Sukses


Bali Tuan Rumah Lomba Renang Perairan Terbuka Pertama di Indonesia

Bola.com, Jakarta - Bali akan menggelar ajang renang peraian terbuka pertama di Indonesia. Ajang bertajuk Oceanman 2020 itu akan digelar pada April mendatang.

Oceanman 2020 digelar di 16 negara dan pertama kali dimulai pada Maret mendatang di Yucata, Meksiko. Bali akan menjadi tuan rumah seri kedua yang dihelat pada 10-11 April 2020. Adapun edisi tahun ini akan ditutup di Siprus, pada 7-8 November.

Venue Oceanman 2020 di Bali memang belum ditentukan. Namun, mantan perenang nasional sekaligus pemilik klub renang Millenium Aquatic, Felix Sutanto dan Albert Sutanto, menyambut baik adanya ajang tersebut.

"Oceanman ini ajang internasional yang selalu diikuti ribuan peserta. Menurut saya, dengan masuknya Indonesia sebagai salah satu tuan rumah, Oceanman akan berdampak positif juga bagi masyarakat Indonesia, terutama publik Bali," kata Felix Sutanto dalam rilis yang diterima Bola.com, Jumat (10/1/2020).

"Oceanman akan menjadi pengalaman baru bagi publik Indonesia. Saya optimistis, Indonesia akan memberikan warna baru dalam perlombaan kelas dunia ini. Peserta dari mancanegara yang konsisten mengikuti ajang ini juga akan punya pandangan baru mengenai Indonesia," tambah Albert Susanto.

Oceanman 2020 akan melombakan lima kategori dengan yang tertinggi adalah berenang di perairan terbuka sejauh 10 km. Kategori ini dibagi dalam tujuh nomor, yaitu junior (16-19 tahun), Master 20-29 (20-29 tahun), Master 30-39, Master 40-49, Master 50-59, Master +60, dan Inspiration (peserta memiliki tingkat disabilitas lebih dari 33 persen).

Bagi anak-anak, Oceanman menyediakan kategori Oceankids, yang bisa diikuti anak-anak berusia 7-14 tahun. Ada juga kategori tim, yang bisa diikuti perenang berusia mulai dari 12 tahun.

Peserta Oceanman akan memulai perlombaan dari fase kualifikasi dan mendapatkan bimbingan dari pelatih bersertikasi internasional. Nantinya, lima pemenang Oceanman dari setiap negara berkesempatan tampil pada world final.

"Oceanman ini bukan hanya soal kompetisi, tetapi juga kegembiraan dan solidaritas. Ajang ini terbuka bagi semua orang. Saya berharap, publik Indonesia ambil bagian dalam ajang ini," ujar Felix.

2 dari 2 halaman

Menggunakan EO Terkemuka

Penyelenggaraan Oceanman Indonesia 2020 akan didukung sepenuhnya oleh Roro Jonggrang Sport Event Organizer. Meski Oceanman Indonesia baru digelar pada April 2020, sejumlah persiapan sudah dilakukan.

"Kami sudah mulai melakukan survei dan koordinasi dengan pihak terkait, terutama yang berkaitan dengan keselamatan, keamanan, dan akomodasi peserta. Kami berharap banyak masyarakat Indonesia ambil bagian dalam event ini karena ini positif bagi pariwisata Indonesia," ujar Direktur Roro Jonggrang Sport Event Organizer Joko Setyo Pramuji.

Video Populer

Foto Populer