Sukses


7 Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Bola.com, Jakarta - Pepaya (papaya) merupakan jenis buah-buahan yang digemari di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Pada dasarnya, semua buah memiliki nutrisi dan kandungan tersendiri bagi kesehatan tubuh.

Namun tak hanya daging buahnya, daun pepaya juga berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan, banyak orang Indonesia yang memetik manfaat daun sirsak untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk diabetes.

Sayangnya masih banyak orang yang enggan mengonsumsi daun pepaya lantaran rasanya yang pahit. Rasa pahit daun pepaya bisa hilang jika cara memasaknya benar. Anda bisa merebus daun pepaya dengan garam dan merebusnya dua kali supaya air rebusan pertama yang pahit dibuang terlebih dahulu.

Namun, sebenarnya rasa pahit itulah yang semakin memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Semakin hilang rasa pahitnya, maka beberapa nutrisinya akan hilang.

Melansir dari Times of India, daun pepaya akan sangat bermanfaat jika diolah menjadi jus. Daun pepaya segar kaya papain, chymopapain, dan serat esensial yang bila dikonsumsi dalam bentuk jus dapat meningkatkan sistem pencernaan dan mengendalikan masalah-masalah seperti kembung, mulas, sembelit dan buang air besar.

Anda juga bisa mengonsumsi daun pepaya sebagai lalapan maupun aneka menu masakan lain seperti tumis daun pepaya. Daun buah pepaya mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, protein, karbohidrat, kalsium, dan mineral.

Saking banyaknya nutrisi yang terkandung, sehingga tak heran jika daun pepaya juga memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh seperti berikut yang telah Bola.com rangkum dari Times of India, Kamis (19/12/2019).

2 dari 8 halaman

1. Meredakan Nyeri Menstruasi

Sebagian besar wanita pernah mengalami kram atau nyeri ketika haid atau menstruasi. Kondisi ini bisa diatasi dengan mengonsumsi daun pepaya. Caranya, Anda hanya perlu merebus satu lembar daun pepaya bersama garam dan asam jawa. Setelah itu, diamkan hingga hangat dan minumlah.

Meminum ramuan ini dalam keadaan hangat akan membantu mempercepat reaksinya dalam perut sehingga nyeri haid dapat segera mereda. Untuk hasil yang optimal, konsumsilah rebusan daun pepaya beberapa kali dalam sehari.

 

3 dari 8 halaman

2. Membantu Mengobati Demam Berdarah

Menurut Times of India, daun pepaya bermanfaat mengobati penyakit demam berdarah. Senyawa aktif dalam daun pepaya memiliki kandungan antimalaria dan demam berdarah. Anda bisa membuat jus daun pepaya dengan ditambah sedikit madu alami sebagai pemanis alami.

Jus daun pepaya segar mengandung senyawa penting seperti papain dan carocain yang meningkatkan jumlah trombosit dan mengurangi infeksi selama demam berdarah. Daun ini juga memiliki sifat plasmodiastatic yang secara tidak langsung mengendalikan demam malaria.

Selain diminum menjadi jus, Anda juga tetap bisa mengambil manfaat daun pepaya adalah dengan meminum air rebusannya. Rebus sekitar lima lembar daun pepaya hingga masak lalu dinginkan sebelum diminum.

 

4 dari 8 halaman

3. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Pepaya merupakan salah satu buah yang terbukti mampu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Namun tidak hanya daging buahnya, daun pepaya juga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Daun pepaya mengandung senyawa papain, chymopapain, dan serat esensial yang bila dikonsumsi dalam bentuk jus meningkatkan sistem pencernaan dan mengendalikan gangguan seperti kembung, mulas, sembelit dan buang air besar.

Selain itu, daun pepaya juga mengandung zat karpain cukup tinggi. Kandungan tersebut terbukti ampuh dalam membasmi mikroorganisme atau bakteri jahat yang mengganggu sistem pencernaan.

 

5 dari 8 halaman

4. Mengatasi Diabetes

Diabetes atau gangguan kesehatan yang disebabkan karena tubuh kelebihan glukosa merupakan salah satu penyakit kronis. Bagi pengidap diabetes, Anda juga bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai obat melawan diabetes.

Daun pepaya mengandung antiokidan cukup tinggi. Kandungan ini sangat baik untuk mencegah kelebihan glukosa dalam aliran darah.

Selain itu, sumber antioksidan dalam daun pepaya juga dapat mengurangi kerusakan organ, saraf, dan luka yang diderita oleh penderita diabetes.

 

6 dari 8 halaman

5. Menurunkan Risiko Kanker

Selain diabetes, kanker juga merupakan salah satu penyakit kronis yang paling ditakutkan karena berpotensi hingga kematian.

Untuk mencegah penyakit kanker, Anda bisa memetik manfaat daun pepaya. Batang pada daun pepaya ternyata mengandung getah putih seperti susu yang berperan sebagai zat antikanker.

Getah itu kemudian secara otomatis akan ikut terkonsumsi ketika Anda memakan daun pepaya dalam hidangan apapun. Daun pepaya juga merupakan sumber antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker.

 

7 dari 8 halaman

6. Mengobati Jerawat

Memiliki kulit wajah yang mulus dan bebas jerawat merupakan impian banyak orang, terutama para kaum wanita.

Jika ragu menggunakan produk kecantikan belum tentu alami, Anda bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai bahan alami masker wajah untuk menghilangkan jerawat.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menumbuk dua lembar daun pepaya tua yang sudah dijemur sebelumnya. Kemudian, tumbukan daun pepaya dicampur air hangat, lalu oleskan pada kulit yang berjerawat selama kurang lebih 20-30 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Anda bisa mengulangi perawatan ini minimal dua sampai tiga kali dalam seminggu guna mendapatkan hasil yang optimal.

Baca juga: 18 Manfaat Air Rebusan dan Jus Daun Pepaya Jepang untuk Kesehatan Wanita

 

8 dari 8 halaman

7. Mengatasi Rambut Rontok

Selain jerawat, masalah kecantikan lainnya adalah rambut rontok. Kondisi ini bisa mengganggu dan menurunkan tingkat kepercayaan diri. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan menggunakan daun pepaya.

Cara yang perlu Anda lakukan adalah menghancurkan daun pepaya segar dan oleskan di kulit kepala Anda. Dengan melakukan ini, Anda dapat dengan mudah menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan kotoran di akarnya. Ini juga memelihara dan melembabkan kulit kepala dan mencegah pembentukan ketombe.

Sumber: Times of India

Video Populer

Foto Populer