10 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Belakang, Mudah Dipraktikkan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 22 Jan 2020, 16:10 WIB
Diperbarui 22 Jan 2020, 16:10 WIB
TBC Tulang Belakang

Bola.com, Jakarta - Tulang belakang merupakan salah satu organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Ada berbagai macam cara untuk menjaga kesehatan tulang belakang, salah satunya yang terkenal dengan mengonsumsi susu.

Padahal, menjaga kesehatan tulang terutama tulang belakang tak hanya sebatas minum susu.

Ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tulang belakang. Menjaga kesehatan tulang belakang sangat diperlukan guna menghindari beberapa masalah seperti sakit punggung dan lain sebagainya.

Menjaga kesehatan tulang belakang bisa dilakukan dengan cara alamiah dan praktis. Tentunya, bisa dilakukan sendiri dan tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. 

Berikut ada sepuluh cara menjaga kesehatan tulang belakang yang telah Liputan6.com rangkum dari kanal Spine Health, Sabtu (23/11/2019). 

 

2 dari 11 halaman

1. Rutin Berolahraga

20170319-Sesi Latihan Bisbol Perempuan Muslim Palestina-AP
Ilustrasi olahraga peregangan. (AP Photo/Khalil Hamra)

Olahraga sangat penting dalam memelihara tulang belakang agar tetap sehat. Olahraga rutin juga dapat membantu merehabilitasi tulang belakang yang terluka.

Tak perlu olahraga berat untuk menjaga kesehatan tulang belakang. Anda hanya perlu melakukan latihan sederhana yang berfokus pada peregangan dan penguatan punggung, paha belakang, dan otot perut.

Bentuk latihan ini akan membantu mendistribusikan nutrisi ke cakram tulang belakang dan jaringan lunak, mempercepat proses penyembuhan, dan menjaga otot, ligament, dan persendian menjadi lebih sehat.

 

3 dari 11 halaman

2. Meditasi atau Yoga

20151020-Ilustrasi-Yoga
Ilustrasi Yoga (iStockphoto)

Apabila Anda mengalami sakit kronis atau ketidaknyamanan yang berkaitan dengan tulang belakang, maka dianjurkan untuk melakukan yoga atau meditasi setiap hari.

Penelitian telah menunjukkan bahwa yoga atau meditasi merupakan cara yang efektif untuk melawan rasa nyeri pada punggung.

 

4 dari 11 halaman

3. Benarkan Gaya Duduk

Apabila kegiatan atau pekerjaan Anda dihabiskan dengan duduk, maka kamu perlu memastikan untuk kursi dan meja kantor selaras secara ergonomi untuk menopang tulang belakang.

Ergonomi merupakan metode dimana kamu harus mengoptimalkan sistem di sekitar agar sesuai dengan kebutuhan dan keterampilan yang dimiliki. Selain memerhatikan posisi meja dan kursi untuk kamu duduk, perhatikan juga untuk melakukan peregangan untuk tulang dan jalan sebentar selama beberapa menit.

 

5 dari 11 halaman

4. Jalan Kaki

Ilustrasi jalan kaki olahraga untuk orang dengan nyeri lutut (iStock)
Ilustrasi jalan kaki. (iStock)

Jalan kaki dapat memperkuat otot-otot inti yang menjaga tubuh agar tetap tegak, meningkatkan fleksibilitas, dan memperkuat struktur tulang. Mulailah berjalan dengan beberapa langkah secara singkat setiap harinya.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba berjalan di kolam renang untuk meminimalkan tekanan pada tulang belakang jika rasa sakit di tulang punggung semakin parah. 

 

6 dari 11 halaman

5. Terapi Panas

Apabila tulang belakang sakit, Anda bisa malakukan terapi panas untuk meredakannya. Terapi panas yang dilakukan pada tulang belakang dapat meningkatkan aliran darah sehingga mempermudah penyembuhan.

Terapi panas juga dapat mengurangi rasa sakit yang berkaitan dengan otot dan persendian di sekitar tulang belakang. Anda bisa melakukan metode terapi panas ini dengan mandi air hangat atau meletakkan botol yang berisikan air hangat ke bagian tulang belakang yang sakit.

 

7 dari 11 halaman

6. Perhatikan Bantalan saat Tidur

Ketika Anda tidur, bantal akan mendukung memberi rasa nyaman pada tulang belakang. Ada beberapa bentuk banyal yang disesuaikan dengan posisi kamu tidur.

Misalnya saja untuk tidur miring kamu membutuhkan bantal yang lebih tebal untuk memastikan leher dan kepala tetap nyaman. Sesuaikan ukuran bantal dengan bentuk tubuh kamu.

 

8 dari 11 halaman

7. Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna
Makanan 4 Sehat 5 Sempurna (sumber: istockphoto)

Selain melakukan beberapa bentuk latihan atau kebiasaan sehat untuk tubuh, Anda juga perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Kurangi atau bahkan hilangkan kebiasaan mengonsumsi makanan olahan.

Anda bisa memilih makanan yang bersumber dari alam seperti sayuran, buah-buahan, daging, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Selain itu, makan makanan yang tinggi kalsium dan vitamin lainnya juga dapat membantu mencegah masalah tulang belakang seperti osteoporosis dan osteoartritis.

 

9 dari 11 halaman

8. Olahraga di Dalam Air

Melakukan olahraga di kolam dapat mengurangi tekanan gravitasi karena daya apung air mampu mengurangi risiko cedera atau sakit. Program terapi air biasanya akan dilakukan di air hangat dan kehangatan ini dapat menenangkan sendi-sendi. 

 

10 dari 11 halaman

9. Angkat Beban dengan Benar

Olahraga angkat beban atau mengangkat beban lainnya dengan tidak tepat dapat membuat otot punggung bagian bawah mengalami posisi abnormal yang dapat menyebabkan otot menjadi tegang yang menyakitkan.

Angkat beban yang tidak tepat dapat menyebabkan sendi tulang belakang kamu terkunci atau cakram tulang belakang Anda bermasalah.

 

11 dari 11 halaman

10. Berhenti Merokok

Merokok dapat meningkatkan risiko kamu mengalami masalah tulang belakang degenerative dan nyeri punggung. Hal ini dikarenakan rokok dapat merusak struktur vascular tulang belakang dan sendi.

Kamu mungkin tidak dapat melakukan ke sepuluh cara menjaga tulang belakang tersebut secara bersamaan atau rutin. Namun kamu bisa memilih satu atau dua di antaranya untuk menjaga kesehatan tulang belakang Anda.

Anda bisa menggabungkan beberapa di antaranya dan melakukannya secara rutin dalam keseharian. Dengan begitu, Anda  dapat merasakan perubahan kecil atas masalah tulang belakang kamu.

Disadur dari: Liputan6.com (Penulis Nisa Mutia Sari/Editor Fadila Adelin, published: 23/11/2019).

 

Lanjutkan Membaca ↓
From Tokyo to New York, Cerita Dua Pegiat Lari Indonesia di Seri Maraton Dunia