Respons Pelatih Ganda Putri soal Apriyani Rahayu Main Rangkap

Oleh Yus Mei Sawitri pada 22 Jan 2020, 13:50 WIB
Diperbarui 22 Jan 2020, 13:50 WIB
Indonesia Masters 2020

Bola.com, Jakarta - Pebulutangkis spesialis ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu, menjalani fase baru dalam kariernya di ajang Indonesia Masters 2020. Dia didapuk bermain rankap di sektor ganda putra dan ganda putri sekaligus. 

Pelatih ganda putri pelatnas PBSI, Eng Hian, menyatakan sepenuhnya mendukung Apriyani Rahayu bermain rangkap. Pemain yang biasa berpasangan dengan Greysia Polii di ganda putri tersebut, berpartner dengan Tontowi Ahmad di ganda campuran. 

Pasangan Tontowi/Apriyani menjalani tiga laga pada Indonesia Masters 2020. Setelah melewati kualifikasi dan babak pertama, langkah mereka kandas di 16 besar. 

Menghadapi wakil Inggris, Chris Adcock/Gabrielle Adcock di Istora, Jakarta, Kamis (16/1/2020), Tontowi/Apriyani kalah dengan skor telak 9-21 dan 12-21.

Setelah kalah di ganda campuran, langkah Apriyani tetap melaju di ganda putri. Pasangan Greysia/Apriyani bahkan berhasil menjuarai Indonesia Masters 2020. 

"Saya pribadi sangat mendukung kalau pemain ganda putri main rangkap di ganda campuran. Saya melatih ganda putri Indonesia dari 2014, pemain putri kita ini kemampuannya rata-rata standard dari segi power, fisik, cara main," kata Eng Hian, melalui rilis dari PBSI, Rabu (22/1/2020). 

"Ada yang istimewa, tapi kan nggak banyak, dalam berapa pulu tahun, paling berapa yang spesial? Main rangkap ini adalah salah satu solusinya," imbuh Eng Hian tentang Apriyani Rahayu yang main rangkap. 

 

2 dari 3 halaman

Demi Indonesia

Indonesia Masters 2020
Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Apriyani Rahayu, saat menghadapi ganda Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock pada laga Indonesia Masters 2020 di Istora, Jakarta, Kamis (16/1). Tontowi/Apriyani kalah 9-21, 12-21. (Bola.com/Yoppy Renato)

Saat PBSI memutusakan Apriyani dijajal bermain rangkap, Eng Hian tak berpikir panjang untuk mengiyakan. Apriyani menggantikan Winny Oktavina Kandow yang sebelumnya jadi pasangan Tontowi. 

"Saat tim ganda campuran mau mengajak Apri main rangkap, saya senang sekali, kalau bisa semua pemain saya main rangkap," ujar Eng Hian. 

"Nanti di level tertentu, baru lihat condongnya ke mana. Kalau memang lebih ke ganda campuran ya silahkan saja, semua kan untuk Indonesia," sambung Eng Hian. 

Bersama Greysia Polii, jalan Apriyani ke Olimpiade Tokyo 2020 terbuka sangat lebar karena pasangan itu menempati peringkat delapan dunia. Namun, di ganda campuran Tontowi/Apriyani benar-benar harus memulai semuanya dari nol. 

3 dari 3 halaman

Video Greysia / Apriyani

Lanjutkan Membaca ↓