendetoks racun dalam tubuh

17. Meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh

18. Mencegah pengapuran pada jaringan tubuh

19. Menjaga kesehatan ibu hamil beserta janinnya

20. Mengatasi sakit maag

21. Menghilangkan jerawat (dijadikan masker)

22. Mencegah penuaan dini

23. Baik bagi wanita yang tengah menstruasi

24. Mengurangi penumpukan kolesterol jahat

25. Meningkatkan daya ingat

3 dari 3 halaman

Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Kangkung

Anda tak boleh terlena dengan segudang manfaat kangkung. Kendati memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, sayuran berwarna hijau dan berdaun panjang ini juga dapat memicu sejumlah efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan. Berikut adalah efek samping akibat terlalu banyak mengonsumsi kankung:

- Asam urat

Pengidap asam urat yang sudah sembuh atau masih dalam masa pemulihan sebaiknya menghindari aneka masakan yang berhubungan dengan kangkung. Zat purin di kangkung bisa memicu penyakit asam urat kambuh. Akibatnya, persendian akan terasa nyeri dan timbul pembengkakan.

- Mengantuk

Banyak orang telah mengetahui efek samping kangkung yang satu ini. Terlalu banyak memakan kangkung bisa mengakibatkan seseorang menjadi mudah terserang rasa kantuk. Kangkung memiliki zat kalium yang cukup tinggi yang mampu memengaruhi saraf bagian kepala.

Baca juga yang ini.

- Alergi

Makan kangkung bisa menyebabkan alergi berupa gatal-gatal, ruam merah atau pusing sementara. Efeknya hanya dialami oleh beberapa orang yang memiliki alergi terhadap zat magnesium pada kangkung.

- Sakit perut

Kangkung mengandung ragam nutrisi, termasuk serat dan mineral cukup tinggi. Kandungan tersebut sangat baik untuk melancarkan pencernaan. Namun terlalu banyak mengonsumsi kangkung juga bisa mengakibatkan perut mulas dan diare.

Selain itu, memakan kangkung yang tidak dicuci bersih juga bisa menyebabkan bakteri yang masih tertinggal mengiritasi dinding lambung dan jaringan perut lain. Dampak ini dapat menyebabkan seseorang terserang sakit perut dan mual mual.

Sumber: Medical News Today, Halo sehat

 

Video Populer

Foto Populer