Sukses


8 Manfaat Sukun untuk Tubuh, Hasilnya Menakjubkan

Bola.com, Jakarta - Sukun merupakan sumber makanan yang tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Jenis buah-buahan ini mudah ditemui di halaman rumah dengan pohon berukuran besar.

Buah yang terkenal dengan nama Bread Fruit ini baik dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain rasanya yang enak dan bertekstur lembut seperti ubi, makanan ini memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bahkan, buah sukun kerap dijadikan hidangan oleh masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu. Banyak orang mengolah buah sukun dengan cara digoreng, dikukus, menjadi campuran aneka kue dan camilan.

Sukun juga dapat diproses menjadi tepung bebas gluten, jauh lebih unggul dalam rasa, nutrisi, dan struktur dibandingkan dengan tepung terigu biasa.

Berbagai penelitian menyarankan untuk rajin mengonsumsi buah sukun guna mengurangi berbagai penyakit. Selain bermanfaat untuk kesehatan, sukun juga bermanfaat bagi kecantikan dan cocok menjadi menu andalan bagi Anda yang ingin berdiet.

Sukun akan lebih baik dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus, bukan digoreng. Jika digoreng, beberapa nutrisinya akan hilang dan menjadikannya mengandung lemak dan kalori dari minyak goreng.

Melansir dari Global Bread Fruit, sukun kaya karbohidrat dan sumber antioksidan, kalsium, karotenoid, tembaga, serat makanan, energi, zat besi, magnesium, niasin, omega 3, omega 6, fosfor, kalium, protein, tiamin, vitamin A, dan vitamin C.

Berikut adalah manfaat sukun bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui banyak orang, seperti dirangkum dari Daily Health Series, Rabu (25/12/2019).

2 dari 9 halaman

1. Mencegah Diabetes

Mengonsumsi sukun secara teratur dapat menurunkan kadar gula darah tinggi, tentu ini sangat baik bagi pengidap diabetes. Manfaat ini dikarenakan sukun mengandung serat cukup tinggi.

Sukun akan membantu penyerapan glukosa dalam tubuh. Buah ini juga memiliki senyawa alami yang sangat penting dalam memproduksi insulin yang dapat mengendalikan diabetes.

Daging sukun yang dikukus terkenal efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Makanan ini juga bisa dijadikan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat dan protein cukup banyak.

 

3 dari 9 halaman

2. Menurunkan Berat Badan

Sukun mengandung kalori baik bagi tubuh. Bagi Anda yang berdiet dan ingin menurunkan berat badan, konsumsilah sukun secara rutin.

Sukun dipercaya mampu menurunkan berat badan secara alami karena mengandung rendah lemak. Makanan ini juga mudah membuat seseorang merasa lebih kenyang. Meski banyak olahannya, Anda harus mengonsumsi sukun dengan cara dikukus atau dipanggang supaya hasilnya lebih efektif, bukan digoreng.

Cara mengolah sukun untuk program diet

- Siapkan buah sukun yang telah matang

- Kupas kulitnya

- Cuci dan rendam daging buah sukun

- Kukus dagin buah sukun selama 10-20 menit

- Makan daging sukun yang telah matang dalam keadaan hangat supaya lebih nikmat

 

4 dari 9 halaman

3. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Buah sukun mengandung serat cukup tinggi. Selain itu, sukun tergolong sumber makanan yang mudah dicerna. Karena bertekstur lembut seperti umbi-umbian, buah sukun sangat baik bagi kesehatan sistem pencernaan seperti lambung dan usus halus.

Kandungan vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalium, dan kalsium pada sukun juga sangat efektif dalam membantu meredakan radang lambung. Kandungan serat dalam sukun ini juga mampu mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam pada lambung.

Tak terhenti di situ, tekstur lembut buah sukun tentu akan membantu menurunkan risiko terjadinya radang lambung. Kandungan anti-radang pada buah sukun juga bisa mengurangi rasa sakit dan peradangan lambung.

 

5 dari 9 halaman

4. Mencegah Penyakit Jantung

Buah sukun merupakan sumber asam lemak omega-3 yang dapat memelihara kesehatan jantung dan mencegah berbagai penyakit seperti serangan jantung, penyakit jantung koroner, serta kardiovaskular.

Menurut beberapa penelitian, buah sukun juga mengandung kalium yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Kandungan ini akan membantu menurunkan tekanan darah dengan menjaga keseimbangan cairan.

Kalium dalam buah sukun juga bisa berperan sebagai elektrolit penting yang membantu mengatur detak jantung. Manfaat ini tentu akan mencegah Anda dari serangan jantung.

6 dari 9 halaman

5. Mencegah Kanker

Sukun mengandung anti-karsinogenik dan beta-karoten. Kandungan tersebut mampu mengurangi risiko penyakit kanker seperti kanker payudara pada wanita pramonopause dan kanker ovaovarium pada wanita pascamenopause.

Kandungan nutrisi dan antioksidan dalam sukun juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun Anda perlu membatasi asupan sukun per harinya, karena jika terlalu banyak justru akan memicu tekanan darah rendah.

 

7 dari 9 halaman

6. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Asam lemak omega dalam sukun tidak hanya bermanfaat untuk jantung dan otak, tetapi juga meningkatkan kesehatan tulang. Sukung juga mengandung kalsium dan magnesium, serta kaya mineral untuk mensintesis jaringan tulang baru.

Selain itu, sukun juga bisa menjaga kesehatan dan kekuatan gigi karena adanya kandungan kalsium dan magnesium. Anda juga mengonsumsi sukun panggang ketika dilanda sakit gigi.

 

8 dari 9 halaman

7. Memelihara Kesehatan Kulit

Buah sukun dapat memelihara kesehatan kulit. Selain dikonsumsi, sukun juga bisa dijadikan masker untuk menutrisi kulit dari luar tubuh.

Sukun dapat mengobati radang pada kulit seperti luka atau jerawat karena buah ini dapat menghambat aktivitas enzim yang menyebabkan peradangan. Sukun juga dapat meredakan gatal-gatal pada kulit.

Tak hanya itu, Anda bisa meremajakan kulit dengan mengonsumsi sukun karena adanya kandungan vitamin C yang dapat memproduksi kolagen. Berkat vitamin C dalam sukun, maka produksi kolagen semakin berlimpah dan menjaga kulit tetap cantik bersinar serta mencegah penuaan dini.

 

9 dari 9 halaman

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Mengonsumsi sukun secara teratir dapat membantu memperkuat rambut Anda dari akar sampai ke ujungnya. Sukun memiliki sifat anti-inflamasi yang akan membuka folikel rambut, sehingga akan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Terlebih, sukun juga dapat mengatasi ketombe karena adanya asam lemak omega. Kandungan ini juga akan mengatasi rasa gatal pada kult kepala yang kering.

Sumber: Daily Health Series, Global Bread Fruit

Video Populer

Foto Populer