4 Kesibukan Liliyana Natsir Setelah Gantung Raket

Oleh Hesti Puji Lestari pada 07 Jan 2020, 09:42 WIB
Diperbarui 07 Jan 2020, 09:42 WIB
Liliyana Natsir

Bola.com, Jakarta - Pada Januari 2019, pencinta bulutangkis Indonesia dihadapkan pada momen sedih dan mengharukan. Ratu ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir, resmi gantung raket pada 27 Januari 2019, tepat setelah menyudahi final Indonesia Masters. 

Itu berarti, bulan ini akan genap satu tahun Liliyana pensiun dari dunia yang telah membesarkan namanya itu. Meski demikian, pesona dan warisan prestasi perempuan yang kerap disapa Butet itu tak akan lekang oleh waktu.

Namanya akan tetap lekat di hati pencinta bulutangkis Tanah Air. Butet telah menyumbangkan berbagai gelar bergengsi untuk Indonesia sepanjang kariernya.

Penghargaan yang pernah diraih Butet selama 17 tahun karier profesionalnya antara lain lima medali emas SEA Games, empat kali gelar Kejuaraan Dunia, gelar All England, Indonesia Open, hingga yang paling bergengsi medali emas Olimpiade 2016.

Kesibukan Liliyana Natsir jelang satu tahun masa pensiunnya cukup menarik untuk dikulik-kulik. Bola.com telah merangkum empat kesibukan yang sedang atau pernah dilakukan Liliyana Natsir setelah memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis.

Apa saja kesibukan tersebut? Berikut perinciannya.

2 dari 5 halaman

1. Jalan-Jalan

Liliyana Natsir terlihat begitu menikmati masa pensiunnya. Melansir dari Instagram personalnya, Liliyana kerap mengunggah momen jalan-jalan setelah pensiun.

Dari penelusuran Bola.com, per 27 Januari 2019, Liliyana mengunggah lebih dari 15 postingan bertema jalan-jalan.

Tempat yang disinggahi partner Tontowi Ahmad dalam ganda campuran itu juga bervariasi, baik di dalam ataupun di luar negeri. Terakhir, Liliyana mengunggah momen liburannya bersama keluarga di kampung halamannya, Manado, tepatnya pada 10 September 2019.

 
 
 
View this post on Instagram

Indahnya Indonesiaku 🇮🇩

A post shared by Liliyana Natsir (@natsirliliyana) on

3 dari 5 halaman

2. Merilis Buku Biografi

Liliyana Natsir bukan hanya atlet yang mengagumkan di lapangan. Di luar lapangan, perempuan berusia 34 tahun ini juga membuat karya.

Bersama mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang juga penggemar bulutangkis, Hamid Awaludin, Liliyana menerbitkan buku biografinya yang berjudul "Butet Legenda Sejati".

Buku tersebut bisa dibeli disalah satu marketplace terbesar di Tanah Air dengan harga Rp60 ribu saja. Dengan harga tersebut, pencinta bulutangkis Indonesia bisa mendapatkan informasi lengkap tentang ratu ganda campuran Tanah Air tersebut.

4 dari 5 halaman

3. Bisnis Starup Belanja Online

Pada 1 Oktober 2019, Liliyana Natsir memutuskan turut terjun di dunia bisnis. Namun, bisnis yang digeluti Butet tersebut agak sedikit berbeda.

Alih-alih menanamkan modalnya pada perusahaan ritel, Liliyana justru lebih tertarik pada bisnis ritel groceries.

Tujuan bisnis ritel groceries ini adalah ingin mempermudah kebutuhan belanja online di Indonesia. Bersama Roni Irawan, Liliyana Natsir membangun sebuah starup perbelanjaan online yang menggandeng mitra warung UKM sebagai partner bisnisnya.

Aplikasi tersebut bernama Troli. Dari hasil penelusuran Bola.com, aplikasi besutan Liliyana Natsir dan rekannya itu sudah diunduh lebih dari seribu pengguna Android. Angka tersebut tentu akan berbeda di platform iOS

5 dari 5 halaman

4. Bintang Iklan dan Brand Ambassador

Liliyana Natsir juga sibuk menjadi bintang iklan dan brand ambassador setelah memutuskan gantung raket. Beberapa produk Tanah Air sempat memanfaatkan popularitas Liliyana untuk memperkenalkan produknya.

Meski demikian, Butet tidak lantas menjauh dari dunia yang telah membesarkan namanya. Dalam beberapa kesempatan, Liliyana Natsir juga turut andil dalam beberapa turnamen bulutangkis.

Namun kali ini, Liliyana Natsir tidak bertindak sebagai peserta. Lebih keren, Butet ditunjuk sebagai brand ambassador beberapa turnamen bulutangkis tingkat daerah tersebut.

Pada 19 November 2019, Liliyana juga turut serta dalam audisi beasiswa bulutangkis yang digear PB Djarum.

Lanjutkan Membaca ↓