Wejangan Liliyana Natsir untuk Tontowi Ahmad / Apriyani Rahayu

Oleh Rizki Hidayat pada 17 Jan 2020, 22:40 WIB
Diperbarui 17 Jan 2020, 22:40 WIB
Indonesia Masters 2020
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu, saat menghadapi ganda Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, pada laga Indonesia Masters 2020 di Istora, Jakarta, Kamis (16/1). Tontowi/Apriyani kalah 9-21, 12-21. (Bola.com/Yoppy Renato)

Bola.com, Jakarta - Liliyana Natsir telah pensiun dari dunia bulutangkis sejak setahun lalu. Meski begitu, dia masih mengikuti perkembangan bulutangkis di Tanah Air, dan memberikan wejangan kepada juniornya, termasuk Tontowi Ahmad.

Tontowi sempat berpasangan dengan Liliyana selama sembilan tahun. Namun setelah Liliyana gantung raket, Tontowi masih aktif bermain dan kini berpasangan dengan Apriyani Rahayu.

Tontowi/Apriyani memulai debut mereka di Daihatsu Indonesia Masters 2020 dan terhenti pada babak kedua. Mereka kalah dari pasangan Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock, 9-21 dan 12-21.

Kandasnya Tontowi/Apriyani mendapat sorotan dari Liliyana. Dikatakan Liliyana Natsir, bahwa dari segi mental dan skill individu, Apriyani yang kini sudah berada di top level ganda putri bersama Greysia Polii. Namun Apriyani masih harus banyak belajar pola permainan ganda campuran.

"Apri kan sudah ada di top level, jadi seharusnya tidak sulit untuk mengimbangi. Tapi pola main ganda putri dan ganda campuran kan beda," ujar Liliyana yang ditemui di Istora.

"Biasanya kan dia main di belakang dan angkat bola tidak apa-apa. Nah kalau di ganda campuran bukan tidak boleh angkat bola, tetapi harus diminimalisir. Prosesnya tidak mungkin instan, sabar, ikut prosesnya," lanjut Liliyana dalam rilis dari PBSI

Dia juga menyemangati Apriyani yang tentu pernah dibanding-bandingkan dengannya sebagai mantan pasangan Tontowi.

"Saya dengar katanya yang jadi partner Owi memang dibanding-bandingkan dengan saya. Pasti ini jadi pressure. Memang kita tidak bisa mengontrol netizen, mungkin mereka mau Owi bangkit lagi," ucap perai medali emas Olimpiade 2016 itu.

"Pesan saya buat Apri, ambil positifnya saja, mungkin ekspektasi orang tinggi. Jangan dijadikan beban, tunjukkan saja, apa yang kurang, bisa Apri perbaiki," jelas Liliyana Natsir.

 

2 dari 3 halaman

Kritik Motivasi Tontowi Ahmad

Indonesia Masters 2020
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad, saat menghadapi ganda Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock pada laga Indonesia Masters 2020 di Istora, Jakarta, Kamis (16/1). Tontowi/Apriyani kalah 9-21, 12-21. (Bola.com/Yoppy Renato)

Selain itu, Liliyana Natsir juga menyoroti performa Tontowi yang sebelumnya berpasangan dengan pemain muda, Winny Oktavina Kandow.

"Kalau saya sekarang lebih ke Owi sih, bisa tidak mengejar yang pemain top dunia? Jangan selalu dilihat siapa partnernya Owi, Owi nya sendiri juga harus sadar, dia masih punya motivasi tidak?"

"Latihannya masih bagus seperti dulu tidak? Enggak bisa dipungkiri usia kan juga berpengaruh," ujar Liliyana.

Namun, Liliyana tetap menyemangati dan mendukung tim ganda campuran Indonesia sepenuhnya. Saat ditanya mengenai hasil di Daihatsu Indonesia Masters 2020 yang kurang maksimal setelah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dikalahkan ganda campuran Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

"Memang saat ini kekuatan ganda campuran mulai merata. Tetapi, hasil ini menjadi peringatan buat Praveen/Melati, mereka sekarang ada di level mana? Memang sekarang yang dibutuhkan itu adalah tampil konsisten," pungkas Liliyana.

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
5 Foto Bersejarah Diego Maradona Semasa Aktif Bermain