Sukses


Jadi Penerjemah Shin Tae-yong, Ini 5 Berkah yang Diterima Jeong Seok-seo

Bola.com, Jakarta - Shin Tae-yong resmi menjabat sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia sejak Desember 2019. Shin menjadi pelatih asal Korea Selatan pertama yang menangai Tim Garuda.

Perbedaan bahasa disebut menjadi salah satu hambatan Shin di Indonesia. Namun kepada media Korea Selatan, Shin Tae-yong, mengaku sudah mengerti tiga kalimat dalam bahasa Indonesia.

"Saya baru mengerti tiga kalimat. Apa kabar, saya Shin Tae-yong, dan terima kasih," kata Shin melansir dari Chosun, Jumat (10/1/2020).

Meski demikian, kiprah Shin Tae-yong di Indonesia tidak akan sendirian. Setidaknya, ada ahli bahasa atau penerjemah yang akan turut serta dalam setiap kegiatan yang dilakukan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Nama penerjemah yang kerap turut serta dalam kegiatan Shin adalah Jeong Seok-seo. Seok-seo merupakan penerjemah yang dipilih PSSI dari Kedutaan Besar Korea Selatan di Jakarta.

Nantinya, Shin Tae-yong diberi kebebasan apakah akan tetap menggunakan jasa Jeong Seok-seo atau menggunakan penerjemah yang lain. Setidaknya itulah yang dikatakan SekretariS Jenderal PSSI, Ratu Tisha, beberapa waktu lalu.

"Ini penerjemah sementara. Selanjutnya kami berikan keleluasaan kepada Shin Tae-yong untuk mencari sendiri. Senyaman dia saja. Sejauh ini, dia merasa nyaman dengan penerjemah dari kedubes," ujar Ratu Tisha.

Bagaimana pun masa depan Jeong Seok-seo nantinya, namun pria tersebut telah mendapat sejumlah berkah semenjak menjadi penerjemahn Shin Tae-yong. Apa saja berkah yang diterima Jeong Seok-seo? Berikut Bola.com telah merangkumnya.

2 dari 6 halaman

1. Ikut Masuk Berita di Media Kenamaan Korea Selatan

Pada 28 Desember 2019, jeong Seok-seo mengunggah foto yang cukup meggelitik di akun Instagram personalnya. Dalam unggahan itu, Seok-seo merasa bangga bisa masuk ke dalam salah satu berita media online ternama asal Korsel, Naver News.

3 dari 6 halaman

2. Foto Bareng Indra Sjafri dengan Santai

Jeng Seok-seo bisa santai berfoto dengan Indra Sjafri. Seok-seo dengan leluasa menaruh tanggannya di pundak pelatih yang membawa Timnas Indonesia U-22 merengkuh medali perak di ajang SEA Games 2019 itu.

4 dari 6 halaman

3. Dekat dengan Shin Tae-yong, Sosok yang Jadi Perbincangan Pencinta Sepak Bola Tanah Air

Menjadi penerjemah Shin Tae-yong artinya, Jeong Seok-seo bakal terus berada dekat dengan pelatih baru Timnas Indonesia itu. Tentu hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri, sebab Shin adalah nama yang banyak disebut-sebut belakangan ini, terutama oleh pencinta sepak bola Tanah Air.

5 dari 6 halaman

4. Sering Bertemu Petinggi PSSI

Menjadi penerjemah Shin Tae-yong juga membuat Seok-seo kerap bertemu dengan petinggi PSSI. Jeong Seok-seo bahkan terlihat cukup dekat dengan Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha.

Buktinya, pada 31 Desember 2018, Seok-seo turut mengucapkan selamat ulang tahun kepada Ratu Tisha.

6 dari 6 halaman

5. Punya Banyak Fans di Indonesia

Jeong Seok-seo kini menjadi salah satu sosok populer di Indonesia. Di kolom Instagramnya, sejumlah fans menuliskan pendapatnya kepada penerjemah Shin Tae-yong tersebut. Kalimat yang dilontarkan juga beragam.

Mulai dari memuji penampilan Seok-seo sampai pada bertanya tentang rencana yang akan dilakukan Shin bagi Timnas Indonesia, kepada penerjemahnya itu. Mengacu pada hal tersebut, bukan berlebihan jika kita sebut bahwa Seo-seo kini memiliki cukup banyak fans di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer