Sukses


Ragam Manfaat Air Beras untuk Kecantikan dan Kesehatan, Bisa Diminum

Bola.com, Jakarta - Air beras atau air bekas cucian beras kerap disepelekan dan dibuang. Padahal, air beras sangat bermanfaat bagi kecantikan maupun kesehatan.

Air cucian beras telah digunakan selama berabad-abad di negara-negara Asia untuk menjaga kulit tampak muda dan membantu rambut tumbuh sehat dan kuat. Bahkan para petani wanita di Jepang kerap mandi menggunakan air cucian beras untuk menjaga kesehatan kulit.

Melansir dari Natural living Ideas, para wanita di desa Huangluo, China, memiliki rambut yang sangat panjang dan tebal. Rahasianya yaitu dengan rutin mencuci rambut atau keramas dengan air beras.

Air beras mengandung nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan asam amino yang penting untuk kesehatan rambut dan kulit. Air bekas cucian beras juga mengandung berbagai nutrisi termasuk asam ferulic, antioksidan, dan allantoin yang mengandung sifat anti-inflamasi (peradangan).

Namun, air beras ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan bisa dikonsumsi. Bagaima caranya?

Berikut adalah manfaat air beras untuk kecantikan dan kesehatan secara menyeluruh beserta cara penggunaannya, seperti Bola.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/12/2019).

2 dari 4 halaman

Manfaat Air Beras untuk Kulit

Air beras menjadi cara palingĀ alami dan murah untuk membuat kulit lebih bersih dan cantik. Air beras tentunya bisa didapatkan sebelum memasak nasi.

Jadi, ketika mencuci beras, sebaiknya Anda memisahkan air cuciannya terlebih dulu, dan jangan dibuang. Cairan tersebut mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin (B1, B3, dan B6), fosfor, mangan, serat, flavonoid, zat besi, serta fenolic yang diperoleh dari beras.

Air beras memiliki kandungan antioksidan alami yang berperan penting dalam meminimalisir racun pada kulit akibat radikal bebas. Anda juga bisa mandi atau berendam dengan air cucian beras dan diamkan beberapa menit hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih.

Berikut adalah manfaat air beras untuk kulit:

- Meningkatkan pertumbuhan sel kulit

- Menyehatkan kulit dengan memperlancar peredaran darah

- Mengecilkan pori-pori

- Meredakan iritasi

- Mengatasi jerawat

- Mencegah produksi minyak berlebih

- Cegah penuaan dini dengan menyamarkan kerutan atau garis halus

- Penangkal radikal bebas

- Mencegah pigmentasi (penggelapan)

- Memudarkan flek hitam

- Memperbaiki tekstur kulit

- Meringankan peradangan kulit

- Menyamarkan garis halus dan kerutan dini

- Memudarkan bekas luka

- Memutihkan dan mencerahkan kulit

- Meratakan warna kulit dan mengatasi kulit belang

3 dari 4 halaman

Manfaat Air Beras untuk Rambut

SelainĀ untuk kulit dan tubuh, manfaat air beras juga bisa diambil untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Nutrisi di air beras baik untuk keduanya.

Apa saja manfaat air beras untuk kecantikan rambut? Berikut ini kami paparkan aneka manfaat air beras untuk rambut dan kulit kepala, dilansir dari Boldsky.

Manfaat air beras untuk rambut antara lain:

- Menyuburkan rambut

- Menjadikan rambut bercahaya

- Mengatasi ketombe

- Menghilangkan kutu

- Mengatasi rambut bercabang

- Mengatasi rambut rontok

- Menjaga kelembutan rambutĀ 

- Mencegah rambut kering

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Air Beras untuk Kesehatan Tubuh

Banyak orang mungkin menganggap air beras hanya bisa dimanfaatkan untuk kulit dan rambut. Namun, cairan ini juga bisa diminum dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Bukan berarti Anda meminum air beras mentah. Anda harus merebus air cucian beras supaya lebih aman dan higienis. Mengonsumsi air rebusan beras yang ditanak merupakan bagian dari tradisi di China, Jepang, hingga India. Cara ini dipercaya bisa membantu menaikkan bobot bagi seseorang yang mengalami gizi buruk.

Di Negeri Sakura, air rebusan beras disebut kanji. Cairan ini kerap dijadikan sebagai pelengkap kebutuhan energi, terutama asupan karbohidrat. Air rebusan beras juga mengandung serat tinggi guna menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Selain itu, beras juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh menyeluruh, seperti berikut ini:

- Meningkatkan stamina

- Mencegah sembelit

- Melancarkan sistem pencernaan

- Mencegah dehidrasi

- Mengatasi demam

- Meringankan diare

- Baik untuk kesehatan bayi

Video Populer

Foto Populer