Wasit Indonesia Bertugas pada Cabor Tinju Event Olimpiade Tokyo 2020

Oleh Hendry Wibowo pada 17 Feb 2020, 07:15 WIB
Diperbarui 17 Feb 2020, 07:15 WIB
Wasit Tinju asal Indonesia, Boy Pohan

Bola.com, Jakarta - Boy Pohan mencetak sejarah sebagai wasit atau hakim tinju pertama Indonesia yang bertugas pada pesta olahraga akbar empat tahunan dunia itu.

Tinju Indonesia patut berbangga. Karena negara ini dipastikan memiliki wakil pada cabang olahraga tinju ajang multievent paling bergengsi dunia, Olimpiade Tokyo 2020.

Adalah terpilihnya Boy Pohan menjadi salah satu wasit atau hakim yang akan bertugas pada Olimpiade Tokyo 2020.

Alhasil pria asal Padang ini mencetak sejarah sebagai wasit atau hakim tinju pertama Indonesia yang bertugas pada pesta olahraga akbar empat tahunan dunia.

"Saya merasa bangga bisa terpilih menjadi satu-satunya wasit/hakim yang mendapat kepercayaan AIBA untuk memimpin cabang olahraga tinju di Olimpiade Tokyo 2020 nanti," kata Boy.

"Dan, saya akan menjaga kepercayaan AIBA demi nama baik bangsa dan negara dengan menjalankan tugas sebaik mungkin pada saat memimpin di Senegal maupun di Tokyo nanti," kata Boy melalui rilis yang diterima Bola.com.

Ya, sebelum bertugas di Olimpiade 2020, Boy akan bertugas pada Babak Kualifikasi Olimpiade untuk Afrika di Senegal, 20-29 Februari 2020.

2 dari 3 halaman

Performa Bagus

Cincin Olimpiade Raksasa Mejeng di Tokyo
Pekerja berjalan di kapal tongkang yang membawa Cincin Olimpiade di Distrik Odaiba, Tokyo, Jepang, Jumat (17/1/2020). Cincin Olimpiade dengan tinggi 15,3 meter dan panjang 32,6 meter tersebut akan berada di sana hingga Olimpiade 2020 berakhir. (AP Photo/Jae C. Hong)

Kepercayaan ini diberikan Asosiasi Tinju Amatir Internasional (AIBA) melihat prestasi Boy saat menjadi wasit/hakim pada test event Tinju Olimpiade Tokyo 2020 yang digelar di Tokyo, 26 Oktober 2019.

Selain di babak kualifikasi Olimpiade untuk Afrika, Boy Pohan juga mendapat kepercayaan dari AIBA menjadi wasit/hakim pada babak kualifikasi Olimpiade di Londong, Inggris yang akan brlangsung 14-24 Maret 2020.

Boy sendiri berstatus sebagai Ketua Wasit/hakim Pengprov Pertina DKI Jakarta. Dia juga menyandang wasit/hakim bintang 3 AIBA.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Kami:

Lanjutkan Membaca ↓