Sukses


6 Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan Kulit dan Rambut, Bikin Awet Muda

Bola.com, Jakarta - Apakah Anda pencinta kopi? Minuman ini digemari banyak orang dan sangat populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Kopi memiliki aroma yang khas dan banyak diolah menjadi aneka makanan, minuman, hingga aksesoris.

Namun selain itu, ekstrak bijinya juga bisa digunakan sebagai masker kopi. Bahkan di era modern ini sudah banyak aneka produk kecantikan yang menggunakan kopi sebagai bahan campurannya.

Melansir dari Medical News Today, kopi merupakan sumber nutrisi dan antioksidan yang bermanfaat bagi kecantikan kulit, hingga rambut. Kopi dapat meregenerasi kulit, mengobati jerawat, melancarkan aliran darah, dan menyeimbangkan kadar pH.

Kopi memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi yang berperan penting untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit. Senyawa antioksidan dalam kopi juga dapat melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar matahari dan radikal bebas.

Kopi juga mengandung nutrisi seperti vitamin B 2 (riboflavin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B1 (tiamin), vitamian B3 (niasin), folat, mangan, kalium, magnesium, dan fosfor.

Nutrisi dalam kopi tentu bermanfaat bagi kecantikan, salah satunya jika dipakai sebagai masker kulit. Terlebih, masker kopi mudah dibuat sendiri di rumah dengan bermodalkan bubuk kopi, air hangat, mangkuk tempat masker, dan kuas masker.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah manfaat masker kopi untuk kencantikan kulit hingga rambut yang jarang disadari, seperti Bola.com rangkum dari Medical News Today, Senin (23/12/2019).

2 dari 7 halaman

1. Bikin Awet Muda

Masker kopi dapat meregenerasi kulit karena mampu mengelupas dan mengangkat sel kulit mati. Kopi bersifat tidak larut dalam air, sehingga teksturnya akan terasa ketika digosokkan pada kulit.

Hasil penelitian pada 2013 menemukan zat dalam kopi juga mampu meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan asam caffeic, antioksidan dalam kopi dapat meningkatkan kadar kolagen dan mencegah penuaan dini.

Ini artinya, masker kopi memiliki manfaat untuk membuat kulit terlihat awet muda.

Asam caffeic juga memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu melindungi kulit terhadap bakteri. Caranya, Anda hanya perlu menggosok kulit dengan masker atau scrub kopi tiga kali dalam satu minggu.

 

3 dari 7 halaman

2. Mengatasi Mata Panda

Kantung mata atau yang lebih sering dikenal mata panda kerap membuat seseorang kurang percaya diri. Masalah ini ditandai dengan kantung mata membesar dan adanya lingkaran hitam mengelilingi area mata.

Namun ternyata masker kopi bisa mengatasi masalah tersebut. Masker kopi mengandung kafein dan antioksidan yang dapat mencerahkan kulit secara menyeluruh.

Kafein juga akan merangsang aliran darah dan melebarkan pembuluh darah. Ketika aliran darah lancar, maka kulit akan kencang dengan sendirinya. Senyawa lain dalam kopi, seperti asam klorogenik, juga dapat mengurangi peradangan di sekitar mata.

Caranya, oleskan masker kopi di sekitar kantung mata. Tapi, pastikan masker kopi tidak masuk ke mata.

 

4 dari 7 halaman

3. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Kopi mengandung antioksidan seperti polifenol. Senyawa tersebut dapat membantu melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan akibat paparan sinar matahari.

Sebuah penelitian pada 2015 membukikan senyawa polifenol di kopi akan mengurangi tanda penuaan dini. Caranya, Anda bisa mengoleskan masker kopi ke seluruh badan sebelum mandi, kemudian tunggu hingga mengering, kemudian bilas sambil mandi.

 

5 dari 7 halaman

4. Mengurangi Selulit

Kopi memiliki manfaat untuk membantu mengurang tampilan selulit pada kulit. Selain mengonsumsinya, Anda juga bisa mengoleskan masker kopi pada kulit untuk mengatasi masalah selulit.

Caranya, Anda bisa menggunakan bubuk kopi basar untuk menggosokkan pada kulit yang terdapat selulit, terutama pada bagian paha dan lengan. Kopi juga memiliki sifat eksfoliasi yang dapat menghaluskan kulit dan merangsang aliran darah.

 

6 dari 7 halaman

5. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dialami banyak orang. Masalah ini bisa menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Jerawat timbul dikarenakan adanya produksi minyak berlebih, sel kulit mati, serta zat kimia dan radikal bebas yang menyumbat pori-pori sehingga terinfeksi oleh bakteri yang kemudian menyebabkan peradangan.

Namun tak perlu khawatir, Anda bisa membasmi jerawat dengan perawatan rutin menggunakan masker kopi. Senyawa antioksidan, stimulan, dan asam klorogenat dalam kopi dapat efektif mengatasi jerawat.

Maka tak heran jika banyak produk obat jerawat yang menggunakan ekstrak biji kopi. Asam klorogenat dalam kopi juga dapat mengurangi peradangan dan melindungi terhadap beberapa jenis bakteri.

 

7 dari 7 halaman

6. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala dan Rambut

Kulit kepala dan rambut secara alami bersifat asam. Para ilmuwan mengukur keasaman suatu zat menggunakan skala pH.

Hasilnya, menggunakan produk rambut yang memiliki nilai pH lebih tinggi daripada rambut dapat menyebabkan rambut kusam, keriting, bercabang, dan rontok.

Menerapkan masker kopi ke rambut bisa menjadi cara yang bagus untuk membantu menyeimbangkan kembali tingkat pH rambut dan kulit kepala.

Cobalah membilas rambut dengan air kopi atau menggosok masker kopi ke kulit kepala sebelum keramas. Cara ini juga dapat membantu menggosok sel kulit mati dari kulit kepala.

Sumber: Medical News Today

Video Populer

Foto Populer