Sukses


Efek Wabah Virus Corona, Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2020 Terapkan Kebijakan Khusus

Bola.com, Manila - Panitia penyelenggara Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2020 menerapkan kebijakan khusus selama turnamen sebagai efek wabah virus Corona yang sedang merebak. 

Para para atlet mendapat kelonggaran untuk tidak bersalaman dengan lawan, wasit serta hakim servis, sebelum dan sesudah pertandingan. Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk menjaga kondisi para peserta selama turnamen berlangsung, terkait penyebaran virus Corona.

"Khusus untuk kejuaraan ini, para atlet dikasih kelonggaran. Boleh salaman, boleh tidak bersalaman. Kalau enggak salaman, boleh cuma kasih salam seperti yang biasa dilakukan pemain asal Thailand," kata manajer tim Indonesia, Susy Susanti, melalui rilis dari PBSI, Senin (10/2/2020). 

Wabah virus corona juga telah memberikan pengaruh besar terhadap perhelatan Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2020, di Manila, Filipina, 11-16 Februari. Dua negara, China dan Hong Kong, tidak bisa berpartisipasi karena terkait aturan dari pemerintah Filipina mengenai pendatang dari kedua negara tersebut di tengah wabah virus Corona. 

Alhasil, pengundian Kejuaraan Bulutangkis Asia Beregu 2020 juga harus diulang. Hasilnya, tim putra Indonesia kini hanya segrup dengan Korea Selatan. 

Video Bulutangkis

2 dari 2 halaman

Efek Positif dan Negatif

Berdasarkan hasil undian ulang, tim putra Indonesia yang awalnya berada di grup A dengan India dan Filipina, kini hanya satu grup dengan Korea Selatan. Sedangkan tim putri tetap di grup Y bersama Thailand dan Filipina.

Tim putra Indonesia yang awalnya mesti melewati dua laga di fase penyisihan grup, kini hanya akan menjalani satu pertandingan saja. Susy menyebutkan bahwa hal ini ada dampak positif maupun negatifnya.

"Di satu sisi kami bisa lebih irit tenaga. Tapi di pertandingan pertama, langsung dapat lawan yang lumayan kuat. Kami tidak boleh lengah," ujar Susy. 

 

Video Populer

Foto Populer